tugas 4

Kategori: Welcome
Diposting oleh novita08 pada Jumat, 27 April 2012

MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

 

Oleh: Novita Sari

Email: Novitasaput307@Yahoo.co.id

 

TUGAS KE 4

TANGGAL 20 April  2012

 

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

 

 

NAMA            : Novita Sari

NIM                : 01081001081

KELAS           : B (mengulang)

 

 

ABSTRAK

Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan sebagainya.

Software adalah instruksi pada computer.

Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang sifat alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau yang berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.

 

Kata kunci: Pengolah Kata, Lembar Kerja, Software, Hardware,

 

 

 

 

PENDAHULUAN

 

Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya proses-proses yang ada komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

 

PEMBAHASAN

1. Mesin / Item / Gadget Hardware

Berdasarkan fungsinya, hardware komputer dibagi menjadi :

1. Input device (unit masukan)                       : keyboard dan mouse

2. Process device (unit Pemrosesan)               : microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control section)

3. Output device (unit keluaran)                     : monitor dan printer

4. Backing Storage ( unit penyimpanan)         : Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.

5. Periferal ( unit tambahan)                           : TV Tuner Card, Modem, Capture Card

·         Unit Masukan ( Input Device )

Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a. Keyboard

Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.

b. Mouse

Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan.

c. Touchpad

Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d. Light Pen

Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e. Joy Stick dan Games Paddle

Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

 

f. Barcode

Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g. Scanner

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer.

h. Kamera Digital

Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.

i. Mikropon dan Headphone

Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.

·         Process device (unit Pemrosesan)

a.      Power Supply

Lower supplay menyediakan arus listrik untuk berbagai peralatan CPU power supplay mengkonversi listrik dan menyediakan aliran listrik tetap untuk digunakan komputer. Kualitas power supplay menentukan kwalitas kinerja komputer. Daya sebesar 300-400 wat yang disalurkan power supplay biasanya cukup bagi komputer yang digunakan untuk pengetikan ataupun grafik. Sementara, daya 400-500 watt dibutuhkan jika komputer bekerja menggunakan banyak menggunakan Periferal ( unit tambahan).


b.      RAM (Random Access Memory) – Memor

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory biasanya disebut dengan istilah pendek yaitu Memori. Memory atau RAM merupakan sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

c.       Kartu grafis (unit keluaran)

Kartu grafis, atau kartu video adalah kartu ekspansi yang berfungsi untuk menciptakan dan menampilkan tampilan-tampilan di layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika. Biasanya tertancap pada slot di papan utama CPU pada komputer. Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video, dan adaptor untuk penala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire, dan menghubungkan menuju beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA.

d.      Prosesor (unit pemprosesan)

Pengertian Prosesor, atau yang biasanya disebut dengan CPU, adalah otak dari komputer. Prosesor adalah komponen yang mengeksekusi perhitungan kompleks yang memungkinkan komputer untuk bisa digunakan menjelajah internet, memutar lagu di iTunes, dan menjalankan sistem operasi Anda.


e.       Motherboard (unit pemprosesan)

Motherboard atau Papan induk adalah papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik saling terhubung, motherboard biasa disingkat dengan kata mobo. Pada motherboard inilah perangkat keras seperti Harddisk, ram, prosesor, kartu grafis, dan perangkat keras lain dihubungkan.
Motherboard yang banyak ditemui dipasaran saat ini adalah motherboard milik PC yang pertama kali dibuat dengan dasar agar dapat sesuai dengan spesifikasi PC IBM.

·         Output device ( Unit keluaran )

 

a.      Monitor

Monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).

Printer

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser jet.

b.      Speaker

Speaker di sini pengertiannya sama dengan speaker pada umumnya, Speaker adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.

 

·         Backing Storage ( unit penyimpanan)

a.      Harddisk (HDD)

Harddisk bisa juga disebut Harddisk drive (HDD) atau hard drive (HD), Harddisk adalah sebuah salah satu perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder, di dalam harddisk berisi piringan magnetis. Harddisk pertama kali diciptakan oleh salah satu insinyur IBM, ia adalah Reynold Johnson pada tahun 1956. Harddisk yang juga dikenal dengan nama piringan keras ini pertama kali terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki atau 0,6 meter, dengan kecepatan putaran mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB.

·         Periferal (unit tambahan)

Contoh perangkat keras komputer yang termasuk dalam unit tambahan atau periferal antara lain

a.      Modem

Pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog.

b.      Kartu Suara

Kartu suara (Sound Card) adalah suatu perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer.

 

2. Mesin / Item / Gadget Hardware & Software

·         Komputer Kasir

Komputer kasir adalah mesin kasir sistem komputer. Komputer kasir merupakan gabungan dari hardware dan software. Untuk hardware terdiri dari perangkat komputer dan perlengkapan tambahan point of sale, seperti printer kasir, cash drawer, barcode scanner,  magnetic card reader, touch display atau yang lainnya. Sedangkan untuk software , yaitu program kasir.

·         Mesin Hitung

Kalkulator adalah alat untuk menghitung dari perhitungan sederhana seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian sampai kepada kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu. Pada perkembangannya sekarang ini, kalkulator sering dimasukkan sebagai fungsi tambahan daripada komputer, handphone, bahkan sampai jam tangan.

 

3. OS dan Versinya

 

Microsoft Windows

Mircosoft  Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasikan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.

Windows yang saya gunakan adalah Windows 7 dengan versi Windows 7 Professional. Windows 7 adalah rilis terkini Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Presentasi Microsoft tentang Windows 7 pada tahun 2008 lebih fokus pada dukungan multi-touch pada layar, desain ulang taskbar yang sekarang dikenal dengan nama Superbar, sebuah sistem jaringan rumahan bernama HomeGroup, dan peningkatan performa. Beberapa aplikasi standar yang disertakan pada versi sebelumnya dari Microsoft Windows, seperti Windows Calendar, Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak disertakan lagi di Windows 7; kebanyakan ditawarkan oleh Microsoft secara terpisah sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials yang gratis.

  •  
  •  

4. Aplikasi Pengolah Kata dan Lembar Kerja

a.      Aplikasi Pengolah Kata

Saat ini, ada banyak aplikasi pengolah kata yang dibuat oleh produsen perangkat lunak. Sebagian aplikasi pengolah kata merupakan perangkat lunak berbayar, sebagian lagi merupakan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan secara bebas (gratis). Beberapa pengolah kata yang terkenal adalah:


? WordStar (WS)

WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata yang populer pada tahun 80-an. Wordstar tersedia untuk sistem operasi DOS, walaupun versi-versi terakhirnya juga tersedia untuk sistem operasi Windows. Saya sendiri sudah tidak ingat kebanyakan tombol kombinasi WordStar, kecuali mungkin Ctrl-KB dan Ctrl-KK untuk mengawali dan mengakhiri blok :). Bagi anda yang ingin merasakan pengolah kata pada tahun 1980-an, anda dapat menggunakan Joe. Joe adalah sebuah editor teks untuk UNIX yang memiliki antarmuka yang mirip dengan Wordstar.


? WordPerfect (WP)

WordPerfect adalah aplikasi pengolah kata, kini dimiliki oleh Corel. Program ini awalnya dikembangkan di bawah kontrak di Brigham Young University untuk digunakan pada komputer mini Data General pada tahun 1979. Penulis mempertahankan hak untuk program ini, membentuk satelit Systems International (SSI) untuk menjualnya dengan nama WordPerfect tahun 1980. Sebuah port untuk DOS diikuti pada tahun 1982 dan versi sangat diperbarui beberapa segera diikuti. Daftar fitur aplikasi itu jauh lebih maju dari aplikasi DOS kontemporer seperti WordStar, dan cepat mengungsi kebanyakan sistem lain, terutama setelah rilis 4,2 pada tahun 1986. Sebesar 5,1 rilis 1989, WordPerfect telah menjadi standar de-facto di pasar DOS.

? AmiPro

Ami adalah nama program pengolah kata yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Samna di akhir 1980-an. Itu adalah pertama WYSIWYG (apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan) pengolah kata dan merupakan ancaman jelas untuk perintah pengolah kata berbasis seperti WordPerfect dan Microsoft Word yang meminjam menggunakan model mereka dari pengolah kata Wang. (Samna dibeli oleh Lotus Software di tahun 1990.) Tak lama setelah ditemukan, nama program diubah menjadi "Ami Pro."


? Kwrite

Kwrite adalah editor teks ringan untuk Kompilasi KDE Software.

 

 

? AbiWord

AbiWord adalah perangkat lunak bebas pengolah kata (word processor) yang mirip dengan Microsoft Word word dan OpenOffice.org writer. Ia sangat cocok digunakan untuk melakukan tugas-tugas pemrosesan kata. Program yang diklaim ringan ini pertama kali dikembangkan oleh Abisource.inc sebelum kemudian diintegrasikan kedalam GNOME Office. Ia mampu membaca format dokumen .doc, .sxw, dan beragam format dokumen umum lainnya.

? OpenOffice.org Writer

OpenOffice.org Writer adalah salah satu komponen dalam OpenOffice.org yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.

Memiliki fitur pengolah kata modern seperti AutoCorrect, AutoComplete, AutoFormat, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.

Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).


? Notepad

Notepad++ adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Proyek ini dilayani oleh Sourceforge.net dengan telah diunduh lebih dari 27 juta kali dan dua kali memenangkan penghargaan SourceForge Community Choice Award for Best Developer Tool.

? Wordpad

WordPad is a basic word processor that is included with almost all versions of Microsoft Windows from Windows 95 onwards. It is more advanced than Notepad but simpler than Microsoft Works Word Processor and Microsoft Word. It replaced Microsoft Write.


? Microsoft Word

Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Umumnya, aplikasi pengolah kata baru hadir dengan membawa fitur-fitur baru untuk mengatasi kekurangan aplikasi pengolah kata sebelumnya. Salah satu aplikasi dengan fitur lengkap dan cukup mudah digunakan adalah OpenOffice.org Writer.

b.      Aplikasi Lembar Kerja

·         VisiCalc

Aplikasi lembar kerja (spreadsheet) pertama untuk PC. Ia dianggap sebagai aplikasi yang mengubah anggapan bahwa komputer mikro hanyalah hobi bagi penggemar fanatik komputer menjadi tool bisnis. Menurut beberapa sumber, dalam jangka waktu enam tahun, VisiCalc telah terjual sebanyak lebih dari 700,000 salinan.

·         Lotus 1-2-3

Perangkat lunak ini diperkenalkan pada awal tahun 1980-an dan menjadi aplikasi spreadsheet nomor satu pada zamannya, karena memiliki tampilan dan performa yang lebih baik daripada Visicalc. Lotus 1-2-3 biasa digunakan pada IBM PC dengan menggunakan sistem operasi DOS (Diskette Operating System).

 

·         Microsoft Windows

Pada awal tahun 1990-an, munculnya menggantikan kejayaan DOS dalam hal sistem operasi. Demikian pula halnya dengan aplikasi spreadsheet, Microsoft memperkenalkan Excel yang sampai sekarang masih menjadi aplikasi spreadsheet yang mendominasi di seluruh dunia.

·         Openoffice.Org Calc

Dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.

·         Gnumeric

Perangkat lunak bebas lembar kerja ('spreadsheet') yang mirip dengan Microsoft Excel. Program yang diklaim ringan, cepat dan lebih akurat ini masuk dalam proyek GNOME Office. Ia mampu membaca dan mengedit format dokumen .xls, dan beragam format dokumen lembar kerja umum lainnya.

c.       Perintah Penting Microsoft Word dan Microsoft Excel

·         Microsoft Word


Command Name

Modifiers

Key

All Caps

Ctrl+Shift+

A

Annotation

Alt+Ctrl+

M

App Maximize

Alt+

F10

App Restore

Alt+

F5

Apply Heading1

Alt+Ctrl+

1

Apply Heading2

Alt+Ctrl+

2

Apply Heading3

Alt+Ctrl+

3

Apply List Bullet

Ctrl+Shift+

L

Auto Format

Alt+Ctrl+

K

Auto Text

 

F3

Auto Text

Alt+Ctrl+Shift+

V

Bold

Ctrl+

B

Bold

Ctrl+Shift+

B

Bookmark

Ctrl+Shift+

F5

Browse Next

Ctrl+

Page Down

Browse Prev

Ctrl+

Page Up

Browse Sel

Alt+Ctrl+

Home

Cancel

 

Esc

Center Para

Ctrl+

E

Change Case

Shift+

F3

Char Left

 

Left

Char Left Extend

Shift+

Left

Char Right

 

Right

Char Right Extend

Shift+

Right

Clear

 

Del

Close or Exit

Alt+

F4

Close Pane

Alt+Shift+

C

Column Break

Ctrl+Shift+

Return

Column Select

Ctrl+Shift+

F8

Copy

Ctrl+

C

Copy

Ctrl+

Insert

Copy Format

Ctrl+Shift+

C

Copy Text

Shift+

F2

Create Auto Text

Alt+

F3

Customize Add Menu Shortcut

Alt+Ctrl+

=

Customize Keyboard Shortcut

Alt+Ctrl+

Num +

Customize Remove Menu Shortcut

Alt+Ctrl+

-

Cut

Ctrl+

X

Cut

Shift+

Del

Date Field

Alt+Shift+

D

Delete Back Word

Ctrl+

Backspace

Delete Word

Ctrl+

Del

Distribute Para

Ctrl+Shift+

J

Do Field Click

Alt+Shift+

F9

Doc Close

Ctrl+

W

Doc Close

Ctrl+

F4

Doc Maximize

Ctrl+

F10

Doc Move

Ctrl+

F7

Doc Restore

Ctrl+

F5

Doc Size

Ctrl+

F8

Doc Split

Alt+Ctrl+

S

Double Underline

Ctrl+Shift+

D

End of Column

Alt+

Page Down

End of Column

Alt+Shift+

Page Down

End of Doc Extend

Ctrl+Shift+

End

End of Document

Ctrl+

End

End of Line

 

End

End of Line Extend

Shift+

End

End of Row

Alt+

End

End of Row

Alt+Shift+

End

End of Window

Alt+Ctrl+

Page Down

End of Window Extend

Alt+Ctrl+Shift+

Page Down

Endnote Now

Alt+Ctrl+

D

Equation Toggle

Alt+

=

Extend Selection

 

F8

Field Chars

Ctrl+

F9

Field Codes

Alt+

F9

Find

Ctrl+

F

Font

Ctrl+

D

Font

Ctrl+Shift+

F

Font Size Select

Ctrl+Shift+

P

Footnote Now

Alt+Ctrl+

F

Formatting Pane

Alt+Ctrl+Shift+

S

Formatting Properties

Shift+

F1

Go Back

Shift+

F5

Go Back

Alt+Ctrl+

Z

Go To

Ctrl+

G

Go To

 

F5

Grow Font

Ctrl+Shift+

.

Grow Font One Point

Ctrl+

]

Hanging Indent

Ctrl+

T

Header Footer Link

Alt+Shift+

R

Help

 

F1

HHC

Alt+Ctrl+

F7

Hidden

Ctrl+Shift+

H

Highlight

Alt+Ctrl+

H

Hyperlink

Ctrl+

K

Indent

Ctrl+

M

Italic

Ctrl+

I

Italic

Ctrl+Shift+

I

Justify Para

Ctrl+

J

Left Para

Ctrl+

L

Line Down

 

Down

Line Down Extend

Shift+

Down

Line Up

 

Up

Line Up Extend

Shift+

Up

List Num Field

Alt+Ctrl+

L

Lock Fields

Ctrl+

3

Lock Fields

Ctrl+

F11

Macro

Alt+

F8

Mail Merge Check

Alt+Shift+

K

Mail Merge Edit Data Source

Alt+Shift+

E

Mail Merge to Doc

Alt+Shift+

N

Mail Merge to Printer

Alt+Shift+

M

Mark Citation

Alt+Shift+

I

Mark Index Entry

Alt+Shift+

X

Mark Table of Contents Entry

Alt+Shift+

O

Merge Field

Alt+Shift+

F

Microsoft System Info

Alt+Ctrl+

F1

Move Text

 

F2

New Default

Ctrl+

N

Next Field

 

F11

Next Field

Alt+

F1

Next Misspelling

Alt+

F7

Next Object

Alt+

Down

Next Pane

 

F6

Next Window

Ctrl+

F6

Next Window

Alt+

F6

Normal

Alt+Ctrl+

N

Normal Style

Ctrl+Shift+

N

Normal Style

Alt+Shift+

Clear (Num 5)

Open

Ctrl+

O

Open

Ctrl+

F12

Open

Alt+Ctrl+

F2

Open or Close Up Para

Ctrl+

0

Outline

Alt+Ctrl+

O

Outline Collapse

Alt+Shift+

-

Outline Collapse

Alt+Shift+

Num -

Outline Demote

Alt+Shift+

Right

Outline Expand

Alt+Shift+

=

Outline Expand

Alt+Shift+

Num +

Outline Move Down

Alt+Shift+

Down

Outline Move Up

Alt+Shift+

Up

Outline Promote

Alt+Shift+

Left

Outline Show First Line

Alt+Shift+

L

Page

Alt+Ctrl+

P

Page Break

Ctrl+

Return

Page Down

 

Page Down

Page Down Extend

Shift+

Page Down

Page Field

Alt+Shift+

P

Page Up

 

Page Up

Page Up Extend

Shift+

Page Up

Para Down

Ctrl+

Down

Para Down Extend

Ctrl+Shift+

Down

Para Up

Ctrl+

Up

Para Up Extend

Ctrl+Shift+

Up

Paste

Ctrl+

V

Paste

Shift+

Insert

Paste Format

Ctrl+Shift+

V

Paste Special

Alt+Ctrl+

V

Prev Field

Shift+

F11

Prev Field

Alt+Shift+

F1

Prev Object

Alt+

Up

Prev Pane

Shift+

F6

Prev Window

Ctrl+Shift+

F6

Prev Window

Alt+Shift+

F6

Print

Ctrl+

P

Print

Ctrl+Shift+

F12

Print Preview

Ctrl+

F2

Print Preview

Alt+Ctrl+

I

Proofing

 

F7

Redo

Alt+Shift+

Backspace

Redo or Repeat

Ctrl+

Y

Redo or Repeat

 

F4

Redo or Repeat

Alt+

Return

Repeat Find

Shift+

F4

Repeat Find

Alt+Ctrl+

Y

Replace

Ctrl+

H

Research Lookup

Ctrl+Shift+

O

Reset Char

Ctrl+

Space

Reset Char

Ctrl+Shift+

Z

Reset Para

Ctrl+

Q

Revision Marks Toggle

Ctrl+Shift+

E

Right Para

Ctrl+

R

Save

Ctrl+

S

Save

Shift+

F12

Save

Alt+Shift+

F2

Save As

 

F12

Select All

Ctrl+

A

Select All

Ctrl+

Clear (Num 5)

Select All

Ctrl+

Num 5

Select Table

Alt+

Clear (Num 5)

Show All

Ctrl+Shift+

8

Show All Headings

Alt+Shift+

A

Show All Headings

Alt+Shift+

A

Show Heading1

Alt+Shift+

1

Show Heading2

Alt+Shift+

2

Show Heading3

Alt+Shift+

3

Show Heading4

Alt+Shift+

4

Show Heading5

Alt+Shift+

5

Show Heading6

Alt+Shift+

6

Show Heading7

Alt+Shift+

7

Show Heading8

Alt+Shift+

8

Show Heading9

Alt+Shift+

9

Shrink Font

Ctrl+Shift+

,

Shrink Font One Point

Ctrl+

[

Shrink Selection

Shift+

F8

Small Caps

Ctrl+Shift+

K

Space Para1

Ctrl+

1

Space Para15

Ctrl+

5

Space Para2

Ctrl+

2

Spike

Ctrl+Shift+

F3

Spike

Ctrl+

F3

Start of Column

Alt+

Page Up

Start of Column

Alt+Shift+

Page Up

Start of Doc Extend

Ctrl+Shift+

Home

Start of Document

Ctrl+

Home

Start of Line

 

Home

Start of Line Extend

Shift+

Home

Start of Row

Alt+

Home

Start of Row

Alt+Shift+

Home

Start of Window

Alt+Ctrl+

Page Up

Start of Window Extend

Alt+Ctrl+Shift+

Page Up

Style Apply Pane

Ctrl+Shift+

S

Style Separator

Alt+Ctrl+

Return

Subscript

Ctrl+

=

Superscript

Ctrl+Shift+

=

Symbol Font

Ctrl+Shift+

Q

Thesaurus RR

Shift+

F7

Time Field

Alt+Shift+

T

Toggle Character Code

Alt+

X

Toggle Field Display

Shift+

F9

Toggle Master Subdocs

Ctrl+

\

Toggle Ribbon

Ctrl+

F1

Toggle XMLTag View

Ctrl+Shift+

X

Translate Pane

Alt+Shift+

F7

Un Hang

Ctrl+Shift+

T

Un Indent

Ctrl+Shift+

M

Underline

Ctrl+

U

Underline

Ctrl+Shift+

U

Undo

Ctrl+

Z

Undo

Alt+

Backspace

Unlink Fields

Ctrl+

6

Unlink Fields

Ctrl+Shift+

F9

Unlock Fields

Ctrl+

4

Unlock Fields

Ctrl+Shift+

F11

Update Auto Format

Alt+Ctrl+

U

Update Fields

 

F9

Update Fields

Alt+Shift+

U

Update Source

Ctrl+Shift+

F7

VBCode

Alt+

F11

Web Go Back

Alt+

Left

Web Go Forward

Alt+

Right

Word Count List

Ctrl+Shift+

G

Word Count Recount

Ctrl+Shift+

R

Word Left

Ctrl+

Left

Word Left Extend

Ctrl+Shift+

Left

Word Right

Ctrl+

Right

Word Right Extend

Ctrl+Shift+

Right

Word Underline

Ctrl+Shift+

W

 

·         Microsoft Excel

TOMBOL

FUNGSI

Anak panah kanan (→)

Menggerakkan pointer satu cell ke kanan

Anak panah kiri (←)

Menggerakkan pointer satu cell ke kiri

Anak panah bawah ( ↓ )

Menggerakkan pointer satu cell ke bawah

Anak panah atas ( ↑ )

Menggerakkan pointer satu cell ke atas

Page Down

Menggulung dokumen satu layar ke bawah

Page Up

Menggulung dokumen satu layar ke atas

Ctrl + →

Pointer ke kanak ke akhir data (tanpa selang)

Ctrl + ←

Pointer ke kiri ke akhir data (tanpa selang)

Ctrl + ↓

Pointer ke bawah ke akhir data (tanpa selang)

Ctrl + ↑

Pointer ke atas ke akhir data (tanpa selang)

Home

Pointer ke awal baris

Ctrl + Home

Ke awal worksheet (A1)

Ctrl + End

Ke akhir sebuah data (bedakan dengan data tanpa selang)

Alt + Page Down

Menggulung dokumen satu layar ke kanan

Alt + Page Up

Menggulung dokumen satu layar ke kiri

Ctrl + Page Down

Pindah ke sheet berikutnya

Ctrl + Page Up

Pindah ke sheet sebelumnya

Ctrl + F6

Pindah ke workbook berikutnya, untuk kembali ke workbook sebelumnya tekan Ctrl + F6

F6

Berpindah antar jendela jika jendela di bagi dua

Tab

Menggerakkan pointer dalam worksheet yang diproteksi

 

·         Intruksi-intruksi Blok Ms. Excel 2007 Intruksi menggunakan Mouse

PERINTAH

FUNGSI

Klik batang kolom (Column Headers)

Memblok 1 kolom

Klik batang baris (Row Headers)

Memblok 1 baris

Klik + Seret mouse (drag)

Memblok sekumpulan data (range)

Ctrl + Klik atau seret

Memblok beberapa range

·         Intruksi menggunakan keyboard


5. Hak Milik Software

Seperti yang diketahui, hak milik software terkenal termasuk Adobe Flash Player,  Adobe Photoshop, Google Earth,  Skype, WinRAR, dan beberapa versi dari Unix.

·         Adobe Flash Player

Perisian yang memaparkan animasi dan filem dengan menggunakan atur cara komputer seperti pelayar web. Flash Player ialah pemain multimedia dan aplikasi ciptaan Macromedia, kini dibangunkan dan diedarkan oleh Adobe setelah membeli Macromedia. Flash Player menjalankan fail-fail SWF yang boleh direka dengan menggunakan alat pengarangan Adobe Flash rekaan Adobe Flex, atau mana-mana alat Macromedia yang lain dan pihak ketiga.

·         Adobe Photoshop

Biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

·         Google Earth

Sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D. Tersedia dalam tiga lisensi berbeda: Google Earth, sebuah versi gratis dengan kemampuan terbatas; Google Earth Plus ($20), yang memiliki fitur tambahan; dan Google Earth Pro ($400 per tahun), yang digunakan untuk penggunaan komersial.[2]

·         Skype

Sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara [1] . Teknologi skype ditemukan oleh wirausahawan Niklas Zennström dan Janus Friis, orang yang sama yang menemukan Kazaa dan Joost (P2P untuk televisi). Skype lalu berkompetisi dengan protokol terbuka VoIP yang sudah ada seperti SIP, IAX, dan H.323. Grup Skype yang dibentuk pada bulan September 2003 lalu dibeli oleh perusahaan lelang internet raksasa di Amerika e-Bay pada bulan September 2005 dan bermarkas di Luxembourg, Jerman dengan kantor-kantor di London, Inggris, Praha, Rusia dan San Jose, California, A.S.

·         WinRAR

Sebuah shareware pengarsipan dan kompresi oleh Eugene Roshal. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware.

KESIMPULAN

1.      Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah yang telah ditentukan ada padanya, atau yang juga disebut dengan dengan istilah instruction set.

2.      Sistem software termasuk sistem operasi dan segala peralatan yang terdapat pada fungsi computer.

3.      Windows merupakan salah satu sistem operasi yang sering digunakan saat ini, seperti Windows XP dan Windows 7.

4.      Aplikasi pengolah kata (word processor) adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kata. Dengan aplikasi ini Anda dapat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan sebagainya.

5.      Pemilik hak software termasuk Adobe Flash Player,  Adobe Photoshop, Google Earth,  Skype, WinRAR, and some versions of Unix.

DAFTAR PUSTAKA

 

http://en.wikipedia.org/wiki/Gnumeric

http://id.wikipedia.org/wiki/OpenOffice.org_Calc

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word

http://id.wikipedia.org/wiki/AbiWord

http://duniabaca.com/tutorial-lengkap-microsoft-excel-2007-bagi-pemula-dan-menengah-ke-atas.html

http://science.csustan.edu/tutorial/Excel/excel2.htm

http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-functions-by-category-HP010079186.aspx

http://www.keyxl.com/aaa33ef/136/Microsoft-Excel-Software-keyboard-shortcuts.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/VisiCalc

http://id.wikipedia.org/wiki/Skype

http://id.wikipedia.org/wiki/Google_Earth

 



tugas 3

Kategori: Welcome
Diposting oleh novita08 pada Selasa, 24 April 2012

Implementasi Sistem Informasi Akademik atau Pemanfaatan/Implementasi Teknologi Informasi di Berbagai Universitas di Dunia

 

 By Novita Sari

email: novitasaput307@yahoo.co.id

 

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

 

MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

 

TUGAS KE 3

TANGGAL 3 april 2012

 

 

 

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA 

 

 

NAMA   : Novita Sari

NIM        : 01081001081

KELAS   : B ( Mengulang )

 

 

 

 

ABSTRAK

Sistem Informasi Akademik adalah suatu sistem yang dirancang untuk keperluan pengeloaan data-data Akademik dengan penerapan teknologi komputer baik ‘hardware’ maupun ‘software’,  ‘hardware’ (perangkat keras) adalah peralatan-peralatan seperti komputer (PC maupun Laptop), Printer, CD ROM, HardDisk, Handphone dan sebagainya.

Teknologi Informasi (TI),adalah teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Universitas adalah suatu institusi pendidikan tinggi dan penelitian, yang memberikan gelar akademik dalam berbagai bidang.

Kata Kunci : Teknologi Informasi, Sistem Informasi Akademik, Universitas

Pendahuluan

Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran.

 Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital.

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat.

 Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

LAYANAN PPTIK UGM

Layanan Jaringan :

                1. Pemeliharaan hardware, software dan system oprasi computer

            2. Cabling dan switching

            3. Routing, bandwidth management dan firewall

            4. Penataan/pemetaan topologi jaringan

            5. Pelatihan pengoperasian jaringan

Layanan Teknologi Informasi :

            1. Web hosting aplikasi TI

            2. Bantuan teknis operasional system informasi

            3. System pencadanagan data

            4. Layanan instalasi software aplikasi

            5. Mengembangkan software teknologi informasi

            6. Pelatihan operasional software manajemen informasi

Layanan Teknologi Komunikasi :

            1.Layanan email dan web server

            2.LDAP

            3.PABX konvensional

            4.Audio/video teleconferencing

            5.VOIP

            6.Instant messaging

            7.Akses telpon dan internet global

Informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) atau kumpulan pesan yang terdiri dari order sekuens dari simbol, atau makna yang dapat ditafsirkan dari pesan atau kumpulan pesan. Informasi dapat direkam atau ditransmisikan.

Kesimpulan

Hampir semua universitas yang di dunia misalnya Universitas Gajah Mada di Indonesia telah menerapkan teknologi dalam berbagai bidangnya. Telah memiliki layanan jaringan, teknologi informasi, dan teknologi komunikasi. contohnya sistem informasi akademiknya telah secara online bisa dilakukan di Universitas Gajah Mada.Dengan demikian diharapkan untuk semua universitas yang ada melakukan perubahan yang baik dalam bidang pendidikan melalui kemajuan teknologi yang ada saat ini.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi

http://tipstrategi.wordpress.com/2010/05/05/pengertian-sistem-informasi-akademik/

http://id.wikipedia.org/wiki/Informasi

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_Informasi_Komunikasi

http://www.google.co.id/search?hl=id&output=search&sclient=psy-ab&q=sistem+informasi&btnG=#hl=id&sugexp=frgbld&gs_nf=1&pq=sejarah%20perkembangan%20teknologi%20informasi&cp=62&gs_id=xf&xhr=t&q=sejarah+perkembangan+teknologi+informasi+universitas+brawijaya&pf=p&sclient=psy-ab&oq=sejarah+perkembangan+teknologi+informasi+universitas+brawijaya&aq=f&aqi=&aql=&gs_l=&pbx=1&bav=on.2,or.r_gc.r_pw.r_qf.,cf.osb&fp=677de01e954a280f&biw=1366&bih=607



tugas 2

Kategori: Welcome
Diposting oleh novita08 pada Selasa, 24 April 2012

Keterkaitan Manajemen dengan Sistem Informasi

By : Novita Sari

Email : Novitasaput307@yahoo.co.id

 

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

MATA KULIAH PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER

 TUGAS KE 2

TANGGAL 22 Maret 2012

 

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

NAMA            : Novita Sari

NIM                : 01081001081

KELAS           : B ( Mengulang )

ABSTRAK

manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).

Kata kunci : manajemen, sistem informasi

 

 

Pendahuluan

Aliran manajemen Ilmiah dikembangkan oleh pasangan suami-istri Frank dan Lillian Gilbreth adalah aliran ini menggunakan matematika dan ilmu statistika untuk mengembangkan teorinya. Menurut aliran ini, pendekatan kuantitatif merupakan sarana utama dan sangat berguna untuk menjelaskan masalah manajemen.

Henry Fayol pada awal abad ke-20 menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang, mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan. Namun saat ini, kelima fungsi tersebut telah diringkas menjadi tiga yaitu : Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan.

Sarana manajemen tersebut dikenal dengan 6M, yaitu men, money, materials, machines, method, dan markets.

Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari :

1.      Pembagian kerja (Division of work)

2.      Wewenang dan tanggung jawab (Authority and responsibility)

3.      Disiplin (Discipline)

4.      Kesatuan perintah (Unity of command)

5.      Kesatuan pengarahan (Unity of direction)

6.      Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri

7.      Penggajian pegawai

8.      Pemusatan (Centralization)

9.      Hirarki (tingkatan)

10.  Ketertiban (Order)

11.  Keadilan dan kejujuran

12.  Stabilitas kondisi karyawan

13.  Prakarsa (Inisiative)

14.  Semangat kesatuan, semangat korps

Sistem informasi yang berbeda dari teknologi informasi dalam sistem informasi biasanya terlihat seperti memiliki komponen TIK. Hal ini terutama berkaitan dengan tujuan pemanfaatan teknologi informasi. Sistem informasi juga berbeda dari proses bisnis. Sistem informasi membantu untuk mengontrol kinerja proses bisnis.

Alter berpendapat untuk sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja adalah suatu sistem di mana manusia dan/atau mesin melakukan pekerjaan dengan menggunakan sumber daya untuk memproduksi produk tertentu dan/atau jasa bagi pelanggan.

Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (menangkap, transmisi, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan) informasi. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan. Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

Kesimpulan

Manajemen mengandung tiga pengertian yaitu

1.       sebagai suatu proses kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen.

2.      Sebagai suatu seni

3.      sebagai ilmu pengetahuan

Taylor mendeskripsikan manajemen ilmiah adalah "penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan."

Sistem Informasi (SI)  adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Sehingga hubungan antara manajemen dan sistem informasi erat kaitannya.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Manajemen

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi