Perbedaan Modem GSM,CDMA,DIAL-UP,dan DSL

Pertama-tama sekali saya sampaikan permintaan maaf kepada para visitor in adesurya-online.blogspot.com, karena sudah lama saya tidak melakukan posting ulang pada site ini karena ada beberapa hal, untuk itu sekali lagi saya sampaikan permintaan maaf.



Mungkin pada artikel ini saya akan sedikit keluar jalur daripada judul site ini yaitu “Hacking Inspiration”, pada kesempatan kali ini saya akan coba memaparkan beberapa perbedaan dari jaringan wireless pada handphone GSM, CDMA dengan jaringan menggunakan kabel pada telepon PSTN atau telepon rumah.


Mungkin rekan-rekan semuanya pernah mendengar istilah TRIBAND, QUADBAND , EDGE, 3G/UMTS dan yang terbaru adalah jaringan HSDPA yang dapat melakukan access internet hingga kecepatan 3,6 MBPs. Itu semua adalah jenis jaringan wireless yang terdapat pada Handphone berjenis GSM. Jaringan GSM menggunakan jaringan canggih yang dapat menjangkau kita di manapun berbeda, jaringan GSM berbeda dengan jaringan CDMA yang hanya dapat mencakup wilayah tertentu. Jaringan CDMA biasanya menggunakan frekuensi radio oleh karena itu mungkin salah satu sebab kenapa setiap starter pack CDMA yang kita gunakan tidak bisa digunakan dengan nomor yang sama di daerah lain.


Dari pembahasan sederhana itu saja dapat kita lihat perbedaan mencolok dari kedua jenis jaringan telekomunikasi tersebut. Yang pertama, pada jaringan GSM yang menggunakan jaringan canggih yang mempunyai efek samping berbahaya yaitu efek radiasi yang sangat besar yang dapat merusak saraf pusat manusia, ini berbeda dengan jaringan CDMA yang hanya menggunakan frekuensi radio sehingga tidak terlalu memiliki efek radiasi yang tinggi. Tentu dibalik ada kelemahan pasti ada kelebihan yang dimiliki oleh jaringan GSM, antara lain kelebihan pada kejernihan suara nya karena menggunakan system satelit .


Mungkin itu sedikit gambaran tentang jaringan wireless pada handphone, sedangkan pada jaringan PSTN atau biasa di sebut dengan “saluran telepon rumah” adalah suatu jalur koneksi telepon yang sudah mempunyai line-nya masing-masing. Sehingga jika kita menggunakan PSTN jalur telepon kita sudah memiliki jalannya masing-masing. Keunggulan nya ialah pada PSTN tidak ada istilah network busy, ini dikarenakan masing-masing PSTN sudah memiliki jalur masing-masing, kelemahan pada jaringan ini ialah tidak dapat melakukan access internet langsung via modem DSL dengan kecepatan diatas dari 56 KBPs. Bisa dibayangkan dengan kecepatan begitu, jika anda ingin men-download file nya yang berukuran 20 MB. Bisa-bisa saja anda akan duduk di depan computer selama 1 jam. ini berbanding terbalik dengan jaringan Wireless pada handphone yang dapat melakukan acces internet hingga 3,6 MBPs.


Pastinya anda sering menyaksikan iklan-iklan operator yang biasa muncul di televisi dengan menggunakan kata-kata (maaf sebelumnya) “Telpon Kapan Saja Dimanapun Berkali-Kali Cuman 1000 perak”, atau kata-kata “Bukan Hanya Jam Pocong, Kini Siang Malam Telepon Gratis” dan kata-kata “Telepon cuman 0,5 sampe puas,,,”. Itu adalah segelintir kata-kata yang digunakan para operator untuk merayu calon komsumennya. Di balik itu harus anda ketahui bahwa dengan harga telepon fantastis tersebut operator mengorbankan kenyamanan dalam komunikasi.


Semakin banyak nya pengguna jaringan wireless tentunya makin banyak kouta jaringan yang harus di perlukan. Ini yang bukannya tidak dicermati oleh para pihak operator selular melainkan dibiarkan saja, seharusnya makin banyak kosumen suatu operator seluler seharusnya tower BTS yang berfungsi sebagai transmisi jaringan telepon wireless harus di tambah, jikalau tidak terjadi penambahan atau perbaikan akan terjadi jaringan sibuk pada jam tertentu sehingga jika kita ingin melakukan panggilan tidak akan bisa Tentunya ini akan sangat merugikan bagi konsumen yang memerlukan informasi up-to-date. 

 

Bisa anda bayangkan jikalau di suatu daerah terjadi bencana alam, pastinya setiap orang yang berada pada daerah tersebut akan melakukan panggilan telepon ke nomor handphone saudaranya. Bisa dibayangkan apa yang akan terjadi, dengan tower BTS yang apa adanya dan jaringan alakadarnya akan terjadi network busy jika kita melakukan panggilan secara bersamaan. Ini berbanding terbalik dengan jaringan PSTN yang sudah ada jalurnya. Tidak akan ada istilah network busy pada jaringan ini karena masing-masing jalur PSTN tidak akan saling bentrok.


Mungkin itu adalah sedikit gambaran yang saya paparkan kepada rekan-rekan semuanya tentang perbedaan jaringan GSM, CDMA, dan PSTN. Sekarang tergantung rekan-rekan untuk memilih yang mana yang baik diantara jaringan ada.

 

Dial-up connection atau dial-up saja adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada aksesInternet dengan menggunakan jalur telepon tetap atau telepon bergerak. Pertama-tama, komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Setelah terhubung maka komputer dapat segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon. Masih banyak orang yang mempergunakan layanan Dial-up ini disebabkan ketidakmampuan mendapatkan layanan hubungan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), karena keterbatasan biaya dan area geografis.

Untuk melakukan Dial-up Connection, dibutuhkan perangkat-perangkat sebagai berikut:

  • Perangkat keras (hardware):

  • Perangkat Lunak (software): pada umumnya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan.

  • Username (login) dan Password: disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan, login tidak dapat diganti sedangkan password dapat kita ganti sendiri secara berkala untuk menjaga keamanan.

Yang perlu kita lakukan adalah:

  • Berlangganan ke salah satu ISP terdekat

  • Memasang modem ke komputer kita

  • Meng-install software Internet yang disediakan oleh ISP

  • Menghubungkan diri (dial-up) ke ISP

Setelah komputer terhubung ke ISP maka saat itu pula komputer sudah dapat terhubung ke Internet dan kita dapat memulai penjelajahan di Internet. Hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem. Begitu kita memutuskan hubungan modem ke ISP maka saat itu pula kompuer terputus dari Internet.

Hubungan yang kita lakukan ke ISP adalah hubungan lokal (menggunakan pulsa telepon lokal) namun kita sudah bisa menjelajahi Internet dan mengunjungi tempat-tempat lain di seluruh dunia. Tentunya ‘kunjungan’ kita ke tempat-tempat lain tersebut bersifat maya (tidak nyata) karena kita hanya dapat melihat-lihat informasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruh dunia yang terhubung ke Internet. Karena sifatnya yang maya inilah maka Internet dikenal sebagai cyberspace (dunia maya).

Dial-up Connection ini pada umumnya digunakan oleh pribadi-pribadi yang menginginkan untuk mengakses Internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah sebuah komputer tunggal (bukan jaringan komputer)

Contoh menghubungkan lewat ISP “TelkomNet Instan” 

Dalam menghubungkan diri ke Internet, ada beberapa langkah yang dilakukan oleh komputer, yaitu :

  • Dialing (memanggil nomor, misal 080989999)

  • Verifying Username (memverifikasikan nama pengguna dan sandi)

  • Handshaking ("berjabat tangan", artinya menyeragamkan parameter koneksi)

  • Connecting (menghubungkan diri ke Internet).

 

Modem digital subscriber line (DSL) adalah jenis modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer pribadi (PC) ke Internet.  Modem  DSL dapat menyediakan akses Internet yang cepat, karena dirancang untuk digunakan dengan koneksi DSL berkecepatan tinggi. Koneksi modem DSL dianggap jauh lebih cepat daripada koneksi dial-up internet. Selain kecepatan yang lebih besar, layanan DSL memungkinkan pengguna untuk berbicara di telepon sambil mengakses internet.

Sebuah Modem DSL  lain, disebut sebagai asymmetric DSL (ADSL) modem, menyediakan layanan yang mirip, dengan pengecualian kecepatan yang diberikan oleh modem dial-up. Namun, ada beberapa perbedaan utama dalam setup dan make up teknologi dari modem DSL. Sebagai contoh, modem dial-up sering, meskipun tidak selalu, diinstal di dalam terminal komputer. Sebaliknya, modem DSL biasanya eksternal dan terhubung ke komputer via port USB atau Ethernet.

Ada modem ADSL yang menggunakan baik USB atau port Ethernet, maupun yang dirancang untuk keduanya. Meskipun modem DSL mungkin mampu bekerja dengan universal serial bus (USB) port, kebanyakan ahli merekomendasikan penggunaan sebuah port Ethernet. Dikatakan bahwa sambungan jauh lebih baik bila port Ethernet yang digunakan.

Sebuah Ethernet DSL modem dapat digunakan pengguna komputer  secara langsung atau yang memiliki jaringan PC. Router dapat digunakan untuk memungkinkan lebih dari satu komputer untuk menikmati koneksi Internet yang sama. Router yang digunakan harus mencakup Network Address Translation (NAT). Sebaliknya, modem USB direkomendasikan untuk digunakan dengan satu komputer saja. Biasanya, modem terhubung langsung melalui port USB tidak dapat mendukung router.

DSL modem dapat dibeli dari tokoh elektronik, komputer, dan department store. Mereka juga tersedia secara online dari berbagai perusahaan, serta penjual swasta. Sering kali, mereka dijual dengan kabel yang diperlukan, power supply, dan filter dalam satu paket. Filter termasuk dengan modem DSL disebut low-pass filter. Mereka digunakan untuk menyimpan data dari sinyal yang menyebabkan interferensi dengan panggilan telepon biasa.

Seringkali, perusahaan yang menyediakan DSL modem yang menawarkan layanan kepada pelanggan mereka secara gratis. Seringkali, sebagai syarat untuk menerima modem DSL gratis, pelanggan harus menandatangani kontak setuju untuk membayar layanan Internet perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Dalam kasus lain, modem DSL dibeli langsung dari penyedia layanan. Beberapa perusahaan menawarkan modem untuk disewa.

 

jenis-jenis modem

 

 
"Internal Modem", iaitu modem berjenis kad sirkit digunakan dengan memasang atau melekatkannya pada litar PCI. Litar PCI ini didapati pada kebanyakn PC sekarang dimana ianya khas digunakan untuk menampung penambahan kad-kad assesori pada PC seperti 'sound card', 'graphic card' dan sebagainya. Kebiasaannya, moden internal ini juga dikenali sebagai PCI modem. Modem berjenis ini adalah lebih murah kerana buatannya adalah lebih ringkas tanpa memerlukan kotak. Ia senang dipasang tanpa memerlukan kabel.
Terdapat dua jenis modem seperti ini iaitu 'software modem" dan "hardware modem". "Software modem" ini adalah modem yang menggunakan perisian khas untuk menjanakan sistem processor PC bagi menjalankan fungsi modem tersebut. "Hardware modem" pula menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modemnya. Jadi disini adalah jelas bahawa 'hardware modem" adalah lebih baik disebabkkan ia tidak mengganggu sumber sistem prosessor PC bila modem berjalan. Walaubagaimanapun, kedua-dua modem jenis ini adalah lebih mudah disambar petir berbandingkan dengan "external modem".
 
 
MODEM EKSTERNAL

Modem jenis ini biasanya dipasarkan dalam bentuk kotak dalam pelbagai rupa. Ada yang segiempat, bulat, berbentuk telur dan macam-macam lagi. Modem jenis ini biasanya dihubungi melalui kabel ke port COM1, COM2 atau port lain yang bersesuaian di PC. Modem external adalah lebih mahal tapi tidak mudah disambar petir kalau dibandingkan dengan 'internal modem'. External modem adalah lebih baik kerana ianya menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modem fungsi modem tersebut tidak seperti 'software modem' yang lain. Dengan ini, perpindahan data melalui internet adalah lebih cepat. External modem juga dibekalakn dengan fungsi lampu yang dapat menunjukkan proses perjalanan modem tersebut.




Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV Kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke Internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).


Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.
Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem


Modem-Modem GSM 

Berikut ini adalah modem-modem yang biasa digunakan untuk berinternet ria dengan jaringan GSM (GPRS/EDGE/HSDPA) :

1. Huawei E220


Modem keluaran Huawei ini banyak juga dipake oleh operator kita seperti Telkomsel dan Indosat. Selain itu di Indonesia juga sering ditemukan modem E220 dari operator luar seperti Vodafone maupun 3. Modem ini sudah memiliki kemampuan jelajah dalam jaringan HSDPA (3,5 G) dengan kecepatan modem bisa mencapai 7,2 Mbps untuk donlot, dan mencapai 384 kbps untuk aplod. Dengan konektivitas ke komputer melalui USB, modem ini banyak menjadi pilihan banyak orang, apalagi installer dan driver langsung tersedia di dalam modemnya, tinggal colok, install, dan pakai :) Harga modem ini sekarang sekitar 880rb-1 jutaan.

2. Vodafone Globe Surfer Icon


Modem ini adalah modem GSM yang pertama-tama kali keluar semenjak internet dengan jaringan GSM dimulai. Dengan kecepatan donlot mencapai 1,8 Mbps, dan konektivitas USB, modem ini juga menjadi pilihan. Selain itu, kini modem yang pada awal-awal kemunculannya seharga 2 jutaan ini sekarang harganya berkisar antara 650-800rb-an.

3. Option Globetrotter 7,2 Express Card


Modem ini adalah pilihan yang tepat jika anda menggunakan notebook model-model terbaru, yang memiliki slot Express Card. Tapi jangan khawatir, tanpa express card pun modem ini bisa tetap digunakan, asal kita membeli pula converter Express Card to USB nya. Modem dengan kecepatan mencapai 7,2 Mbps dan aplod sampai 384 Kbps ini memang agak mahal karena barangnya jarang dan kemampuannya tidak sesuai dengan harganya. Saat ini harganya mungkin sekitar 1,7-2 jutaan.

4. Huawei E272


Modem besutan Huawei satu ini selain memiliki kualitas yang baik seperti generasi sebelumnya E220, juga didukung dengan teknologi terbaru, HSUPA (High Speed Upload Packaged Access), yaitu selain mendukung kecepatan donlot up to 7,2 Mbps, juga mendukung kecepatan aplod up to 2 Mbps. Bentuknya yang pipih dan disertai dengan lampu membuat modem ini manis dilihat. Harganya saat ini berkisar antara 1,1-1,3 juta.

5. Option iCON 225

Dengan bentuknya yang compact dibanding semua modem lain, membuat modem USB ini seperti tidak ada bedanya dengan USB Flashdisk. Teknologi yang digunakan adalah HSDPA (High Speed Download Packaged Access), yaitu dengan kecepatan donlot up to 7,2 Mbps, dan kecepatan aplod sampai 384 Kbps. Bagi yang suka modem kecil, ini pilhan yang bagus. Harganya saat ini sekitar 1 jutaan.

6. Huawei E172 USB Stick

Kalo option punya bentuk kayak USB Flashdisk tapi agak lebih besar, besutan Huawei ini lebih mirip lagi dengan USB Flash disk. Di klaim sebagai modem terkecil saat ini dan memiliki teknologi paling terbaru yaitu HSUPA menjadikan modem ini layak untuk anda. Apalagi harganya masih terhitung sesuai, yaitu sekitar 1,1-1,4 jutaan.

tugas-tugas modem

 

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (Carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa (carrier) yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan komunikasi pada komputer. bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk

Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio.

Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer. Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.




 

Sumber : http://agussale.com/tahukah-anda-dsl-modem

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Dial-up

 

Sumber: http://www.bloggerterbaik.co.cc/2010/09/perbandingan-jaringan-gsm-dan-cdma.html



PDF | DOC | DOCX

Komentar:

 
24 Mei 2012 pukul 11:16 WIB
anwu mengatakan...
 

bagaimna cara mengiklankan website? tongue laugh oh oh oh oh

14 Maret 2012 pukul 19:21 WIB
Prapto Lugiwo mengatakan...
 

thanks...dah menambah Pengetahuan q. smile tongue rolleye

23 Februari 2012 pukul 16:00 WIB
mas aank mengatakan...
 

wah bayak jga ya... sampek capek aku,,, tpi ada benarnya jga to kang cheese

10 Februari 2012 pukul 07:21 WIB
ian mengatakan...
 

apa perbedaan bandwidth modem adsl dengan modem hsdpa/3g? (soalnya pake hsdpa kita dapat bandwidth sampai 2 gb dan kita hanya membayar 40rb/100rb perbulan sedangkan bandwidth yg diberkan misalnya speedy 2 MB kita musti bayar 900rbuan apa bedanya gtu maklum amatir

01 Oktober 2011 pukul 23:40 WIB
jeka mengatakan...
 

jadi sedikit ngerti nih tentang modem, tapi ada yang ingin tahu lagi tentang apa itu GSM & CDMA, gsm menggunakan satelit cdma radio gimana tuh ceritanya ?? thank brooooo grin grin


Kirim Komentar Anda:
Nama Anda (wajib diisi)
 
E-Mail (tidak dipublikasikan)
 
Website, Blog, Facebook, dll
 
(wajib diisi)
 

<-- isi kode di atas (wajib diisi)
 
 
grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion