Blog Missel

Welcome

Educational Tecnologi Unsri Area. Ajang berbagi, berkreasi, dan belajar.

Analisis Swot SMK N 3 Plg

Kategori: makalah TP
Diposting oleh missel pada Jumat, 04 Juni 2010
[3323 Dibaca] [4 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

 ANALISIS SWOT SMK NEGERI 3 PALEMBANG

1.      PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang

        Analisis SWOT adalah indentifikasi beberapa faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi perusahaan. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan kekuatan (Strenghts) dan peluang (Opportunities), namun secara bersamaan dapat meminimalkan kelemahan (Weaknesses) dan ancaman (Threats). Proses pengambilan keputusan strategis selalu berkaitan dengan pengembangan misi, tujuan, strategis (strategic planner) harus menganalisis faktor-faktor strategis perusahaan dalam kondisi yang ada pada saat ini. Hal ini disebut Analisis Situasi. Model yang paling popular untuk analisis situasi adalah Analisis SWOT.

                SWOT adalah singkatan dari lingkungan internal Strenghts dan Weaknesses serta lingkungan eksternal Opportunities dan Threats. Berikut ini adalah diagram analisis SWOT :

 

 

BERBAGAI PELUANG

 

 

3. Mendukung strategi turn around

 

 

1. Mendukung strategi agresif

 

 

 

 

KELEMAHAN INTERNAL

 

 

KEKUATAN INTERNAL

 

 

4. Mendukung strategi defensif

 

 

2. Mendukung strategi diversifikasi

 

 

 

 

 

 

 

BERBAGAI ANCAMAN

 

 

 

                SWOT selain dapat digunakan pada perusahaan bisnis, dapat juga digunakan pada manajemen sekolah/ universitas dalam menghadapi tantangan maupun peluang yang ada di era globalisasi ini. Analisis SWOT dilakukan dengan maksud untuk mengenali kesiapan setiap fungsi dari keseluruhan fungsi sekolah yang diperlukan utnuk mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

             Menurut Sharplin dalam Sagala (2007:140) memasukkan analisis SWOT untuk melihat kekuatan melihat kekuatan dan kelemahan di dalam sekolah sekaligus memantau peluang dan tantangan yang dihadapi sekolah. Analisis SWOT juga merupakan satu tahap dalam manajemen strategik yang merupakan pendekatan analisis lingkungan. Proses penilaian kekuatan, kelemahan, peluang, dan hambatan secara umum menunjuk pada dunia bisnis sebagai analisis SWOT. Analisis SWOT menyediakan para pengambil keputusan organisasi akan informasi yang dapat menyiapkan dasar dan pertimbangan dalam pengambilan keputusan dan tindakan. Jika keputusan itu diterapkan secara efektif akan memungkinkan sekolah mencapai tujuannya.        Analisis SWOT dalam penyelenggaraan sekolah dapat membantu pengalokasian sumber daya seperti anggaran, sarana dan prasarana, sumber daya manusia, fasilitas sekolah, potensi lingkungan, dan sebagainya yang lebih efektif.

         SMK Negeri 3 Palembang adalah lembaga pendidikan kejuruan yang berkomitmen untuk dapat mencetak tenaga yang kompeten menjadi siap bekerja dan mandiri. Oleh karena itu, analisis swot diperlukan agar dapat diketahui kekuatan, kelemahan, hambatan, dan peluang yang dimiliki  oleh sekolah yang dapat dijadikan acuan dalam memacu,  mengembangkan ataupun mempertimbangkan segala potensi yang ada dalam rangka mencapai tujuan yang diharapkan.

 

B.        Profil SMK Negeri 3 Palembang

Nama                                    : SMK Negeri 3 Palembang

Nama Lama                          : SMEA Negeri 2 Palembang

Alamat                                  :

Jalan                                      : Srijayanegara, Bukit Besar

Kecamatan                            : Ilir Barat I

Kota                                       : Palembang

Propinsi                                  : Sumatera Selatan

No, Telpon/ Fax.                     : (0711) 351816

Pendirian Sekolah                   : Nomor   : 885/B.3/ Kej

                                                  Tanggal: 14/07/195

 

C.        Visi, Misi, dan Tujuan SMK Negeri 3 Palembang

 

Kurikulum disusun untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah . Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Palembang, sebagai unit penyelenggara pendidikan juga memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan. Perkembangan dan tantangan itu menyangkut: antara lain: (1) perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (2) globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, (3) era informasi, (4) pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, (5) berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, (6) era AFTA.

 

 

 

 

(a)   Visi SMK Negeri 3 Palembang 

 

Menjadi SMK yang berkualitas , unggul berlandaskan IMTAQ dan IPTEK serta menghasilkan tamatan yang mampu bersaing di tingkat nasional dan global.

 

(b)   Misi SMK Negeri 3 Palembang

 

1. Meningkatkan kualitas organisasi dan manajemen sekolah dalam menumbuhkan semangat keunggulan dan kompetitif;

2. Meningkatkan kualitas KBM dalam mencapai kompetensi siswa berstandar nasional /internasional;

3. Meningkatkan kualitas kompetensi guru dan pegawai dalam mewujudkan

standar pelayanan minimal (SPM);

4. Meningatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana pendidikan dalam mendukung pengusaan IPTEK;

5. Meningkatkan kualitas SDM dan kualitas pembinaan kesiswaan dalam mewujudkan IMTAQ dan Sikap kemandirian;

6. Meningkatkan kemitraan dengan DU/DI sesuai prinsip demand driven;

7. Meningkatkan kualitas pengelolaan unit produksi dalam menunjang dalam menunjang kualitas SDM;

8. Memberdayakan lingkungan sekolah dalam mewujudkan wawasan wiyata mandala.

 

(c)    Tujuan SMKN 3 Palembang

 

1. Menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia produktif mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan industri sebagai tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian yang dipilihnya;

2. Menyiapkan peserta didik agar mampu memilih karier, ulet dan gigih dalam berkompetisi, bereadaptasi di lingkungan kerja, dan mengembangakan sikap profesional dalam bidang keahlian yang diminatinya;

3. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, agar mampu mengembangkan diri dikemudianhari baik secara mandiri maupun melalui jenjang pendidikan yang lebih tinggi;

4. Membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan program keahlian yang dipilih

 

D.     Analisis Lingkungan Internal (Tabel 1)

 

No.

      Komponen

           Kekuatan

Kelemahan

 

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

 

 

 

 

 

 

 

7.

 

 

 

 

 

 

 

8.

 

 

 

 

 

 

ORGANISASI DAN

MANAJEMEN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 SDM

(Tenaga Kependidikan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN BELAJAR

MENGAJAR

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KESISWAAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

FASILITAS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                   

LINGKUNGAN SEKOLAH

DOC | DOCX


Komentar:

05 Januari 2012 pukul 01:05 WIB
ramdani mengatakan...
toling diperbanyak yang dianalisis dalam swotnya

05 Januari 2012 pukul 01:04 WIB
ramdani mengatakan...
toling diperbanyak yang dianalisis dalam swotnya

02 April 2011 pukul 20:32 WIB
Farlina Susanti mengatakan...
Good website !!!! grin I like this,,,, cheese cheese cheese

06 Oktober 2010 pukul 18:17 WIB
fahmi mengatakan...
gambar na donk di banyak in question


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion