Tugas III

Nama  : Awliya Ikhsan Harahap

NIM     : 09110303010

Kelas : Teknik Komputer 2B

 

Abstrak

Modulasi merupakan suatu proses perubahan  gelombang periodik yang menjadikan sinyal dapat membawa informasi (biasanya berfrekuensi rendah) lalu dimasukkan ke dalam suatu gelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi. Terdapat beberapa Teknik Modulasi yakni DPSK, FSK, VBSM, dan QAM.

Kata kunci: Modulasi, teknik modulasi, gelombang, macam-macam sinyal, modem,

 

 

Pembahasan

 

A. Modulasi

 

Pengertian modulasi adalah penumpangan siyal informasi kepada sinyal pembawa secara langsung maupun secara tidak langsung. Macam-macam modulasi umumnya dibagi menjadi dua bagian, yaitu:

  1. Modulasi Analog seperti, AM (Amplitude Modulation), FM (Frequency Modulation) dan PM (Phase Modulation).
  2. Modulasi Digital seperti, ASK (Amplitude Shift Keying), FSK (Frequency Shift Keying), PSK (Phase Shit Keying), QAM (Quadratur Frequency Amplitude), dll.

Berikut beberapa penjelasan dari Modulasi Digital:

  • DPSK (Diffrential Phase Shift Keying) Dikarenakan proses demodulasi carrier wave pada teknik modulasi PSK sulit dilakukan karena harus menghasilkan kembali carrier wave dengan frekuensi dan phase yang sama persis, maka digunakanlah teknik modulasi DPSK. DPSK berarti informasi digital ditransmisikan didasarkan pada perbedaan antara nilai bit sekarang dengan nilai bit yang sebelumnya
  • FSK (Frequency Shift Keying) Modulasi digital menggunakan teknik FSK dilakukan dengan cara  mengirimkan sinyal informasi digital sebagai pengubah frekuensi dari sinyal pembawa. Modulasi dengan teknik FSK juga menggeser Frekuensi carrier menjadi frekuensi yang berbeda sesuai didalam band-nya sesuai dengan keadaan digit yang dilewatinya.
     
  • VSB (Vestigial Sideband Amplitude Modulation) Merupakan  teknik Modulasi yang terjadi diantara teknik Modulasi Digital SSB dan DSBSC. Teknik Modulasi ini juga sebagai perantara agar setiap frekuensi berada pada jalur atau mengikuti jejak sideband sebelumnya. keuntungan dari tunggal atas sideband ganda adalah ekonomis penggunaan frekuensi. SSB yang menggunakan setengah bandwidth yang sesuai diperlukan untuk transmisi DSB. kelemahan utama SSB adalah kesulitan dalam membangun pemancar atau penerima efektif untuk itu. satu masalah adalah bahwa ketika kita mencoba untukmembangun sebuah filter tajam untuk menghapus satu pendekatan karakteristik amplitudo dari filter ide, semakin buruk menjadi karakteristik fasa. satu area di mana konservasi frekuensi menjadi penting contohnya adalah pada televisi, dimana bandwith lebih besar yang digunakan untuk transmisi suara. 
  • QAM (Quadrature Amplitude Modulation) adalah teknik Modulasi Analog yang digunakan  pada ADSL. Teknik modulasi ini bekerja dengan cara mengirimkan dua sinyal yang berbeda secara simultan dalam satu frekuensi carrier yang dihasilkan dari penggandaan frekuensi carrier yang digeser sebesar 90 derajat, dan gabungan dari modulasi amplitude dan modulasi fase yang di operasikanpada laju 1200 bit/detik ke atas.

 

B. Sinyal

 

Sinyal adalah besaran fisis yang berubah menurut waktu, ruang atau variabel-variabel bebas lainnya. jenis Terdapat beberapa sinyal, Berdasarkan hakikatnya, sinyal terbagi menjadi ke dalam 2 tipe yaitu Sinyal Analog dan Sinyal Diskrit, yang akan kita bahas adalah sinyal Diskrit dan sinyal kontiniyu, yaitu:

 

  • Sinyal Diskrit

           Adalah sinyal yang memeliki intensitas yang konstan pada harga tertentu dan pada saat yang lain berada pada harga konstan. sinyal disrit           ini daat dipakai untuk mewaki bilangan biner 1 dan 0

 

 

 

 

  • Sinyal Kontinyu ( Continuous Signal )

            Adalah sinyal yang mengalami perubahan intensitas sedikit demi sedikit sehingga tidak mengalami putus atau berhenti.


 

 

C. Gelombang

 

Gelombang dapat didefinissakan sebagai getaran yang merambat melalu medium berupa zat padat, cait dan gas. Berikut beberapa penjelasan mengenai macam-macam gelombang:

  • Gelombang Squarewave, bentuk gelombang periodik yang terdiri dari transisi antara dua tingkat seketika

 

 

  • Gelombang Sinus, sinyal periodik yang fundamental. suatu gelombang sinus umum dapat digambarkan oleh 3 parameter. amplitudo tertinggi (A), frekuensi (f) dan fase.


  • Gelombang Periodik

           Gelombang periodik adalah  gerak gelombang secara teratur dan berulang-ulang yang mempunyai sumber berupa gangguan yang kontinu            dan bersosialisasi berupa getaran atau osilasi.

 


 

 

 

Kesimpulan

 

untuk mentrasmisikan data atau informasi maka dibutuhkan alat atau media transmisi untuk apa yang disampaikan oleh source (pengirim) sampai ke destination (penerima), media tersebut seperti kabel, modulasi dan frekuensi terkait satu sama lain, yakni pada saat gelombang yang dibawa oleh sinyal tidak sama atara source dan destination disinilah fungsi dari teknik modulasi tersebut dimana sinyal yang tidak sama/tidak dikenali tadi dapat dkenali secara keseluruhan. 

 

 

Daftar Pustaka:

1. Penerbit andi, 2011, Komunikasi data hal: 56

2. Stalling William, Dasar-dasar komunikasi data translate Thamir Abdul  Hafedh Al- Hamdany, B. Sc, M, Sc

3. Martin S.gorden.1996.analog and digital coputer communication. person prentice hall.USA

4. Forouzan, behrouz.2004.data communications and networking hal 155-125.Mc gran hill.singapore.

5. Stalling, william.2011. komunikasi data hal 70.salemba teknika.jakarta.

 

 

 

 atau 

 

 



PDF | DOC | DOCX

Komentar

 


belum ada komentar...

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion