header-photo

ICMP dan 3 metode pengiriman paket data secara umum

Kategori: jaringan
Diposting oleh nheyaa pada Rabu, 27 Oktober 2010
[613 Dibaca] [0 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

 

 Internet Control Message Protokol (ICMP)

ICMP (Internet Control Message Protocol) merupakan bagian dari layer IP, dimana protokol inni bertugas mengirimkan pesan-pesan kesalahan atau kondisi lain yang memerlukan perhatian khusus. Pesan ICMP ini akan dikirim jika terjadi masalah layer IP dan layer atasnya (TCP atau UDP). Gambar berikut menunjukkan format dari sebuah pesan ICMP.


                                    Gambar 10. Format Pesan ICMP

                              (Sumber: Steven, W. Richard. 1994: 70)

 

Pesan ICMP tersebut ditentukan dari kombinasi tipe dan kodenya. Pesan kesalahan yang mungkin dikirimkan dengan ICMP diantaranya adalah.

  • Destination Unreachable. Pesan ini dikirim oleh router jika pengiriman paket data mengalami kegagalan akibat masalah putusnya jalur, baik secara fisik maupun logik.
  • Time exceeded. Pesan ini dikirim oleh router jika batas waktu (life-time) sebuah paket data dalam jaringan sudah habis. Hal ini dapat terjadi jika sampai batas waktu yang ditentukan paket data tersebut belum dapat mencapai alamat tujuannya..
  • Parameter problem. Pesan ini dikirim jika terdapat kesalahan parameter pada header datagram IP.
  • Source Quench. Pesan ICMP ini dikirim jika router atau tujuan mengalami kemacetan/kongesti proses dan sebagai respon balik atas pesan ini pada sisi pengirim paket data harus memperlambat pengiriman paket datanya.
  • Redirect. Pesan yang dikirim jika pada router merasa pengirim melewatkan data pada router yang salah, sehingga harusnya dikirim melalui router lain.
  • Echo dan Echo Reply. Merupakan pesan yang menyediakan mekanisme pengujian keaftifan alamat pengirim dan alamat tujuan.
  • Timestamp dan Timestamp-reply. Menyediakan mekanisme untuk mengetahui informasi waktu yang diperlukan sistem tujuan untuk memproses suatu paket data.
  • Address mask request dan address mask reply. Untuk mengetahui pengalamatan yang harus digunakan oleh host/komputer dalam suatu alamat jaringan.

IP tidak didesain dengan keandalan pengiriman data yang mutlak. Tujuan dari ICMP ini adalah untuk memberikan pesan balik terhadap permasalahan yang terjadi dalam jaringan komunikasi IP, bukan untuk membuat protokol IP menjadi andal (reliable) [RFC 792]. Pesan ICMP sendiri dikirim dalam bahas situasi, misal: jika sebuah datagram tidak dapat mencapai tujuannya, jika gateway/router tidak dapat menemukan alamat tujuan.

 

 

 

Unicast, Broadcast dan Multicast

  •   Unicast

adalah sebuah metode pengiriman data dimana data dikirimkan pada satu lokasi yang jelas , dan setiap lokasi yang menerima kemudian mengirimkan laporan penerimaan kepada pengirim.


                      untuk lebih jelas bisa dilihat gambar diatas

Ketika PC A meminta layanan kepada server, maka server hanya akan mengirimkan paket data hanya kepada A, dan ketika PC B meminta layanan kepada server maka server hanya akan mengirimkan kepada PC B, begitupun dengan PC C. Jika kita lihat lebih detail gambar diatas terdapat 3 garis yaitu garis penuh, garis putus-putus rapat, dan garis putus-putus renggang. Artinya bahwa terjadi 3 kali pengiriman untuk data yang sama. Kembali ke contoh kasus diatas, PC A , PC B, PC C dalam waktu yang bersamaan meminta data yang sama kepada server IP TV, maka server akan mengirimkan data ke PC A, setelah itu server mengirimkan data ke PC B, dan terakhir server mengirimkan ke PC C. Dengan metode seperti ini praktis bandwidth yang digunakan semakin besar, misalkan kita asumsikan proses request (meminta) dari client ke server sebesar 2 kb, sedangkan proses deliver (pengiriman) data dari server ke client 200 kb. Proses request dan deliver sebanyak 3 kali berarti 3 x 2 kb = 6 kb ditambah 3 x 200 kb =600 kb sehingga total 606 kb. Sehingga traffic di dalam jaringan menjadi padat.

Disini, kualitas pengiriman data dapat dijamin, karena setiap kegagalan pengiriman akan diketahui oleh pengirim dan dapat melakukan pengiriman ulang. Sistem inilah yang secara umum digunakan pada sistem jaringan komputer saat ini. Analogi yang dapat digunakan sesuai kasus di atas adalah, brosur partai dikirim dengan menggunakan jasa pengiriman tercatat kepada 1 alamat yang jelas. Apabila paket diterima, maka tanda bukti penerimaan akan diberikan kepada pengirim, sedangkan apabila paket tidak sampai, maka juga dilaporkan kepada pengirim.   

 

  •  Broadcast

 adalah sebuah metode pengiriman data, dimana data dikirimkan ke banyak titik sekaligus, tanpa melakukan pengecekan apakah titik tersebut siap atau tidak, atau tanpa memperhatikan apakah data itu sampai atau tidak.

 

 

 

Dari gambar diatas server akan mengirimkan data ke semua PC walaupun hanya PC yang meminta layanan saja yang akan memproses datanya sedangkan PC yang lain akan mengabaikan data tersebut. Cara ini kurang efisien karena sangat membebani bandwidth jaringan.

 

Salah satu contoh penggunaan sistem ini adalah siaran televisi dan radio. Dimana stasiun siaran melakukan siaran terus menerus tanpa mempedulikan apakah ada pesawat televisi ataupun radio yang memonitor siaran tersebut. Analogi yang dapat digunakan adalah, brosur partai dibagi-bagikan pada siapa saja yang lewat di sebuah jalan, tanpa mempedulikan siapa penerimanya. Apakah sudah memiliki partai atau malah anggota partai lain. 

 


  • Multicast

Dalam Multicast paket data dikirimkan dari satu/beberapa komputer ke sejumlah komputer pada jaringan.


 

 

Dari gambar diatas terdapat 2 bagian Multicast Group A (MGA) dan Multicast Group B (MGB). Ketika PC yang berada di MGA dan MGB meminta data yang sama kepada server maka server hanya akan mengirimkan satu kali data tersebut yang didistribusikan ke setiap PC yang meminta layanan tersebut baik di MGA maupun MGB secara bersamaan. Dengan cara ini bandwidth yang digunakan dapat diminimalisir, sehingga traffic dapat dikurangi. Dalam penerapannya, metode ini berbeda dengan metode unicast ataupun broadcast, karena multicast menggunakan IP class D, sedangkan 2 metode lainnya menggunakan IP class A, B atau C.

Konsep multicast hampir sama dengan broadcast, namun perbedaannya adalah, titik tujuan dikelompokkan berdasarkan group-group tertentu melalui alamat groupnya. Hal ini akan mengakibatkan pengiriman menjadi lebih efektif dibandingkan broadcast namun dapat diterima jauh lebih banyak dibandingkan sistem unicast. Analoginya adalah, brosur partai dikirimkan secara besar-besaran kepada alamat tertentu yang merupakan target dari partai langsung ke alamat mereka.   

 

Sumber:   

http://sir200531.multiply.com/journal

http://khalidmustafa.info/?p=147

 

 

 


 

 

 

 

 


 



PDF | DOC | DOCX


Komentar:


belum ada komentar...


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion