Mengenal Komponen Standar Borland C++ Builder

Kategori: Materi Kuliah
Diposting oleh iqbal pada Rabu, 10 Maret 2010
[2836 Dibaca] [11 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada di dunia, khususnya komputer, kita dituntut untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi tersebut. Teknologi Informasi sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seluruh masyarakat di Indonesia, sebagai contoh teknologi tersebut adalah rambu-rambu lalu lintas yang dibuat sedemikian rupa sehingga dapat membantu kelancaran transportasi. Selain contoh tersebut, teknologi software juga mendominasi dalam membantu kelancaran sebuah aktivitas. Perancangan sistem informasi salah satunya. Software-software atau sebuah sistem tersebut dibuat oleh para ahli programmer untuk membantu proses penyelesaian masalah yang timbul dari sebuah pekerjaan. Banyak tools yang digunakan dalam membangun perancangan sistem informasi tersebut, salah satunya menggunakan Borland C++ Builder.
Borland C++ Builder merupakan salah satu software yang digunakan programmer untuk mengembangkan sebuah sistem informasi. Contoh sistem informasi yang bisa dibangun oleh Borland C++ Builder adalah sistem informasi pengunjung sebuah perpustakaan, sistem informasi absensi dalam sebuah perusahaan, dll. Hal tersebut terbukti mampu membantu kelancaran sebuah aktivitas manusia melalaui komputer atau teknologi.
Dalam artikel ini, saya ingin mencoba memperkenalkan sedikit tentang Borland C++ Builder. Berikut interface atau tampilan utama pada saat kita menjalankan aplikasi ini.


Komponen dasar.
Borland C++ Builder merupakan salah satu program yang nyaman digunakan oleh penggunanya, karena program ini masuk dalam kategori program yang user friendly atau telah menggunakan integrated development environment (IDE) sehingga memudahkan penggunanya dalam berinteraksi dan menuangkan ide-ide nya.
Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan mencoba memaparkan tentang komponen standar yang ada pada Borland C++ Builder. Komponen standar tersebut terletak dibagian atas program ini. Berikut hasil capture tentang letak komponen standar tsb.

Terlihat pada gambar diatas letak komponen dasar Borland C++ Builder (kotak bergaris merah).
Tidak kurang dari 17 komponen yang masuk dalam kategori standar program ini.

1. Kursor
Komponen ini merupakan komponen utama yang ada pada setiap program interface, tidak terkecuali Borland C++ Builder. Digunakan untuk menempatkan, memilih, menunjuk kursor ke tempat yang diinginkan user.

Penggunaan :
Kursor digunakan untuk menunjuk menu file yang selanjutnya digunakan untuk meilih menu new (kotak bergaris merah). Itu meruapkan salah satu fungsi kursor dalam program Borland C++ Builder.

2. Frames
Merupakan komponen yang digunakan untuk memberitahu user dengan memunculkan sebuah jendela baru (window). Sebagai analogi, frame merupakan anak dari sebuah main program (parent). Misalkan dalam sebuah program absensi pegawai, terdapat inputan-inputan yang harus kita masukkan, namun kita lupa untuk memasukkan inputan tersebut, sang programmer menggunakan frame untuk memberitahu user bahwa ada inputan yang harus dimasukkan.

Cara memanggil frame juga bisa melalui perintah di menu bar, yaitu file -> new -> frame.


Penggunaan :
Ketika main program sedang di edit, frame bisa disisipkan pada salah satu source code di menu atau form utama. Kemudian frame akan bisa ditampilkan ketika ada suatu kondisi tertentu sesuai dengan aplikasi yang dibuat.

3. Main Menu
Digunakan untuk membuat menu utama pada sebuah aplikasi. Sebagai contoh kita akan membuat sebuah menu file, edit, dan view. Main menu diletakkan di bagian atas sebuah aplikasi. Berikut hasil capture fungsi main menu. Cara menggunakannya cukup drag and drop komponen main menu ke dalam form. Berikut hasil capture nya.

Penggunaan :
Biasa digunakan untuk membuat menu utama pada menu bar. Di setiap program atau software rata-rata menggunakan menu ini. Memudahkan user untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Anak-anak main menu bisa kita tambahkan. Contohnya menu file -> print, file -> new, dan sebagainya sesuai kebutuhan pengguna. Apabila ingin menambah menu dapat dilakukan pada properties.

4. Popup Menu
Digunakan untuk meminimalisir gerakkan kursor dengan mengklik kanan mouse. Kita bisa menampilkan beberapa menu pada bagian ini, sebagai contoh menut edit sepeti cut, copy, paste, undo. Berikut hasil capture.

Penggunaan :
Ketika user mengklik kanan mouse, akan tampil menu yang kita sediakan tadi. Cara mengganti menu tersebut dapat dilakukan pada bagian propertis sesuai dengan kebutuhan user.

5. Label
Label digunakan untuk memberikan text atau tulisan ke dalam sebuah aplikasi agar user mengerti maksud dan tujuan aplikasi tersebut, bisa memberikan judul atau nama program tersebut. Sebagai contoh saya akan membuat sebuah text yang bertuliskan “Komponen Dasar Borland C++ Builder”. Berikut hasil capture.

Penggunaan :
Drag and Drop label pada komponen standar ke dalam form, kemudian ubah caption dalam properties sesuai dengan apa yang akan kita tuliskan, kali ini kita akan menuliskan “Komponen Dasar Borland C++ Builder”. Kita dapat mengedit font size, bentuk font, dll dibagian properties sesuai dengan selera.

6. Edit
Merupakan komponen yang digunakan untuk membuat form inputan dalam sebuah aplikasi. Biasanya digunakan untuk input nama, umur, tahun, dll. Berikut hasil capture.

Penggunaan :
Drag and Drop menu edit ke dalam form, kemudian tentukan bentuk, ukuran, caption di properties sesuai keinginan. Contoh yang saya buat adalah inputan nama menggunakan label dan edit.

7. Memo
Digunakan untuk input tulisan berupa memo kepada user. Berikut hasil capture.

Penggunaan :
Drag and Drop menu memo ke dalam form. Memo biasa digunakan untuk memberikan inputan berupa text ke dalam sebuah aplikasi yang nantinya akan digunakan sesuai kebutuhan sang user atau pengguna.

8. Button
Merupakan komponen dasar Borland C++ Builder dalam melakukan sebuah event. Hasil capture menu button.

Pengunaan :
Drag and Drop menu button ke dalam form utama. Kemudian kita bisa mengedit bagian menu ini di properties sesuai kegunaannya. Dalam contoh diatas merupakan contoh fungsi button dimana ketika kita klik tombol hitung kita akan mendapatkan hasil penjumlahan antara 2 buah angka. Tombol button biasa digunakan sebagai menu ok, next, cancel, abort, dll dalam aplikasi-aplikasi yang telah ada.

9. CheckBox
Digunakan untuk menginputkan sebuah pernyataan true or false dengan melakukan checklist kedalam sebuah box. Berikut contoh capture nya.

Penggunaan :
Drag and Drop menu checkbox ke dalam form. Kemudian ubah caption dan sebagainya di menu properties sesuai kebutuhan. Dalam contoh diatas saya membuat sebuah pernyataan hobi, yaitu design dan programming, Gaming tidak termasuk karena saya tidak melakukan checklist li kotak box programming.

10. RadioButton
Seperti checkbox, radio button merupakan sebuah inputan yang bernilai true or false, namun pada radiobutton tidak boleh lebih dari 1 kemungkinan nilai true dalam arti kata hanya ada 1 nilai yang true. Berikut capture.

Penggunaan :
Drag and Drop menu radiobutton ke dalam form, kemudian masukkan nilai true pada checked di menu properties. Contoh yang saya buat adalah pendidikan terakhir seseorang dimana ada pilihan Diploma, Sarjana, dan Pascasarjana. Kita hanya bisa meilih salah satu dari pilihan tersebut. Itu merupakan fungsi dari radiobutton.

11. ListBox
List box biasa digunakan untuk memberikan sebuah pilihan berupa tampilan box yang user harus memilih salah satu dari item atau pilihan yang disediakan. Berikut contohnya.

Penggunaan :
Drag and Drop menu Listbox ke dalam form utama. Kemudian masukkan menu pilihan melalui properties (items) sesuai dengan kebutuhan. Dalam contoh diatas, saya mencoba membuat pilihan posisi yang akan di tempati seorang pelamar kerja di sebuah perusahaan. Anda bisa merubahnya sesuai dengan kebutuhan yang anda inginkan.

12. ComboBox
Sama seperti listbox, combobox digunakan untuk inputan 1 buah pilihan, namun menggunakan sebuah box yang ketika di klik akan menampilkan pilihan tersebut. Berikut caturenya.

Penggunaan :
Drag and Drop menu combobox ke dalam form utama, kemudian edit menu atau pilihan di properti (items) sesuai dengan kebutuhan anda. Dalam contoh diatas, saya membuat sebuah combo box berupa lama pengalaman bekerja seorang pelamar pekerjaan disebuah perusahaan. Anda bisa mengubahnya sesuai dengan keinginan atau kebutuhan anda.

13. Scroll bar
Kompinen ini digunakan untuk menciptakan scroll bar yang dapat anda gunakan untuk menggulir isi jendela, bentuk atau control lainnya.

Penggunaan :
Klik menu scrollbox untuk menggunakan scrollbox dalam program anda.

14. Group Box
Digunakan untuk melakukan Group Beberapa komponen.

Penggunakan :
Untuk menambahkan tombol radio untuk kelompok radio, edit Produk properti di Object Inspector; setiap string dalam Produk membuat tombol radio muncul di kotak kelompok dengan tali sebagai keterangan. Nilai properti ItemIndex menentukan tombol radio yang saat ini dipilih. Menampilkan tombol radio dalam satu kolom atau di beberapa kolom dengan mengeset nilai properti Kolom.

15. Radio Group
Fungsi dasar yang berisi label kotak kelompok saat runtime. Komponen kelompok radio (TRadioGroup) menyederhanakan tugas perakitan tombol radio dan membuat mereka bekerja bersama-sama.

Penggunaan :
Untuk menambahkan tombol radio untuk kelompok radio, edit Produk properti di Object Inspector; setiap string dalam Produk membuat tombol radio muncul di kotak kelompok dengan tali sebagai keterangan. Pilih komponen dari palet Komponen dan menempatkan mereka dalam kotak kelompok.

16. Panel
Panel digunakan unutk melakukan group beberapa komponen.
Penggunaan :
Klik kanan panel dan gunakan sesuai kebutuhan anda.

17. ActionList
Berfungsi untuk pengaturan toolbar dan menu untuk cross-platform pengembangan.
Penggunaan :
1. Klik dua kali komponen ActionList di tab Standar Komponen palet. Karena ActionList1 yang ditambahkan ke bentuk merupakan komponen nonvisual tidak masalah di mana Anda letakkan di formulir.
2. Dengan komponen ActionList masih dipilih pada formulir, mengatur properti Gambar ImageList1.
3. Klik dua kali komponen ActionList untuk membukanya.
4. Klik kanan pada Daftar Aksi editor dan pilih New Action.
5. Sebab Action1, di Object Inspector, atur properti berikut:
Setelah Caption, ketik & Baru. Perhatikan bahwa mengetik ampersand sebelum salah satu dari surat-surat surat itu membuat jalan pintas untuk mengakses perintah.
Setelah Kategori, jenis file (File ini mengatur perintah dalam satu tempat).
Setelah Petunjuk, ketik Buat file (ini akan menjadi Bantuan tooltip).
Setelah ImageIndex, pilih gambar yang terkait (image 0 jika Anda menambahkan gambar Anda daftar dalam urutan yang dijelaskan di atas).
Setelah Nama, ketik FileNew (untuk File | New perintah) dan tekan Enter untuk menyimpan perubahan.
6. Tindakan Daftar editor dan pilih New Action.
7. Sebab Action1, di Object Inspector, atur properti berikut:
Setelah Caption, ketik & Simpan.
Pastikan Kategori mengatakan File.
Setelah Petunjuk, ketik Simpan berkas.
Setelah ImageIndex, pilih gambar yang terkait (image 2 jika Anda telah menambahkan gambar Anda dalam urutan yang dijelaskan di atas).
Setelah Nama, masukkan FileSave (untuk File | Simpan perintah).
8. Klik kanan pada Daftar Aksi editor dan pilih New Action.

9. Sebab Action1, di Object Inspector, atur properti berikut:
Setelah Caption, ketik & Indeks.
Setelah Kategori, ketik Bantuan.
Tidak ImageIndex diperlukan. Biarkan nilai default.
Setelah Nama, masukkan HelpIndex (untuk Bantuan | Indeks perintah).
10. Klik kanan pada Daftar Aksi editor dan pilih New Action.
11. Sebab Action1, di Object Inspector, atur properti berikut:
Setelah Caption, ketik & Tentang.
Setelah Kategori, ketik Bantuan.
Tidak ImageIndex diperlukan. Biarkan nilai default.
Setelah Nama, masukkan HelpAbout (untuk Bantuan | Tentang perintah).

Sumber :

Fahrurozi, M. Konsep dan Aplikasi Pemrograman menggunakan Borland C++ Builder 6. Palembang. 2005.

Http://www.google.co.id/

Http://www.unsri.ac.id/

Http://www.ugm.ac.id/

Http://www.pdfsearchengine.com/

Http://www.parabi.wordpress.com/

 

Nb : Permintaan maaf kepada Pak Yadi Utama, M. Kom (admin). File .JPEG dalam postingan ini tidak saya upload melalui server http://blog.unsri.ac.id, melainkan ke account blog pribadi saya di http://parabi.wordpress.com karena pada saat sat upload melaui unsri, server lama menerima sehingga saya mengambil inisiatif upload ke blog pribadi saya. Namun, untuk file .doc saya upload di server unsri. trimakasih.

Download .doc



PDF | DOC | DOCX


Komentar:

14 Oktober 2012 pukul 20:47 WIB
rinr anha mengatakan...
maaf ni kak, mau nanya? btw gmna si caranya ngecilin kursor. coz kalu mau ngcek kesalahan atau menulis kata jdi kehapus tulisan dibelakang kursorny. tolong bantuanya ya kak ? rolleyes

14 Oktober 2012 pukul 20:46 WIB
rinr anha mengatakan...
mafaf ni kak, mau nanya? btw gmna si caranya ngecilin kursor. coz kalu mau ngcek kesalahan atau menelus kata jdi kehapus tulisan dibelakang kursorny. tolong bantuanya ? rolleyes

06 Februari 2012 pukul 15:47 WIB
ahmed mengatakan...
shock shock shock shock shock shock shock

07 November 2010 pukul 11:58 WIB
Iqbal mengatakan...
@albert wasalam. ni link buat belajar javascript : http://www.w3schools.com/js/default.asp sukses gan!

05 November 2010 pukul 02:02 WIB
albert mengatakan...
ass.. boss.ane lg nyari program ni... ane pengen download tpi ni masalanya ane nyari2 ga ketmu2..barang kali ente tau alamat program ni ga boss... kasi link nya ok.. javascript:void(0); cool smirk

28 September 2010 pukul 11:02 WIB
iqbal mengatakan...
Penggunaan C++ sangat banyak Mas Deri sesuai dengan tujuannya apa. Dengan C++ bisa membuat aplikasi2 yang dibutuhkan manusia untuk memudahkan pekerjaanya. Secara teknis, pembuatan aplikasi tsb membutuhkan code berupa bahasa yang bisa dimengerti oleh komputer, banyak bahasa yang bisa digunakan, salah satunya C++.

27 September 2010 pukul 20:27 WIB
dery mengatakan...
tolong donk ksh tau gunain c++ !! bingung abis nihhh

26 Juni 2010 pukul 16:20 WIB
iqbal mengatakan...
sephh..sephh..semangat belajarnya... ^^v


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion