intan

Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya

 

Biaya Pendidikan Masuk UI Tahun 2010

 

BIAYA PENDIDIKAN

Pada pembayaran pertama (semester I), biaya yang dibayarkan adalah UP + DKFM + BOP + DPP
Sedangkan untuk semester II dst "hanya" membayar BOP + DPP saja..

Spoiler for sarjana reguler:
mau masuk lewat SIMAK atau UMB atau SNMPTN, sepanjang program yang diambil adalah program reguler, biayanya sama..

untuk pembayaran pertama, biaya yang harus dibayar adalah Uang Pangkal + Dana Pelengkap Pendidikan + Biaya Operasional Pendidikan + Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa..

Uang Pangkal besarannya bervariasi.. ada yang 5jt (utk FKM, FIK, FMIPA, dan FIB), 10jt (utk FH, FE, FPSI, dan FISIP), dan 25jt (utk FK, FKG, FT, dan Fasilkom)
sedangkan DPP besarannya sama tiap fakultas, yaitu 600rb dan UP maupun DPP hanya dibayarkan sekali saja (pada pembayaran pertama)

untuk BOP, besaran tiap fakultasnya juga bervariasi.. untuk FK, FKG, FKM, FIK, FMIPA, FT, dan Fasilkom sebesar 7.500.000
sedangkan untuk FH, FE, FIB, FPSI, dan FISIP sebesar 5.000.000
DKFM tiap fakultas sama, yaitu sebesar 100rb, baik BOP maupun DKFM dibayarkan tiap semesternya..

bagi calon mahasiswa yang tidak mampu, bisa mengajukan keringanan ke rektorat (BOP-B)..


Spoiler for sarjana paralel:
BOP sebesar 6jt untuk FIB, 7,5jt untuk FMIPA, FT, FH (baru tau gw tahun ini FT sm FH adain kelas paralel), dan FISIP, dan 10jt untuk FE.
DKFM sama rata tiap fakultas sebesar 100rb.

Uang Pangkal sebesar 10jt untuk FMIPA, FH, FE, FIB, dan FISIP dan 45jt untuk FT.
DPP sama rata tiap fakultas sebesar 600rb.


Spoiler for program vokasi:
BOP bervariasi antara 5jt - 6,5jt.
DKFM, UP, dan DPP sama rata tiap jurusan 100rb, 5jt, dan 600rb


Spoiler for sarjana ekstensi:
BOP bervariasi antara 3.650.000 - 7,5jt.
UP bervariasi antara 2,5jt - 10jt
DKFM dan DPP sama rata tiap jurusan 100rb dan 600rb.


Spoiler for KKI:
Tuition Fee (tiap semester) antara 20jt-30jt
Admission Fee (hanya pada pembayaran I) antara 10jt - 75jt

sedangkan apabila menjalankan program kuliah di universitas mitra di luar negeri, biaya yang harus dibayarkan kepada UI adalah 2jt tiap semesternya.


sebagai informasi..

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS

  1. Q : SIMAK UI 2010 kapan diadain sih?
    A : Kan udah ada jadwalnya tuh di post #1, tinggal liat ajah
  2. Q : Terus cara daftarnya gimana?
    A : tahap-tahap pendaftaran bisa dilihat secara jelas di http://penerimaan.ui.ac.id/id/page/registration
  3. Q : Lho, kok itu ada program sarjana S1 kelas Paralel?? bedanya sama kelas Reguler apa??
    A : GA ADA BEDANYA, kecuali biaya masuknya lebih mahal + ga bisa minta keringanan + mungkin kuliahnya siang (tapi ada beberapa jurusan yang digabung juga kok sama reguler). Kelasnya sama, dosennya sama, materi / bahan kuliahnya juga sama. Anak-anak paralel juga punya hak yang sama untuk aktif dalam kegiatan organisasi. Oh iya, chance untuk diterima juga lebih besar sekitar 2-3x lipat daripada yang reguler lho, karena pendaftarnya lebih sedikit
  4. Q : ohhh... terus kalo KKI itu apa?
    A : KKI (Kelas Khusus Internasional) adalah kelas khusus dimana bahasa pengantar yang digunakan menggunakan bahasa inggris. Kurikulum yang digunakan juga menggunakan kurikulum standar internasional. Di sini biasanya banyak orang-orang dari luar Indo.. Oh iya..biaya kuliahnya juga jaauuuuhhh lebih mahal daripada kelas reguler maupun paralel...
  5. Q : Terus kalo program vokasi?
    A : Program Vokasi itu sebenarnya setara dengan Diploma (D3). Dulunya disebut D3 dan masih berada dibawah naungan fakultas. Namun sekarang semua program D3 sudah dilebur menjadi program vokasi dan berada di bawah naungan UI. Proses pembelajaran dilakukan di fakultas masing-masing, namun UI sudah merencanakan akan membangun gedung khusus vokasi kedepannya nanti.
  6. Q : Kalo mau daftar KKI gimana?
    A : mengenai pendaftaran kelas khusus internasional bisa dilihat disini http://penerimaan.ui.ac.id/id/page/i...s-for-students
  7. Q : Emang biaya kuliah kelas internasional berapa sih?
    A : bisa dilihat disini http://penerimaan.ui.ac.id/id/page/i...al/tuition-fee
  8. Q : Mahal ya.. oh iya, bisa gak kita memilih lebih dari 1 program dalam 1 pendaftaran?
    A : iya, memang mahal.. Tahun lalu sih bisa memilih lebih dari 1 program (reg + par + vokasi), seharusnya tahun ini juga bisa.
    CONFIRMED..ternyata memang BISA..
  9. Q : Passing grade tiap jurusan gmn?
    A: ga ada yang namanya passing grade..
    sepanjang kuota masih mencukupi, berapapun nilainya..tetap yang tertinggi itulah yang diterima..
    jadi, intinya lo mesti jadi yang terbaik..

  10. Q : Jurusan yang paling populer di UI jurusan apa aja sih?
    A : Akuntansi, Manajemen, HI, Komunikasi, Hukum, Kedokteran, Teknik (terutama teknik mesin, teknik sipil, dan teknik industri)
  11. Q : Untuk jurusan (masukkan nama jurusan disini), bagusan UI atau (masukkan nama perguruan tinggi disini)?
    A : Semua universitas pada dasarnya baik, tergantung mahasiswanya aja mau belajar atau nggak. Gw ga mau ngebandingin jurusan ini-itu dengan universitas ini-itu disini..karena bisa-bisa nantinya malah jadi debat kusir
  12. Q : Selain SIMAK, ada cara lain ga untuk masuk UI?
    A : Ada dong, nanti sebelum SIMAK, biasanya akan ada pemberitahuan oleh pihak sekolah apabila UI sudah membuka jalur PMDK (atau biasa disebut PPKB, Program Pemerataan Kesempatan Belajar) bagi sekolah tsb. Selain itu, ada juga KSDI (Kerjasama Daerah dan Industri), Jalur Prestasi, UMB (tapi gw ga tau tahun ini bakalan ada atau ngga), dan SNMPTN. Tapi kans paling besar untuk masuk UI ya melalui SIMAK, karena kuota penerimaannya paling besar
  13. Q : Soal-soal SIMAK susah gak sih?
    A : Yang jelas lebih susah daripada soal UN
    Just FYI, tahun 2009 kemarin, soal-soal SIMAK adalah soal yang tingkat kesulitannya paling tinggi kalau dibandingkan dengan soal-soal UMB atau SNMPTN.
  14. Q : Thx ya TS buat infonya!
    A : Sama-sama kalo mau nimpuk cendol gw gak nolak kok


Spoiler for Singkatan-singkatan yang sering muncul:

UP = Uang Pangkal
DKFM = Dana Kesejahteraan dan Fasilitas Mahasiswa
BOP = Biaya Operasional Pendidikan
BOP-B = Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan
DPP = Dana Pelengkap Pendidikan

FK = Fakultas Kedokteran
FKG = Fakultas Kedokteran Gigi
FKM = Fakultas Kesehatan Masyarakat
FIK = Fakultas Ilmu Keperawatan
FT = Fakultas Teknik
FMIPA = Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fasilkom = Fakultas Ilmu Komputer
FH = Fakultas Hukum
FPSI = Fakultas Psikologi
FISIP = Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
FE = Fakultas Ekonomi
FIB = Fakultas Ilmu Budaya


PDF | DOC | DOCX

Komentar:

15 April 2011 pukul 18:14 WIB
andri mengatakan...
all prend,, mw tnya extensi FT UI,skrng msh da gk? Ktnya dh dilebur ma kls Paralel,, btuh pnjlsn nh

15 April 2011 pukul 18:11 WIB
andri mengatakan...
all prend: ane mw tnya, kls extensi FT ui msh da gk?? Ktnya dilebur ma kls paralel....btuh pnjlsn nh? wink

25 Desember 2010 pukul 14:07 WIB
Nurmala Dewi mengatakan...
Ya Ampun, , eMg btUh perjuangan buaAt kuliah. . . Lw gak kuliah m0 Jadi apa. . . SeMANgat. . .

06 Desember 2010 pukul 16:44 WIB
Aisyah Aulianisa mengatakan...
Mohon sangat bantuannya........ shut eye mau tanya mekanisme pengajuan BOP-B, bagaimana ya?? dan Beasiswa apa aja yang ada di UI, terutama di Jur.Teknik Mesin.....

03 Desember 2010 pukul 08:34 WIB
fitri mengatakan...
ya ampun mahal nya biaya tuk masuk kulia... gimana mau kulia uang nggak pinya masak skulnya hanya smpe sma aja gimana mau dapet kerjaan ne long face

16 November 2010 pukul 19:47 WIB
biaya kuliah ui mengatakan...
semakin jelas yah,bahwa PT hanya diperuntukkan tuk org kaya. sama aja negeri taw swasta.

16 November 2010 pukul 19:46 WIB
biaya kuliah ui mengatakan...
no money = no kuliah , negara ini emang kronis , pendidikan mahal bgt ...

16 Oktober 2010 pukul 05:24 WIB
herlens mengatakan...
selamanya,seperti itulah,tdk ada keadilan di dunia ini.kecuali seluruh dunia mengalami ketakutan.hanya dgn kekerasan terkadang bisa terselesaikan cool mad

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion