intan

Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya

 

Beasiswa di Diknas Jambi Capai Rp 19,790 Miliar

 

Jumlah dana beasiswa di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi terbilang besar. Bahkan tiap tahun terjadi peningkatan jumlah beasiswa tersebut. Sekretaris Diknas Provinsi Maskur mengatakan, sejak diberikan pada 2006, kini penerimanya mencapai 7.416 mahasiswa. “Beasiswa kita berikan mulai dari S-1, S-2, dan S-3,” ujarnya.

Tahun ini jumlahnya mencapai Rp 19,790 miliar. Pada 2006, Diknas menganggarkan dana beasiswa sebesar Rp 5 miliar, lalu naik menjadi Rp 7,950 miliar pada 2007. Angka itu naik dua kali lipat lebih pada 2008 menjadi Rp 16,380 miliar.

Tahun ini miliaran rupiah itu diberikan kepada mahasiswa program S-1 sebanyak 2.734 orang. Rinciannya sebanyak 850 berkuliah di luar Provinsi Jambi dan 1.884 orang dalam Provinsi Jambi. “Beasiswa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan Jambi,” kata Maskur kemarin (20/10).

Berapa jumlah beasiswa tahun depan? Maskur belum bisa menjelaskan. Namun ia memastikan beasiswa masih akan terus berlanjut. Tahun depan beasiswa akan lebih difokuskan pada bidang MIPA.

“Itu disesuaikan dengan kebutuhan Jambi sendiri. Hanya saja pada 2009 kita memang sudah menutup penerimaan beasiswa tersebut. Untuk pencairannya, memang harus melalui beberapa proses, sehingga diharapkan mahasiswa yang mendapatkannya bisa memanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi A Shomad menyambut baik peningkatan jumlah beasiswa tersebut. Tapi ia menyayangkan, sosialisasi terkesan kurang transparan. “Sosialisasinya terkesan sedikit tertutup. Itu dikhawatirkan tidak berjalan optimal. Seharusnya kan terbuka karena merupakan hal yang harus diumumkan ke publik,” kata Shomad.

Putra, mahasiswa FKIP Unja, mengaku tidak tahu adanya beasiswa dari Diknas. “Informasinya kadang simpang-siur,” ujarnya. Menurutnya, informasi beasiswa hanya dipasang di papan pengumuman rektorat atau BAAKPSI.

“Dan sayang pengumuman dipajang mepet-mepet waktu. Begitu waktunya mau habis baru dipasang, kan butuh waktu untuk mengurus syarat,” ujar mahasiswa yang tinggal di Mendalo tersebut.

Untuk diketahui, di Provinsi Jambi, mahasiswa yang berkesempatan menerima beasiswa berasal dari perguruan tinggi (PT) Unja, IAIN STS, Unbari, STMIK Nurdin Hamzah, STIE, STAI Ma’arif, Stikom, STIE Muhammadiyah, Stipol NH, Stikes Harapan Ibu, Stiteknas, dan Stikba. Di luar Kota Jambi, STIE Graha Karya dan STIT Muarabulian serta PTS di Kerinci.

Selain itu, penerima beasiswa untuk S-2 di dalam dan luar Provinsi Jambi sebanyak 136 orang, beasiswa S-3 di dalam dan luar Provinsi Jambi 50 orang, serta beasiswa IPB lanjutan 39 orang. “Beasiswa kerja sama FKIP Unja lanjutan 57 orang, beasiswa pertambangan lanjutan 39 orang, beasiswa pertambangan 2009 66 orang, beasiswa khusus MIPA kerja sama dengan UI 12 orang,” ujar Maskur.

Maskur juga menjelaskan, mekanisme penyaluran dana tersebut dari Biro Keuangan Setda Provinsi Jambi. Awalnya diproses Diknas, kemudian diserahkan ke Biro Keuangan untuk ditransfer ke rekening mahasiswa bersangkutan.

Untuk diketahui, jenis beasiswa yang bisa didapatkan adalah beasiswa umum S-1, S-2, dan S-3. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang telah terdaftar pada PTN dan PTS yang terakreditasi minimal baik (B) di dalam mupun di luar Provinsi Jambi.

Kedua, beasiswa khusus terdiri atas beasiswa khusus calon guru, bekerja sama dengan FKIP Unja dengan bidang studi matematika, biologi, fisika, dan bahasa Inggris. Beasiswa khusus bidang pertanian bekerja sama dengan IPB, yakni teknologi pertanian, teknologi hutan, teknologi pangan, teknik industri pertanian, dan lain-lain.

Lalu, beasiswa khusus bidang teknik, yakni tekni pertambangan, perminyakan, dan geologi. Khusus teknik, mahasiswa mendaftarkan sendiri ke dinas setelah diterima di PT. Kemudian beasiswa program S-2 MIPA bekerja sama dengan UI untuk mempersiapkan guru SMA berstandar internasional bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia.

Dijelaskan, sistem rekrutmen, jika S-1, S-2, dan S-3 umum, mengajukan permohonan kepada gubernur dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan Diknas. Sedangkan beasiswa khusus, rekrutmen dari Dinas provinsi melalui kabupaten/kota.

Jambi Post



PDF | DOC | DOCX

Komentar:

01 Juni 2012 pukul 01:29 WIB
Yosi RH mengatakan...
Assalamualaikum pak/buk saya mau nanya Beasiswa Pemda Jambi Tahun 2012 Dimana Kita lihat pengumumannya dan kapan terakhirnya?? Mohon Konfirmasinya

11 Mei 2012 pukul 18:17 WIB
novil mengatakan...
pak klo tlat sehari tolong diterima ya pak alsnya saya ngirimnya jauh neh, mksh pak smirk

11 Mei 2012 pukul 00:36 WIB
Dody mengatakan...
Bagaimana seleksinya?

01 Mei 2012 pukul 10:11 WIB
andri devita mengatakan...
ass. yth Bpk Kadis Diknas Jambi,saya mau melanjutkan S2 tapi biaya sulit..modal nekad dengan mencari beasiswa..saya harap dapat beasiswa diknas karena biaya S2 tinggi..jadi tolong dibantu..saya sudah masuk in bahan ke diknas prov.jambi,trm kasih downer

30 April 2012 pukul 21:18 WIB
muhammad yusrizal mengatakan...
bagai mana sih mengurusnya,,, saya sudah melengkapi seluruh persyaratan tapi tidak tau pada siapa saya akan menyerahkannya? rolleyes

27 April 2012 pukul 13:06 WIB
Nia Adha Miyora mengatakan...
asskum,,wrwb.. untuk tahun 2012 masih dibuka,,, lalu kapan penrimaanx,,, mohon bantuan serta informasix trma kasih

24 April 2012 pukul 16:19 WIB
yuarni suci pratiwi mengatakan...
minta formulir nya dong.

24 April 2012 pukul 09:25 WIB
arif mengatakan...
ass saya mhsswa mtk iain sts jambi sya mo tnya ap saja persyaratan beasswa tersbt.agr lbh jls!trima ksh

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion