intan

Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya

 

Beasiswa di Diknas Jambi Capai Rp 19,790 Miliar

 

Jumlah dana beasiswa di Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Jambi terbilang besar. Bahkan tiap tahun terjadi peningkatan jumlah beasiswa tersebut. Sekretaris Diknas Provinsi Maskur mengatakan, sejak diberikan pada 2006, kini penerimanya mencapai 7.416 mahasiswa. “Beasiswa kita berikan mulai dari S-1, S-2, dan S-3,” ujarnya.

Tahun ini jumlahnya mencapai Rp 19,790 miliar. Pada 2006, Diknas menganggarkan dana beasiswa sebesar Rp 5 miliar, lalu naik menjadi Rp 7,950 miliar pada 2007. Angka itu naik dua kali lipat lebih pada 2008 menjadi Rp 16,380 miliar.

Tahun ini miliaran rupiah itu diberikan kepada mahasiswa program S-1 sebanyak 2.734 orang. Rinciannya sebanyak 850 berkuliah di luar Provinsi Jambi dan 1.884 orang dalam Provinsi Jambi. “Beasiswa merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan Jambi,” kata Maskur kemarin (20/10).

Berapa jumlah beasiswa tahun depan? Maskur belum bisa menjelaskan. Namun ia memastikan beasiswa masih akan terus berlanjut. Tahun depan beasiswa akan lebih difokuskan pada bidang MIPA.

“Itu disesuaikan dengan kebutuhan Jambi sendiri. Hanya saja pada 2009 kita memang sudah menutup penerimaan beasiswa tersebut. Untuk pencairannya, memang harus melalui beberapa proses, sehingga diharapkan mahasiswa yang mendapatkannya bisa memanfaatkan dengan baik,” ujarnya.

Ketua Dewan Pendidikan Provinsi A Shomad menyambut baik peningkatan jumlah beasiswa tersebut. Tapi ia menyayangkan, sosialisasi terkesan kurang transparan. “Sosialisasinya terkesan sedikit tertutup. Itu dikhawatirkan tidak berjalan optimal. Seharusnya kan terbuka karena merupakan hal yang harus diumumkan ke publik,” kata Shomad.

Putra, mahasiswa FKIP Unja, mengaku tidak tahu adanya beasiswa dari Diknas. “Informasinya kadang simpang-siur,” ujarnya. Menurutnya, informasi beasiswa hanya dipasang di papan pengumuman rektorat atau BAAKPSI.

“Dan sayang pengumuman dipajang mepet-mepet waktu. Begitu waktunya mau habis baru dipasang, kan butuh waktu untuk mengurus syarat,” ujar mahasiswa yang tinggal di Mendalo tersebut.

Untuk diketahui, di Provinsi Jambi, mahasiswa yang berkesempatan menerima beasiswa berasal dari perguruan tinggi (PT) Unja, IAIN STS, Unbari, STMIK Nurdin Hamzah, STIE, STAI Ma’arif, Stikom, STIE Muhammadiyah, Stipol NH, Stikes Harapan Ibu, Stiteknas, dan Stikba. Di luar Kota Jambi, STIE Graha Karya dan STIT Muarabulian serta PTS di Kerinci.

Selain itu, penerima beasiswa untuk S-2 di dalam dan luar Provinsi Jambi sebanyak 136 orang, beasiswa S-3 di dalam dan luar Provinsi Jambi 50 orang, serta beasiswa IPB lanjutan 39 orang. “Beasiswa kerja sama FKIP Unja lanjutan 57 orang, beasiswa pertambangan lanjutan 39 orang, beasiswa pertambangan 2009 66 orang, beasiswa khusus MIPA kerja sama dengan UI 12 orang,” ujar Maskur.

Maskur juga menjelaskan, mekanisme penyaluran dana tersebut dari Biro Keuangan Setda Provinsi Jambi. Awalnya diproses Diknas, kemudian diserahkan ke Biro Keuangan untuk ditransfer ke rekening mahasiswa bersangkutan.

Untuk diketahui, jenis beasiswa yang bisa didapatkan adalah beasiswa umum S-1, S-2, dan S-3. Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang telah terdaftar pada PTN dan PTS yang terakreditasi minimal baik (B) di dalam mupun di luar Provinsi Jambi.

Kedua, beasiswa khusus terdiri atas beasiswa khusus calon guru, bekerja sama dengan FKIP Unja dengan bidang studi matematika, biologi, fisika, dan bahasa Inggris. Beasiswa khusus bidang pertanian bekerja sama dengan IPB, yakni teknologi pertanian, teknologi hutan, teknologi pangan, teknik industri pertanian, dan lain-lain.

Lalu, beasiswa khusus bidang teknik, yakni tekni pertambangan, perminyakan, dan geologi. Khusus teknik, mahasiswa mendaftarkan sendiri ke dinas setelah diterima di PT. Kemudian beasiswa program S-2 MIPA bekerja sama dengan UI untuk mempersiapkan guru SMA berstandar internasional bidang matematika, fisika, biologi, dan kimia.

Dijelaskan, sistem rekrutmen, jika S-1, S-2, dan S-3 umum, mengajukan permohonan kepada gubernur dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan Diknas. Sedangkan beasiswa khusus, rekrutmen dari Dinas provinsi melalui kabupaten/kota.

Jambi Post



PDF | DOC | DOCX

Komentar:

08 November 2012 pukul 23:36 WIB
Isnan mengatakan...
Dg tidak mengurangi rasa hormat kami sampaikan khususnya kepada Biro Administrasi beasiswa, terkait info beasiswa mohon dipublikasikan secepatnya jika anggaran beasiswa telah kluar dari pemerintah pusat. dan juga tman2 mahasiswa khususnya study S1, S2, s3, luar provinsi, apalgi luar pulau mohon lebih diutamakan.. atas perhatianya kami ucapkan terima kasih.

30 September 2012 pukul 20:48 WIB
laluna mengatakan...
asalmlkum.....Bpk/ibk, tolong beri petunjuk untuk saya mengenai beasiswa tersebut dan persratan untuk daftar nya, karena saya ingin mendapat beasiswa tersebut sejak sma saya sudah tidak memakai menggunakan dana dari orang tua saya melainkan dapat beasiswa kurang mampu. confused

25 September 2012 pukul 12:32 WIB
busriadi mengatakan...
knapa pngumumanx smpe skrang lum keluar,, ? brharap terjaring karena kbutha s2 ny msh kurang,, smntara dana msh di biayai oleh orng tua yg bekerja sbgai buruh biasa.. tlong prhtikan mhsiswa yg krang mampu trlbh dahulu

13 September 2012 pukul 13:45 WIB
andika rahman mengatakan...
dengan hormat saya sampaikan kepada bapak bahwa untuk beasiswa da baiaknya diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai nilai akademik yang cukup memuaskan dan berlatar belakang anak petani atau anak tidak mampu. sejujurnya saya katakan seringkali mahasiswa tersebut pintar namun untuk melanjutkan kuliahnya tidak ada uang semester sehingga ia berhenti ditengah jalan padahan ia mempunyai potensi. dan sering kali info beasiswa tidak dipublikasikan secara umum baik dari dinas - dinas maupun dari kampus. demikian terima kasih.

09 September 2012 pukul 18:28 WIB
siska mengatakan...
yth..bapak gubernur dan bapak kepala dinas,saya sekarang sedang S2,baru pada periode ini saya mengajukan beasiswa,sebelumnya permohonan beasiswa saya tidak diterima,saya meminta mohon diberikan beasiswa pada tahun ini,,kalo allah mengizinkan saya juga ingin melanjutkan S3 amin....siska MIPA UNP.

28 Agustus 2012 pukul 09:19 WIB
Jeke Jf mengatakan...
Saya gak minta banyak pada Pak Gubernur dan Jajaran Dinas Pendidikan Prov Jambi, saya hanya minta diberikan Beasiswa S2 kepada saya, saya Mahasiswa S2 UNP. Titik

04 Agustus 2012 pukul 10:33 WIB
syofyan hadi mengatakan...
huuuhhh,....d tunggu2 info beasiswa yg lu2s prsyaratn trnyata gk da kbr beritanya.pdhal sya sngat membutuhkn sekali utk penunjang dana kulyah sya...!!!saya sangat KECEWA BERAT... long face

31 Juli 2012 pukul 21:01 WIB
Alvi mengatakan...
Assalamu'alaikum bapak, ibu yang terhormat... saya mahasiswa yang study di profinsi Jambi, jurusan Perbankan dan keuangan syariah,dan Saya adalah salah satu peserta wawancara yang bakalan menerima Beasiswa S2 dari Diknas Provinsi Jambi TA. 2012, saya sangat mengharapkan mendapatkan beasiswa ini, untuk biaya penyelesaian kuliah S2 ini..harapn saya n sangat berharap saya dapat bieasiswa tersebut,,,,,jd harapan saya dalam seleksi penerimaan beasiswa ini benar2 transparan,,,dan beasiswa tersebut bisa di berikan kepada orang2 yang bener bener sangat membutuhkan..(orang yang bener2 menggunakan dana beasiswa tersebut hanya untuk pendidikan)

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion