Macam-Macam Mie Dari Berbagai Daerah di Indonesia

Kategori: Sekilas Info
Diposting oleh dindajulita pada Sabtu, 15 Mei 2010
[1927 Dibaca] [2 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

Tidak salah jika kita menyebut mie sebagai makanan khas Indonesia. Di Jakarta Food and Fashion Festival yang digelar dari tanggal 12-23 Mei di Kelapa Gading, ada sederetan gerai mie dari berbagai daerah di seluruh nusantara.

Meski bahan utamanya sama, namun bumbu dan lauk yang digunakan berbeda-beda, sesuai dengan makanan khas tiap daerah. Yuk melihat apa saja jenis bakmie yang membentang dari Sabang sampai Merauke plus keunikan tiap mie!

1. Mie Aceh

Seperti makanan dari daerah Melayu, Mie Aceh banyak menggunakan rempah dan cabai. Mie Hokkien yang digunakan, dicampur dengan kuah mirip bumbu rendang, menjadikan sajian mie berkuah kental kemerahan.

2. Mie Palembang

Mie khas daerah Sumatera Selatan dinamai mie celor, yaitu mie yang dicelor (diaduk) dengan taoge, plus saus campuran udang dan kelapa dan disajikan dengan telur, udang, serta bawang.

3. Mie Bangka

Keistimewaan mie Bangka adalah penggunaan banyak toge, dan tahu kok, sejenis baso tahu khas daerah Bangka. Hampir mirip dengan Mie Bangka adalah Mie Belitung. Namun Mie Belitung menggunakan udang daripada irisan daging ikan.

4. Mie Jawa

Mie Jawa adalah mie telur yang direbus dengan kuah kaldu ayam, dicampur dengan kol dan telur. Bentuk lain dari mie Jawa kuah adalah mie Jawa goreng, dimana mie akan ditumis dengan bawang putih dan bumbu lain sebelum disiram kuah kaldu.

5. Mie Jakarta

Mie Jakarta lebih sering dikenal sebagai mie juhi. Seperti namanya, mie telur yang telah direbus disajikan dengan potongan juhi, kol, risol, tomat serta disiram kuah.

6. Mie Cakalang

Manado terkenal dengan makanan hasil lautnya. Tak heran menu mie dari daerah ini pun punya ciri khas sajian ikannya, yaitu ikan cakalang. Hidangan mie yang telah dimasak dengan tuna akan disajikan dengan kuah dan dibubuhi abon cakalang. Jangan lupa, agar rasanya semakin ‘Manado’, mie dimakan dengan sambel super pedas, yaitu lombok hijau yang dicampur dengan cuka, air dan garam.

7. Mie Kering Makasar

Meski disebut mie kering, hidangan dari Makassar ini tetap disajikan dengan kuah. Resep mie kering terinspirasi menu I Fu Mie ala Tionghoa, dimana mie kecil akan dipanggang dulu hingga kering lalu disiram dengan kuah kental berisi sayuran dan daging.

Tentu saja masih banyak lagi jenis mie-mie lain dari seluruh nusantara yang belum didaftar disini. Mungkin Anda mau berbagi resep mie dari daerah Anda?


sumber :

http://id.yseablog.com/2010/05/lain-daerah-lain-mie-nya/?cid=idtd



PDF | DOC | DOCX


Komentar:

31 Mei 2010 pukul 19:39 WIB
jeje mengatakan...
#liana : OK sist.. ditunggu ya... tp kalo pake timun tahu mie basah,, tu kayak "rujak mie" kalo di palembang,, makannya pake cuka pempek gitu.. ga kalah ajib dah.. ehhehehhee

31 Mei 2010 pukul 12:20 WIB
liana mengatakan...
sist resepnya gak di posting juga...sist klo punya resep bakmie belitung yg isinya ada udang n timun tahu mie basah gitu...tolong donk sist bagi2 ke saya...^_^ di tunggu ya sist...??


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail (tidak dipublikasikan)
http:// Website, Blog, Facebook, dll

(wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion