Dwi Pratiwi

Welcome

Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya

RPP Matematika Kelas 1X

Kategori: Welcome
Diposting oleh dwipratiwi pada Sabtu, 16 Juni 2012
[106 Dibaca] [0 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                    SEKOLAH                            : . . . . . . . . . . . . . .

                                    MATA PELAJARAN          : MATEMATIKA

                                    KELAS / SEMESTER         : 1X / GANJIL

 

Standar Kompetesi :

a. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut, dan bola serta menemukan ukurannya

 

Kompetensi Dasar :

2.1. Mengidentifikasi unsur-unsur tabung kerucut dan bola.

 

Indikator :

1. Menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola

2. Menunjukkan jaring-jaring tabung, kerucut dan bola

 

Alokasi Waktu :

2 jam pelajaran ( 1 x pertemuan )

 

A. Tujuan Pembelajaran:

1. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola 

2. Siswa dapat membedakan antara tabung, kerucut dan bola

3. Siswa dapat menggambarkan jaring-jaring tabung, kerucut dan bola

 

B. Materi Ajar :

Tabung, Kerucut, Bola

1.  Pengertian tabung, kerucut dan bola

2. Membedakan ketiga bangun tersebut berdasarkan definisi dan unsur-unsur dari masing-masing bangun tersebut.

 

C. Metode dan Metode Pembelajaran: 

Model Pembelajaran : langsung dan kooperatif

Metode Pembelajaran : investigasi kelompok, diskusi kelompok dan tanya jawab.

 

D. Langkah-langkah Kegiatan :

 

Pertemuan pertama (Waktu : 2 x 40’)

 

Pendahuluan :

 

a. Apersepsi : 

Mengaitkan materi dengan keadaan sekitar tentang benda-benda yang berbentuk tabung, kerucut atau bola melalui contoh misalkan tempat pensil yang berbentuk tabung ,penghapus pensil yang berbentuk bola dan terompet yang berbentuk kerucut.

b. Menyampaikan tujuan pertamuan ini:

1. Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut dan bola 

2. Siswa dapat membedakan antara tabung, kerucut dan bola

3. Siswa dapat menggambarkan jaring-jaring tabung, kerucut dan bola

c. Motivasi: 

Menghubungkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari dan apabila terjadi permasalahan mengenai bangun ruang tersebut maka akan dapat membantu siswa untuk menyelesaikan nya.

 

Kegiatan Inti:

 

a. Eksplorasi, dalam kegiatan eksplorasi, guru :

1. Memberikan permasalahan kepada siswa berupa suatu permasalahan yang terdapat di lingkungan sekitar nya yang berhubungan dengan materi ajar. Contoh siswa disuruh mengamati bangun-bangun yang berbentuk tabung, kerucut atau bola di sekeliling mereka seperti tempat pensil yang berbentuk tabung, penghapus pensil yang berbentuk bola dan terompet yang berbentuk kerucut serta menanyakan kepada siswa apa perbedaan dari kedua bangun tersebut.

2. Meminta siswa untuk mencermati unsur-unsur yang terdapat pada ketiga bangun ruang tersebut.

3. Memberika materi yang akan dipelajari berasal dari permasalahan yang real dan belajar dari aneka sumber.

4. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran dan sumber belajar lain.

5. Memfasilitasi dan mengarahkan agar terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

6. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

 

b. Elaborasi, dalam kegiatan elaborasi, guru :

1. Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas berupa lembar kerja siswa yang dikerjakan secara diskusi kelompok untuk memunculkan gagasan baru secara lisan,

2. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.

3. Memfasilitasi peserta didik membuat lapaoran eksplorasi secara berkelompok.

4. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja dari lembar kerja siswa berbentuk tertulis yang telah diberikan secara kelompok,

5. Beberapa kelompok mempresentasikan hasil kerja eksplorasi dan elaborasi mereka sedangkan kelompok yang lain memberikan tanggapan atas jawaban dari kelompok yang mempresentasikan hasil kerjanya.

 

c. Konfirmasi, dalam kegiatan konfirmasi, guru :

1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan dan tulisan terhadap keberhasilan peserta didik,

2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik.

3. Memfasilisati peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman relajar yang telah dilakukan

4. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar.

 

Kegiatan Akhir

Dalam kegiatan penutup, guru :

a. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau peserta didik sendiri membuat rangkuman/ simpulan pelajaran,

b. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara consisten dan terprogram.

c. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran

d. Memberikan tugas (PR) individual kepada peserta didik tang terdapat didalam buku dan/atau dibuat oleh gurunya sendiri.

 

E. Alat dan Sumber Belajar

Lingkungan sekitar, Buku paket, alat peraga berbentuk tabung, kerucut dan bola, penggaris, jangka serta sumber lain yang relevan.

 

F. Penilaian

Teknik: Tes lisan dan tes tertulis

Instrumen: Tes Uraian

Contoh Instrumen:

 

1. Amati gambar berikut.

    

        A                   B                C

Apa nama dari ketiga bangun diatas??

 

2. Tuliskan dan tunjukkan unsur-unsur yang ada pada gambar nomor 1?

 

3. Tuliskan apa saja perbedaan dari ketiga bangun datar yang ada pada soal nomor 1 ?

 



PDF | DOC | DOCX


Komentar:


belum ada komentar...


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion