Rancangan Rumah Joglo yang Tahan Gempa

Banggalah menjadi warga gan..

Quote:
entah kenapa nenek moyang kita terutama para empu2 (insinyur2) jaman dulu kok keren keren banget ya gan?! Entah dapetnya wangsit dari mana gitu..
ini ni yang jadi bukti kalo negara kita dari dlu emang negara maju n ngga kalah maju dari negara2 adidaya di masa itu..
Quote:
Ini dia teknologi nenek moyang.Patut dilestarikan dan terus dilakukan riset bwat menyempurnakan teknologi2 dahsyat itu..b
Spoiler for tahu tempe:



meski masih kontroversi, tahu (dari china/jepang) n tempe (udah dipatenin jepang) diyakini merupakan hasil warisa budaya indonesia


Spoiler for borobudur n prambanan:



belom pada ngarti gan gimana teknologi yang dipake bikin candinya


yang ini udah sering diributin

Spoiler for batik:

kreatif banget ampe dunia pun mengakuinya.. bahkan kain batik yang asli bisa tahan ampe ratusan taon, warnanya ngga luntur (karena dari bahan alami) dan pengerjaan pola2 gambarnya detil banget..


Spoiler for keris:

Quote:
Keris adalah senjata tikam khas Indonesia, atau mungkin lebih tepat Nusantara. Berdasarkan dokumen-dokumen purbakala, keris dalam bentuk awal telah digunakan sejak abad ke-9. Kuat kemungkinannya bahwa keris telah digunakan sebelum masa tersebut.
Bisa berdiri sendiri gan!! Canggih, dibikin pake teknologi fisika modern ada momen2 kopel, gaya keseimbangan (anak fisika ato sipil tau)
konon pada jaman dulu, sebuah bongkahan batu aneh jatuh dari langit, (jaman sekarang disebut batuan komet) nah dari situ insinyur dapet wangsit buat bikin senjata super canggih yang disebut keris.desainnya kebanyakan dibuat dengan pola naga ato ular. KEREN!!! ngga ada di negara lain yang punya kayak ginian selain kita. Saking saktinya, jaman dulu setiap orang pasti punya keris buat jadi pegangan.. dan tersebar seantero nusantara



Quote:
Rumah ini akhir akhir ini memang sering jadi bahan perdebatan dalam teknologi pembuatan rumah tanah gempa. Betap Cangihnya nenek moyang kita sehingga mereka mampu dan bisa merancang rumah tahan gempa. secara jaman dulu emang daerah daerah di indonesia sering terjadi gempa, maka insinyur insinyur jaman dulu mulai memikirkan bagaimana caranya agar rumah itu tanah gempa, tahan banjir, tanah segala macam gangguan hewan buas hingga tanah dari gangguan makhluk halus sekalipun..

pengen tau apa rumah canggih itu?!!!


dan LAST!!! ini dia. AHA!!!

Spoiler for jereng:




RUMAH JOGLO!!!!

nih gan denah rumah joglo pada umumnya,

Quote:
UDAH DITELITI ama dosen, pakar n mahasiswa gan..

hasil ujinya banyak kok

Spoiler for denah:


Quote:
Rumah tradisional Jawa ini emang terletak di daerah gempa III (gempa sedang), terhampar dari Banyuwangi sampai Cirebon.
Rumah tradisional Jawa pas jaman dulu kebanyakan berwujud Joglo, secara bentuk dan konstruksi dianggap sebagai master piece rumah tradisional
Jawa, yang terkesan berat dengan struktur rong-rongan (umpak-soko guru-tumpang sari) sebagai penahan beban lateral.

Kalo terjadi gempa struktur kayu rong-rongan rumah Joglo dipandang sebagai struktur inti (core in frame) yang akan menahan gaya lateral, didukung oleh fleksibilitas, redaman, stabilitas, elastisitas, daktilitas, kehiperstatisan kayu dan konstruksi. Sistem tumpuan yang bersifat sendi dan atau rol, sistem sambungan lidah alur, konfigurasi soko-soko emper
terhadap soko guru dan kekakuan soko guru oleh tumpang sari/brunjung dipandang sebagai kesatuan sistem earthquake responsive building.
Hasil pengujian model struktur rong-rongan terhadap getaran gaya gempa dengan horizontal slip table, menunjukkan bahwa sistem pembebanan yang diterapkan di rumah Joglo menyumbang kestabilan, pada gempa frekuensi tinggi dan akselerasi rendah-tinggi. Pada getaran gaya gempa berfrekuensi rendah dan akselerasi rendah-tinggi, sistem
pembebanan membuat model lebih banyak mengalami deformasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, struktur rumah Joglo aman untuk daerah zona gempa 3 (apabila sistem tumpuan dibuat jepit). Riset ini udah pernah dilakuin ( Yulianto P. Prihatmaji) "PERILAKU RUMAH TRADISIONAL JAWA “JOGLO” TERHADAP GEMPA" dari UII yogyakarta
Spoiler for pic:




Bagaimana RUmah joglo bekerja meredam gempa?

Quote:
Berdasarkan penelitian sebelumnya, secara hitungan matematis dan logika mekanika bentuk rumah Joglo mempunyai nilai keamanan yang tinggi (Pont, 1923) dan memiliki kestabilan yang cukup terhadap gaya gempa (Ronald, 1987), tetapi melihat profil dan sifat sambungannya juga mengandung kelemahan terhadap beban lateral (Frick, 1997 : 163-164).

Inti kekuatan struktur bentuk rumah Joglo adalah pada struktur rong-rongan (umpak-soko gurublandar) dan kekakuannya diperoleh dengan penerapan struktur rangka ruang (soko samping-blandarusuk), dan kombinasi struktur ini dianggap sebagai struktur core in frame (Siddiq, 2002).

pas simulasi gempa gan

Spoiler for sketsa:


Quote:

* Bentuk denah persegi panjang
* Memakai pondasi bebatur, yaitu tanah yang diratakan dan lebih tinggi dari tanah disekelilingnya. Diatas bebatur ini dipasang umpak yang sudah diberi purus wedokan.
* Terdapat 4 saka guru sebagai penahan atap brunjung yang membentuk ruang pamidangan yang merupakan ruang pusat dan 12 saka pananggap yang menyangga atap pananggap( tiang pengikut), masing-masing saka ditopang oleh umpak menggunakan sistem purus
* Memakai blandar, pengeret, sunduk, serta kilil. masing- masing blandar dan pengeret dilengkapi dengan sunduk dan kili sebagai stabilisator.
* Menggunakan tumpang dengan 5 tingkat. Balok pertama disebut pananggap, balok ke dua disebut tumpang, balok ke tiga dan empat disebut tumpangsari, dan balok terakhir merupakan tutup kepuh yang berfungsi sebagai balok tumpuan ujung- ujung usuk atap.
* Uleng/ruang yang terbentuk oleh balok tumpang di bawah atap ada 2 (uleng ganda)
* Terdapat godhegan sebagai stabilisator yang biasanya berbentuk ragam hias ular-ularan.
* Menggunakan atap sistem empyak. 4 sistem empyak yang digunakan : brunjung dan cocor pada bagian atas, serta pananggap dan penangkur di bagian bawah
* Terdapat balok molo pada bagian paling atas yang diikat oleh kecer dan dudur.
* Menggunakan usuk peniyung yaitu usuk yang dipasang miring atau memusat ke molo. Joglo ini juga tidak memiliki emper
Spoiler for sketsa:



SISTIM Aliran udara..

Quote:
penghawaan pada rumah joglo ini dirancang dengan menyesuaikan lingkungan sekitar. rumah joglo, yang biasanya mempunyai bentuk atap yang bertingkat-tingkat, semakin ke tengah, jarak antara lantai dengan atap yang semakin tinggi dirancang bukan tanpa maksud, tetapi tiap-tiap ketinggian atap tersebut menjadi suatu hubungan tahap-tahap dalam pergerakan manusia menuju ke rumah joglo dengan udara yang dirasakan oleh manusia itu sendiri. Saat manusia berada pada rumah joglo paling pinggir, sebagai perbatasan antara ruang luar dengan ruang dalam, manusia masih merasakan hawa udara dari luar, namun saat manusia bergerak semakin ke tengah, udara yang dirasakan semakin sejuk, hal ini dikarenakan volume ruang di bawah atap, semakin ke tengah semakin besar. Seperti teori yang ada pada fisika bangunan,

Efek volume sebenarnya memanfaatkan prinsip bahwa volume udara yang lebih besar akan menjadi panas lebih lama apabila dibandingkan dengan volume udara yang kecil

Saat manusia kembali ingin keluar, udara yang terasa kembali mengalami perubahan, dari udara sejuk menuju udara yang terasa diluar ruangan. Dapat dilihat kalau penghawaan pada rumah joglo, memperhatikan penyesuaian tubuh manusia pada cuaca disekitarnya.
Spoiler for sket:




Patut bangga dan harus dilestarikan gan!!
sayang sekali sekarang rumah joglo di jogja udah banyak yang dijual n kadang diratakan buat bikin gedung baru!!!!

 

 

 

 


THANKS TO AGAN :

Aaz_hybrid

 



PDF | DOC | DOCX

Komentar

 

06 Juni 2012 pukul 22:37 WIB
jual rumah mengatakan...
artikel menarik gan, memang desain nenek moyang kita sakti semua soalnya sebelum bikin mereka puasa dulu. postingan yang di bawah tolong di apus dung gan nuhun sangat

06 Juni 2012 pukul 22:35 WIB
jual rumah mengatakan...
artikel menarik gan, memang desain nenek moyang kita sakti semua soalnya sebelum bikin mereka puasa dulu

22 November 2010 pukul 08:03 WIB
Rumah Mungil Yang Sehat mengatakan...
baru tahu, thanks banget infonya mas

21 November 2010 pukul 09:13 WIB
rumah mungil yang sehat mengatakan...
makasih infonya, ditunggu kunjungan baliknya bro smile

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion