header-photo

Protokol Frame Relay

Kategori: Welcome
Diposting oleh frisnu pada Selasa, 01 Juni 2010
[483 Dibaca] [0 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

 

Frame Relay

 

Untuk informasi mengenai bagaimana untuk mensimulasikan dan menganalisis lalu lintas Frame Relay 

Frame Relay adalah protokol standar untuk LAN internetworking yang menyediakan metode cepat dan efisien dari transmisi informasi dari perangkat pengguna untuk jembatan LAN dan router.

Protokol Frame Relay menggunakan bingkai terstruktur mirip dengan LAPD, kecuali bahwa frame header diganti dengan header Frame Relay lapangan byte-2. The Frame Relay header berisi bidang-DLCI ditentukan pengguna, yang merupakan alamat tujuan dari bingkai. Ia juga berisi kemacetan dan status sinyal jaringan yang mengirimkan kepada pengguna.

Sirkuit Virtual

Frame Relay frame ditransmisikan ke tujuan dengan cara sirkuit virtual (jalur logis dari suatu titik yang berasal dalam jaringan) ke titik tujuan. Sirkuit Virtual mungkin permanen (PVC) atau diaktifkan (SVC). PVC administratif ditetapkan oleh pengelola jaringan untuk koneksi point-to-point khusus; SVC ditetapkan di-oleh-panggilan dasar panggilan.

Keuntungan Frame Relay

Frame Relay menawarkan alternatif yang menarik untuk kedua saluran yang berdedikasi dan jaringan X.25 untuk menghubungkan LAN ke jembatan dan router. Keberhasilan protokol Frame Relay didasarkan pada dua faktor yang mendasari berikut:

  • Karena sirkuit virtual mengkonsumsi bandwidth hanya ketika mereka data transportasi, sirkuit virtual yang dapat eksis secara bersamaan di sebuah saluran transmisi yang diberikan. Selain itu, masing-masing perangkat dapat menggunakan lebih dari bandwidth yang diperlukan, dan dengan demikian beroperasi pada kecepatan yang lebih tinggi.
  • Peningkatan keandalan jalur komunikasi dan meningkatkan kecanggihan penanganan kesalahan pada akhir stasiun memungkinkan protokol Frame Relay untuk membuang frame yang salah dan karena itu menghilangkan kesalahan-memakan waktu proses penanganan.

Kedua faktor membuat Frame Relay pilihan yang diinginkan untuk transmisi data, namun mereka juga mengharuskan pengujian untuk menentukan bahwa sistem tersebut berfungsi dengan baik dan data tidak hilang.

Frame Relay Struktur

Standar untuk protokol Frame Relay telah dikembangkan oleh ANSI dan CCITT secara bersamaan. Spesifikasi LMI terpisah pada dasarnya telah dimasukkan ke dalam spesifikasi ANSI. Pembahasan berikut struktur protokol termasuk poin utama dari spesifikasi ini.

Frame Relay struktur rangka didasarkan pada protokol LAPD. Dalam struktur Relay Frame, frame header berubah sedikit berisi Data Link Connection Identifier (DLCI) dan bit kemacetan, di tempat alamat normal dan bidang kontrol. Frame Relay ini header baru adalah 2 byte panjang dan memiliki format berikut:

Frame Relay struktur header

DLCI 
10-bit bidang DLCI merupakan alamat frame dan berkaitan dengan suatu PVC.

C / R 
Mengelompokkan apakah frame adalah perintah atau respons.

EA 
Extended lapangan Alamat menandakan sampai dua byte tambahan di header Frame Relay, sehingga sangat memperluas jumlah alamat yang mungkin.

FECN 
Forward Explicit Congestion Pemberitahuan (lihat ECN di bawah).

BECN 
Backward Congestion eksplisit Pemberitahuan (lihat ECN di bawah).

DE 
Buang Eligibility (DE lihat di bawah).

Informasi 
Bidang Informasi ini mungkin termasuk protokol lain di dalamnya, seperti X.25, IP atau SDLC (SNA) paket.

Kemacetan eksplisit Pemberitahuan (ECN) Bits

Ketika jaringan menjadi padat ke titik yang tidak dapat memproses data transmisi yang baru, ia mulai membuang frame. Ini frame yang ditransmisikan ulang dibuang, sehingga menyebabkan kemacetan lebih. Dalam upaya untuk mencegah situasi ini, beberapa mekanisme telah dikembangkan untuk memberitahu pengguna perangkat di mulai dari kemacetan, sehingga beban yang ditawarkan dapat dikurangi.

Dua bit dalam header Frame Relay digunakan untuk sinyal perangkat pengguna yang sedang terjadi kemacetan pada baris: Mereka adalah Forward Explicit Congestion Pemberitahuan (FECN) bit dan Backward Explicit Congestion Pemberitahuan (BECN) bit.The FECN diubah menjadi 1 sebagai sebuah frame dikirim hilir menuju lokasi tujuan ketika kemacetan terjadi selama pengiriman data. Dengan cara ini, semua node hilir dan pengguna perangkat terpasang belajar tentang kemacetan di telepon. The BECN berubah menjadi 1 dalam rangka perjalanan kembali ke sumber data transmisi pada jalur di mana kemacetan terjadi. Jadi node sumber diberitahu untuk memperlambat transmisi sampai kemacetan reda.

Byte dengan bit kemacetan ditetapkan berdasarkan nilai DLCI

Laporan Link Layer Manajemen (CLLM)

Hal ini dapat terjadi bahwa tidak ada bingkai perjalanan kembali ke node sumber yang menyebabkan kemacetan. Dalam hal ini, jaringan akan ingin mengirim pesan sendiri untuk bermasalah node sumber. standar, bagaimanapun, tidak memungkinkan jaringan untuk mengirim frame sendiri dengan DLCI dari rangkaian virtual yang diinginkan.

Untuk mengatasi masalah ini, didefinisikan ANSI Link Layer Laporan Manajemen (CLLM).Dengan CLLM, sebuah DLCI terpisah (nomor 1023) disediakan untuk mengirimkan pesan kontrol lapisan link dari jaringan ke perangkat pengguna. Standar ANSI (T1.618) mendefinisikan format pesan CLLM. Ini berisi kode untuk penyebab kemacetan dan daftar semua DLCIs yang harus bertindak untuk mengurangi transmisi data mereka ke kemacetan yang lebih rendah.

Status Koneksi (LMI)

Setiap DLCI sesuai dengan PVC (Permanen Virtual Circuit). Kadang-kadang diperlukan untuk mengirimkan informasi tentang koneksi (misalnya, apakah antarmuka masih aktif) yang DLCIs berlaku untuk antarmuka dan status dari setiap PVC. Informasi ini dikirim menggunakan DLCI reserved DLCI 1023 atau 0, tergantung pada standar yang digunakan.

Status multicast juga dapat dikirimkan dengan LMI. Multicasting adalah di mana sebuah router mengirimkan sebuah frame pada suatu DLCI reserved dikenal sebagai kelompok multicast. Jaringan kemudian mereplikasi frame dan memberikan ke daftar standar dari DLCIs, sehingga penyiaran bingkai tunggal untuk tujuan koleksi.

Buang Eligibility (DE)

Bila ada kemacetan di telepon, jaringan harus memutuskan untuk membuang frame untuk baris gratis. Buang Eligibility menyediakan jaringan dengan sinyal untuk menentukan bingkai untuk membuang. Jaringan akan membuang bingkai dengan nilai DE dari 1 sebelum membuang frame lain.

DE bit mungkin diatur oleh pengguna pada beberapa prioritas yang lebih rendah-frame-nya.Atau, jaringan dapat mengatur bit DE untuk menunjukkan ke node lain yang bingkai harus preferentially dipilih untuk membuang, jika perlu.


Frame Relay Standar

ANSI T1.618

T1.618 menggambarkan mendukung protokol transfer data fase pembawa layanan Frame Relay, sebagaimana didefinisikan dalam ANSI T1.606. T1.618 didasarkan pada subset dari ANSI T1.602 (LAPD) yang disebut "Core Aspek" dan digunakan oleh kedua diaktifkan dan panggilan virtual permanen.

T1.618 juga meliputi Link Layer Laporan Mekanisme (CLLM). Generasi dan pengangkutan CLLM adalah opsional. Dengan CLLM, DLCI 1023 dicadangkan untuk mengirim pesan link layer kontrol.

T1.618 masalah kemacetan pemberitahuan implisit dari jaringan ke perangkat pengguna.Pemberitahuan kemacetan berisi kode yang menunjukkan penyebab kemacetan dan daftar semua DLCIs yang harus mengurangi lalu lintas mereka untuk kemacetan yang lebih rendah.

ANSI T1.617

Untuk membuat Switched Virtual Circuit (SVC) koneksi, Frame Relay pengguna harus membangun dialog dengan jaringan menggunakan spesifikasi pensinyalan di T1.617.Prosedur hasil dalam penugasan yang DLCI. Setelah dialog ditetapkan, prosedur T1.618 berlaku.

Untuk membentuk Permanent Virtual Circuit (PVC), sebuah protokol setup digunakan yang identik dengan protokol D-channel ISDN dan didefinisikan dalam T1.617.

Dengan ISDN, pengguna dapat menggunakan D-channel untuk setup. Untuk penelepon non-ISDN, tidak ada D-saluran, sehingga dialog antara pengguna dan jaringan harus dipisahkan dari prosedur transfer data biasa. Dalam T1.617, DLCI 0 adalah reserved.

T1.617 juga berisi spesifikasi tentang bagaimana Frame Relay parameter layanan dinegosiasikan.

ANSI LMI

ANSI LMI adalah Permanent Virtual Circuit (PVC) sistem manajemen ditetapkan dalam Lampiran D dari T1.617 LMI. ANSI hampir identik dengan Produsen LMI, tanpa ekstensi opsional. ANSI LMI menggunakan DLCI 0.

Produsen 'LMI

Produsen LMI adalah Frame Relay dokumen spesifikasi dengan nomor 001-208966 ekstensi,-September 18, 1990.

Produsen LMI mendefinisikan layanan Frame Relay generik berdasarkan PVC untuk interkoneksi perangkat DTE dengan peralatan jaringan Frame Relay. Selain standar ANSI, Produsen 'LMI termasuk ekstensi dan fungsi LMI dan prosedur. Produsen LMI menggunakan DLCI 1023.

Frame Relay PVC NNI (FRF.2)

analyzer Anda juga mendukung decoding Network-to-Network (NNI) PVC frame sesuai dengan Frame Relay Forum FRF.2 pelaksanaan kesepakatan. Antarmuka NNI prihatin dengan transfer C-pesawat dan U-plane informasi antara dua node jaringan milik dua yang berbeda jaringan Frame Relay. frame tersebut secara otomatis diakui oleh penganalisa dan benar ditampilkan.

FRF.3

 

FRF.3 memberikan enkapsulasi Frame Relay Multiprotocol selama dalam batasan ANSI T1.618. Struktur seperti Frame Relay frame adalah sebagai berikut:

8

7

6

5

4

3

2

1

Delapan garis yg pertama dlm sonet

Bendera (7e hex)

1

Alamat T1.618 
(Termasuk 10-bit DLCI)

2 
3

Q.922 Kontrol (UI atau aku bingkai)

4

Opsional Pad (0x00)

5

NLPID

6

Data 
. 
.

7 

Frame Check Sequence

n-2 
n-1

Bendera (7e hex)

n

FRF.3 struktur bingkai

The NLPID (Level Network Protocol ID) bidang menunjuk apa enkapsulasi atau apa protokol berikut. Rincian Diagram berikut nilai yang mungkin untuk NLPID dan protokol yang ditunjuk oleh setiap nilai. Sebagai contoh, nilai 0xCC menunjukkan kerangka IP encapsulated.

Multiprotocol enkapsulasi lebih dari Frame Relay

UNI SVC (FRF.4)

FRF.4 adalah perjanjian diaktifkan Frame Relay virtual koneksi pengguna ke-antarmuka jaringan. Ini berlaku menggunakan peralatan yang terpasang pada ISDN Frame Relay-jaringan non atau ke jaringan ISDN menggunakan huruf hanya A.

Berikut adalah daftar jenis pesan SVC berlaku:

  • Melanjutkan panggilan.
  • Connect.
  • Hubungkan Akui.
  • Putus.
  • Kemajuan.
  • Release.
  • Release lengkap.
  • Setup.
  • Status.
  • Status penyelidikan.

FRF.5

FRF.5 mendefinisikan internetworking Jaringan Frame Relay menghubungkan lebih dari ATM. Lihat ( Frame Relay atas ATM ) untuk lebih jelasnya.

FRF.8

FRF.8 mendefinisikan Layanan internetworking Frame Relay menghubungkan lebih dari ATM. Lihat (Frame Relay atas ATM) untuk lebih jelasnya.

DCP (FRF.9)

FRF. 9 
RFC 1661

Ini adalah enkapsulasi Kompresi Data Protocol (DCP) lebih dari Frame Relay. Ini berlaku untuk informasi bernomor (UI) frame dienkapsulasi menggunakan Q.933 Lampiran E [9] dan FRF.3.1 [3] dapat digunakan pada koneksi Frame Relay yang interworked dengan ATM menggunakan FRF.5.

DCP secara logis didekomposisi menjadi dua sub-lapisan: DCP Control sublapisan, dan Fungsi sublapisan DCP.

Kompresi Data Protocol (DCP) dirumuskan dengan Multiprotocol Encapsulation melalui jaringan Frame Relay menggunakan Q.933 Lampiran E. A DCP PDU adalah kombinasi dari Header DCP dan DCP Muatan atau DCPCP PDU.

DCP PROTOKOL DATA FORMAT UNIT 
PDU DCP digunakan oleh entitas DCP untuk berkomunikasi data atau kontrol informasi kepada entitas DCP remote peer. Yang paling signifikan (paling awal dikirim) oktet (s) dari PDU DCP harus Header DCP. C / D bit dari sinyal Header DCP apakah PDU DCP adalah untuk mengendalikan atau untuk data.

DCP PDU Format Data 
Data DCP PDU merangkum tekanan atau terkompresi data pengguna untuk transportasi ke entitas peer DCP.

Header DCP adalah satu atau tiga oktet panjang dan dijelaskan oleh dua baris pertama dari diagram di bawah ini.

/

1

2

3

4

5

6

7

8bits

 

Header

C / D

Cadangan

RR

RA

C / U

E

 

\

DCCI 
(0 atau 2 oktet)

 
   

DCFD data (payload) 
(0 untuk oktet n)

 

 

DCP struktur header

 

E 
0 perpanjangan 
1 ekstensi 
E bit selalu 1 untuk data PDUs DCP.

C / U 
0 terkompresi modus 
1 untuk modus kompresi

RA 
0 ulang tidak mengakui 
1 reset mengakui

RR 
0 ada permintaan reset 
1 reset permintaan

C / D 
Menunjukkan apakah frame untuk kontrol atau data. 
0 DCP data PDUs

DCCI 
Nol atau dua-oktet DC Konteks Identifier.

Cadangan 
Disediakan untuk penggunaan masa depan. Set menjadi 0.

DCPCP

DCP Control Protocol (DCPCP) digunakan untuk mengaktifkan, menonaktifkan, dan mengkonfigurasi DCP opsional. DCPCP memiliki dua modus operasi: Mode-1 dan Mode-2-Mode. 2 menyediakan kemampuan negosiasi penuh untuk mengaktifkan, menonaktifkan, dan mengkonfigurasi DCP menggunakan Point-to-Point Protocol (PPP) Link Control Protocol (LCP) prosedur negosiasi. Mode-1 menggunakan subset dari primitif-2 negosiasi Mode dengan prosedur yang disederhanakan untuk mengaktifkan dan menonaktifkan dengan DCP DCFD standar dan nilai-nilai default parameter. Mode-1 operasi diperlukan; Mode-2 operasi adalah opsional.

Panjang suatu Header DCP untuk kontrol DCP PDUs adalah salah satu oktet.

DCPCP PDUs menggunakan format yang sama dengan PPP LCP sebagaimana didefinisikan dalam RFC 1661. DCPCP Mode-1 menggunakan subset dari format PDU DCPCP (Konfigurasi-Permintaan dan Konfigurasi-Ack dengan Opsi-1 Konfigurasi Mode saja).

Format paket DCPCP terdiri dari header diikuti oleh PDU yang menggunakan format yang sama dengan PPP LCP seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Kode

Identifier

Panjangnya

Data

1 byte

1 byte

2 byte

Variabel

DCPCP struktur PDU

Kode 
Nilai desimal yang menunjukkan jenis paket: 
1 Konfigurasi-Permintaan. 
2 Konfigurasikan-Ack. 
3 Mengkonfigurasi-nak. 
4 Konfigurasi-Tolak. 
5 Terminate-Permintaan. 
6 Terminate-Ack. 
7 Kode-Tolak. 
8 Protokol-Tolak. 
9 Echo-Permintaan. 
10 Echo-Balas. 
11 Buang-Permintaan. 
12 Link-Kualitas Laporan.

Identifier 
Nilai desimal yang membantu sesuai permintaan dan balasan.

Panjangnya 
Panjang paket, termasuk Kode, Identifier, Panjang dan bidang Data.

Data 
Variabel panjang lapangan yang mungkin berisi atau lebih opsi-opsi konfigurasi satu.Format opsi konfigurasi adalah sebagai berikut:

Jenis

Panjangnya

Revisi

DCPCP konfigurasi pilihan

Jenis 
-Byte indikasi Salah satu jenis opsi konfigurasi diatur ke 254 untuk modus 1 pesan.

Panjangnya 
Panjang pilihan konfigurasi termasuk Tipe, Panjang dan bidang Data dan diatur ke 3.

Revisi 
Bidang Revisi akan menjadi satu oktet panjang dan berisi nomor revisi. Revisi saat ini adalah 1.

Mode 1 Permintaan dan respons pesan 
The Mode 1 pesan Permintaan adalah sebuah DCPCP Permintaan Konfigurasi-paket dengan kolom Kode set ke 1,-1 Response pesan Mode adalah DCPCP Konfigurasi-Ack paket dengan kolom Kode diatur ke 2.

Mode-2 Format 
Mode-2 format yang sama dengan format paket LCP seperti yang ditunjukkan di atas, dengan satu set pilihan Konfigurasi unik. Paket LCP dengan kode 1 sampai 7 diperlukan.The LCP lain paket yang ditentukan dalam RFC 1661 dan tercantum di atas adalah opsional.

NNI SVC (FRF.10)

analyzer Anda juga mendukung decoding Network-to-Network (NNI) SVC frame sesuai dengan Frame Relay FRF.10 pelaksanaan kesepakatan Forum. pelaksanaan Perjanjian ini diterapkan pada SVC lebih dari Frame Relay NNIs dan SPVCs. Hal ini berlaku pada NNIs apakah kedua jaringan yang swasta, keduanya merupakan publik atau satu adalah swasta dan masyarakat lainnya. frame tersebut secara otomatis diakui oleh penganalisa dan benar ditampilkan.

FRF.11

Frame Relay saat ini merupakan komponen utama dari desain jaringan banyak. Yang. Protokol menyediakan minimal satu set beralih fungsi terhadap variabel data berukuran maju muatan melalui Jaringan frame relay protokol dasar, dijelaskan dalam Frame Relay Forum User untuk Network (UNI) dan jaringan Jaringan (NNI) Pelaksanaan Perjanjian, telah ditambah dengan perjanjian tambahan yang detail teknik untuk penataan data aplikasi di bidang informasi Frame Relay dasar. Teknik ini berhasil diaktifkan dukungan untuk aplikasi data seperti LAN bridging, IP routing, dan SNA.

FRF.11 memperluas dukungan aplikasi Frame Relay untuk memasukkan muatan pengangkutan suara digital. Alamat khusus FRF.11 persyaratan sebagai berikut:

  • Transportasi suara terkompresi dalam payload dari frame Frame Relay.
  • Mendukung berbagai jenis algoritma kompresi suara.
  • Efektif pemanfaatan tingkat rendah-bit Frame Relay koneksi.
  • Multiplexing hingga 255 sub-saluran pada satu frame relay DLCI.
  • Muatan Mendukung beberapa suara di sub-channel yang berbeda atau sama dalam kerangka tunggal.
  • Dukungan data saluran di sub-multiplexing Frame Relay DLCI.

FRF.12

FRF.12 adalah Fragmentasi Frame Relay Perjanjian Pelaksanaan. Fragmentasi antrian baik mengurangi delay dan variasi delay di jaringan Frame Relay dengan membagi data paket besar menjadi paket kecil dan kemudian menyusun kembali data ke dalam frame asli di tujuan. Kemampuan ini sangat relevan bagi pengguna yang ingin menggabungkan suara dan aplikasi waktu-sensitif lainnya, seperti misi-aplikasi penting SNA, dengan-waktu-aplikasi non sensitif atau data lain pada Virtual Tetap tunggal Circuit (PVC). Manfaat utama fragmentasi adalah kemampuan untuk memanfaatkan Pengguna umum bagi Network Interface (UNI) akses garis atau Jaringan Network Interface (NNI) baris dan / atau PVC untuk menggabungkan komunikasi data frame besar dan protokol real-time.

Fragmenting frame meningkatkan utilitas dan keseragaman dari jaringan Frame Relay, mengurangi delay dan variasi penundaan sementara peningkatan responsivitas aplikasi, kualitas dan kehandalan. Akibatnya, beberapa jenis lalu lintas, seperti suara, faks dan data, dapat transparan dikombinasikan pada UNI tunggal, NNI dan / atau PVC.

The Fragmentasi Perjanjian Implementasi menyediakan untuk transmisi Frame Relay Data Terminal Equipment (DTE) dan Data Komunikasi Tetap (DCE) dengan kemampuan untuk panjang fragmen data frame menjadi urutan frame pendek yang kemudian dipasang kembali ke bingkai asli oleh peer menerima DTE atau DCE. Frame fragmentasi diperlukan untuk mengontrol delay dan variasi delay saat lalu lintas real-time, seperti suara, dilakukan di antarmuka yang sama seperti lalu lintas data. Fragmentasi memungkinkan interleaving of-sensitif lalu lintas delay pada satu PVC dengan beberapa bagian bingkai data lama di lain PVC menggunakan antarmuka yang sama.

FRF.12 mendukung tiga aplikasi fragmentasi:

1.     Lokal di seluruh UNI Frame Relay interface antara DTE DCE teman /.

2.     Lokal di seluruh antarmuka Frame Relay NNI antara rekan-rekan DCE.

3.     End-to-End antara dua Frame Relay DTEs interkoneksi oleh satu atau lebih jaringan Frame Relay.

Ketika digunakan end-to-end, prosedur fragmentasi adalah transparan ke jaringan Frame Relay (s) antara transmisi dan penerimaan DTEs.

FREther

FREther adalah varian dari Frame Relay yang terdiri dari header Frame Relay diikuti oleh bidang EtherType. Ini merupakan bentuk tambahan enkapsulasi Frame Relay lebih dari yang digunakan oleh beberapa pelanggan.


Timeplex (BRE2)

Bre (Bridge Relay Enkapsulasi) adalah milik Ascom Timeplex menjembatani protokol yang membentang di WAN link dengan cara enkapsulasi. BRE2 merupakan bentuk peningkatan standar, memberikan kinerja yang lebih baik karena kenyataan bahwa duduk langsung pada protokol link layer, memerlukan konfigurasi kurang dan menyediakan routing protokol nya sendiri. BRE2 ditempatkan di 4,0 perangkat lunak router dan tersedia dalam semua versi 4.x dan 5.x perangkat lunak.

Format frame BRE2 adalah sebagai berikut:

1 byte

----------------- 1 byte ------------------

Jenis Frame

F

Prioritas

Sumber Bre Jembatan No

 

Sumber Jembatan Domain ID = 1

VLAN ID

SRB #

Sisa BRE2 Header

7 byte dalam format terfragmentasikan

12 byte dalam format terfragmentasi

 

Data

BRE2 frame format

Jika F adalah 0 dari frame tidak terfragmentasikan dan BRE2 header adalah 17 byte panjang. Jika F adalah 1, frame terfragmentasi dan BRE2 header adalah 22 byte panjang.SRB # adalah Sumber Rute Jembatan Jumlah (4 bit).


Riam

Dalam rangka memberikan layanan Frame Relay, Bell Operasi Perusahaan Daerah (RBOCs) menyebarkan Cascade switch pada beberapa LATAs dan interkoneksi mereka untuk memberikan layanan kepada pelanggan di seluruh LATAs, serta mengelola switch pada beberapa LATAs dari stasiun manajemen jaringan tunggal.

Header batang format untuk keluarga STDX Cascade switch sesuai dengan ANSI T1.618 1991-ISDN Core Aspek Frame Protocol untuk digunakan dengan Frame Relay Pembawa Layanan.

Cascade batang format header seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

1

2

3

4

8

R

C / R

Versi

Cadangan

ODE

DE

BECN

FECN

VC prioritas

Channel ID

Manajemen User data tergantung

Cascade batang format header

R 
Reserved.

C / R 
Command / Respon medan bit.

Versi 
Header versi. Mendefinisikan versi format header bagasi untuk keluarga STDX Cascade dari switch. Bidang ini saat ini diatur ke 0.

ODE 
Set ke 1 jika tingkat masuknya lebih besar dari ukuran burst kelebihan.

DE 
Buang indikator kelayakan yang dilakukan berdasarkan definisi yang ditetapkan dalam ANSI T1.618.

BECN 
Mundur pemberitahuan kongesti eksplisit menurut ANSI T1.618.

FECN 
Forward pemberitahuan kongesti eksplisit menurut ANSI T1.618.

VC prioritas 
Virtual sirkuit prioritas. Digunakan untuk membedakan lalu lintas sensitif dari lalu lintas tidak sensitif terhadap penundaan, seperti transfer file batch atau lalu lintas. Prioritas mungkin 1, 2 atau 3, 1 adalah yang tertinggi.

Untuk pengelolaan data, sebuah byte 5 berisi informasi tentang jenis informasi PDU untuk mengikuti. Nilai adalah sebagai berikut:

0

Permintaan panggilan PDU

1

Konfirmasi PDU

2

Ditolak PDU

3

Hapus PDU

4

Mengganggu PDU

5

Halo PDU

6

Halo Pengakuan PDU

7

Jalur Ditetapkan Halo PDU

8

Jalur Ditetapkan Halo Pengakuan PDU


LAPF

Tujuan LAPF adalah untuk menyampaikan data link layanan data unit antara-layanan pengguna DL pada bidang-U untuk pembawa layanan modus frame pada antarmuka pengguna-jaringan ISDN pada B-,-D atau H-saluran. modus koneksi pembawa Frame ditetapkan baik menggunakan prosedur yang ditetapkan dalam Rekomendasi [Q.933 3] atau (untuk sirkuit virtual permanen) oleh berlangganan. LAPF menggunakan layanan lapisan fisik, dan memungkinkan untuk statistik frame multiplexing lebih modus pembawa atau koneksi satu selama satu-ISDN B, D-atau-saluran H dengan menggunakan LAPF dan kompatibel HDLC prosedur.

Format header ditampilkan dalam ilustrasi berikut:

Alamat default formulir dilapangan

(2 oktet)

8

7

6

5

4

3

2

1

Upper DLCI

C / R

EA 
0

Lower DLCI

FECN 
(Catatan)

BECN 
(Catatan)

DE 
(Catatan)

EA 
1

 

LAPF format alamat

 

Control bit lapangan 
(Modulo 128)

8

7

6

5

4

3

2

1

Octet 4 (Catatan)

Aku Format

N (S)

0

N (R)

P / F

Octet 5

S Format

X

X

X

X

Su

Su

0

1

Octet 4

N (R)

P / F

Octet 5

Format U

M

M

M

P / F

M

M

1

1

Octet 4

 

LAPF format

 

EA 
Alamat extension field bit.

C / R 
Respon perintah bit.

FECN 
Forward Explicit Congestion Pemberitahuan.

BECN 
Backward Explicit Congestion Pemberitahuan.

DLCI 
Data Link Connection Identifier.

DE 
Buang Persyaratan indikator.

D / C 
DLCI atau-CORE kontrol indikator DL.

N (S) 
Transmitter mengirimkan nomor urutan.

N (R) 
Transmitter menerima nomor urutan.

P / F 
Poll bit bila digunakan sebagai perintah, bit akhir bila digunakan sebagai jawaban.

X 
Dilindungi dan set ke 0.

Su 
Sedikit fungsi pengawasan.

M 
Fungsi pengubah bit.


Multiprotocol lebih dari Frame Relay

RFC 1490 http://www.cis.ohio-state.edu/htbin/rfc/rfc1490.html 
RFC 2427 http://www.cis.ohio-state.edu/htbin/rfc/rfc2427.html

Multiprotocol lebih dari Frame Relay adalah sebuah metode encapsulating berbagai protokol LAN lebih dari Frame Relay. Dalam hal ini, semua protokol enkapsulasi paket mereka dalam bingkai A Lampiran Q.922. Selain itu, frame harus berisi informasi yang diperlukan untuk mengidentifikasi protokol dilakukan dalam protokol data unit (PDU), sehingga memungkinkan penerima untuk benar proses paket yang masuk. Format frame tersebut seperti yang ditunjukkan dalam ilustrasi berikut:

Bendera (7e Hex)

Alamat Q.922 

Kontrol

Opsional Pad (0x00)

NLPID

... 
data 
...

FCS 

Bendera (7e Hex)

Muliprotocol atas frame Frame Relay

Alamat Q.922 
2-oktet alamat lapangan yang berisi bidang-bit DLCI 10. Pada beberapa jaringan alamat Q.922 opsional mungkin berisi 3 atau 4 oktet.

Kontrol 
Q.922 kontrol lapangan. Nilai UI adalah 0x03 digunakan kecuali dinegosiasikan sebaliknya.Penggunaan XID (0xAF atau 0xBF) diizinkan.

Bantalan 
Digunakan untuk menyesuaikan sisa bingkai ke batas oktet dua. Mungkin ada 0 atau 1 oktet pad dalam bidang pad. Nilai selalu 0.

NLPID 
Tingkat Jaringan Protokol ID, adminstered oleh ISO dan protokol CCITT. Mengidentifikasi merangkum.

FCS 
frame 2-byte cek urutan.

Ada dua tipe dasar dari paket data yang berjalan dalam jaringan Frame Relay: paket disalurkan dan paket dijembatani. Paket ini memiliki format yang berbeda dan karena itu, harus berisi indikator bahwa tujuan dapat digunakan untuk benar menafsirkan isi dari frame. Indikator ini tertanam dalam NLPID dan informasi header SNAP.

Bagi mereka protokol yang tidak memiliki NLPID sudah ditetapkan, perlu untuk menyediakan mekanisme untuk memungkinkan identifikasi protokol mudah. Ada nilai NLPID pasti menunjukkan keberadaan sebuah header SNAP. Format header SNAP adalah sebagai berikut:

Organizationally Unique Identifier (oui)

Protokol Identifier (PID)

3 byte

2 byte

SNAP header

Semua stasiun harus dapat menerima dan menafsirkan dengan benar baik enkapsulasi NLPID dan header untuk SNAP enkapsulasi paket dialihkan.

Ketiga-oktet Organizationally Unique Identifier (oui) mengidentifikasi sebuah organisasi yang mengurus arti dari Protokol Identifier (PID) yang berikut. Bersama-sama mereka mengidentifikasi protokol yang berbeda. Catatan bahwa oui 0x00-00-00 menetapkan bahwa PID berikut ini adalah Ethertype.

Beberapa protokol memiliki ditugaskan NLPID, tetapi karena NLPID penomoran ruang sangat terbatas, tidak semua protokol memiliki nilai NLPID khusus ditugaskan kepada mereka. Ketika paket dari protokol tersebut diarahkan melalui jaringan Frame Relay, mereka dikirim menggunakan 0x80 NLPID diikuti oleh SNAP. Jika protokol memiliki Ethertype ditetapkan, oui adalah 0x00-00-00 (yang menunjukkan Ethertype berikut), dan PID adalah Ethertype dari protokol yang digunakan. Ada satu pad oktet untuk menyelaraskan data protokol pada batas dua oktet .

Tipe kedua lalu lintas Frame Relay dijembatani paket. Ini encapsulated menggunakan nilai NLPID dari 0x80 menunjukkan SNAP. Seperti dengan protokol enkapsulasi lainnya SNAP, ada satu pad oktet untuk menyelaraskan bagian data dari frame dienkapsulasi. Header SNAP yang mengikuti NLPID mengidentifikasi format paket dijembatani. Nilai oui digunakan untuk enkapsulasi ini adalah kode organisasi 802,1 0x00-80-C2. PID bagian header SNAP (dua byte segera mengikuti oui) menentukan bentuk header MAC, yang segera mengikuti SNAP header. Selain itu, PID menunjukkan apakah FCS asli terpelihara di dalam bingkai dijembatani.

 



PDF | DOC | DOCX


Komentar:


belum ada komentar...


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion