Sejarah Camp Pengungsi Vietnam di Pulau Galang, Batam

Hari libur kemaren gw jalan-jalan ke Camp Vietnam, karena bosen ke pantai dan mall” terus..
Camp Vietnam terletak di Pulau Galang, Batam, setelah jembatan 5 Barelang dan melalui beberapa pulau. Daerah tsb mempunyai sejarah tersendiri karena, sesuai namanya, Camp Vietnam merupakan tempat pengungsian orang” yang kabur dari Vietnam dan mendapat perlindungan dari Pemerintah Indonesia .

Spoiler for sejarah:
Ratusan ribu penduduk Vietnam bagian selatan melarikan diri meninggalkan kampung halamannya untuk mengungsi ke negara lain pasca perang saudara di Vietnam sekitar 1980-an.

Para pengungsi ini meninggalkan negaranya menggunakan perahu-perahu yang kondisinya memprihatinkan. Dalam satu perahu bisa ditempati 40-100 orang. Berbulan-bulan para pengungsi terombang-ambing di tengah perairan Laut Cina Selatan, tanpa tujuan yang jelas. Sebagian dari mereka ada yang meninggal di tengah lautan dan sebagian lagi dapat mencapai daratan, termasuk wilayah Indonesia, seperti Pulau Galang dan Tanjung Pinang.

Gelombang pengungsi ini menarik perhatian Komisi Tinggi Urusan Pengungsi PBB (UNHCR) dan Pemerintah Indonesia. Pulau Galang, tepatnya di Desa Sijantung, Kepulauan Riau, akhirnya disepakati untuk digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi para pengungsi. UNHCR dan Pemerintah Indonesia membangun berbagai fasilitas, seperti barak pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah, yang digunakan untuk memfasilitasi sekitar 250.000 pengungsi.

Di tempat ini, para pengungsi Vietnam meneruskan hidupnya sepanjang tahun 1979-1996, hingga akhirnya mereka mendapat suaka di negara-negara maju yang mau menerima mereka ataupun dipulangkan ke Vietnam. Para pengungsi ini dikonsentrasikan di satu permukiman seluas 80 hektar dan tertutup interaksinya dengan penduduk setempat. Hal ini dilakukan untuk mempermudah pengawasan, pengaturan, penjagaan keamanan, sekaligus untuk menghindari penyebaran penyakit kelamin Vietnam Rose yang dibawa oleh para pengungsi ini.
Saat ini, bekas kamp pengungsian tersebut dijadikan tempat wisata oleh pihak Otorita Batam sebagai salah satu upaya mewujudkan program Visit Batam 2010. Berkunjung ke tempat ini dapat mengingatkan Anda akan tragedi masa lalu yang menyebabkan ratusan ribu orang harus hengkang dari negaranya untuk mencari perlindungan.

Di kawasan ini, pengunjung dapat melihat beberapa monumen dan sisa peninggalan dari kamp pengungsian. Dari sisa-sisa peninggalan ini, pengunjung dapat membayangkan bagaimana para pengungsi Vietnam mencoba bertahan hidup, jauh dari tanah kelahirannya.


Karena tempat tersebut dianggap bersejarah, maka oleh pemerintah Otorita Batam mengelola tempat tersebut dan juga menjadikannya tempat wisata karena banyak peninggalan-peninggalan mereka yang masih bisa dilihat sampai sekarang.
Di kawasan tersebut terdapat museum (gedung bekas kantor UNHCR) yang menyimpan sejarah dan kenangan di camp Vietnam yang dapat memberikan gambaran jelas kepada pengunjung mengenai kehidupan sehari-hari para pengungsi. Semua foto-foto, kerajinan tangan, data penghuni, contoh KTP, sampe alat-alat dapur tertata rapi di sini.

Spoiler for dalam museum:
Spoiler for AlatDapur:

Spoiler for KTP:

Spoiler for DataPenghuni:

Spoiler for Foto:

Spoiler for Kerajinan:

Spoiler for Kerajinan:

Spoiler for fitness:

Ada fitness centre juga gan!

Spoiler for :

Gw blum tau ini apa..


Tercatat pula bahwa (Mantan) Presiden Soeharto pernah berkunjung ke sini pada tahun 1979.

Spoiler for pak harto:


Demikian laporan TS langsung dari TKP..



PDF | DOC | DOCX

Komentar

 

17 November 2012 pukul 14:25 WIB
YUN A mengatakan...
serem bgt.... shut eye

03 Oktober 2012 pukul 14:51 WIB
widya steel mengatakan...
gaje bok tongue rolleye tongue wink raspberry

14 April 2012 pukul 11:12 WIB
yoshapat mengatakan...
Idih Serem akh pokok'a ada tmpat bunuh diri masal segala gw dha prna koq kesana grin

28 Januari 2012 pukul 17:42 WIB
yota yofandy mengatakan...
thanks for informations >>>>

28 Januari 2012 pukul 17:40 WIB
yota yofandy mengatakan...
wihh... baru saja balik dari batam ke jakarta... gk sempet ke jembatan barelang sama camp vietnam... heheheh.. soal nya waktu nya mepet banget sih.. hehhehe... tapi suatu saat pasti kesana lagi,, hehheheh

08 Januari 2012 pukul 22:59 WIB
erik balikpapan mengatakan...
kapan ya kesana? smile

08 Januari 2012 pukul 22:53 WIB
Erik Balikpapan mengatakan...
Pingin ke sana tp jauh....bgt

13 September 2011 pukul 13:31 WIB
LASTRY mengatakan...
KAYAK NA KAMPUNG VIETNAM CUKUP MENARIK YACH.. RASANYA GK SABAR LG MW KESANA grin

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion