Profil Prof dr K M Arsyad DABK SpAnd

 

Sumatera Selatan patut berbangga karena mempunyai dokter spesialis andrologi. Sayangnya, cuma satu orang, yakni Prof dr K M Arsyad DABK SpAnd. Bagaimana kiprahnya?gaya bicaranya bertutur dan apa adanya. Jika Anda bertemu pertama kali dengan pria yang akrab disapa Prof Arsyad itu, kesan yang muncul, ia pria pendiam. Tapi, tunggu dulu. Kalau sudah berbincang dengannya tak perlu berlama-lama menyesuaikan diri. Orangnya cepat akrab dengan siapa pun.

"Di Sumatera hanya ada tiga dokter spesialis andrologi, satu Medan, satu di Padang, dan di Sumsel saya. Jadi, barang langka," katanya tersenyum. Barangkali lantaran langkah tadi, Prof Arsyad sudah dua periode dipercaya menjabat ketua Persandi (Perhimpunan Dokter Spesialis Andrologi Indonesia). Yakni periode 2005-2009 dan periode 2009-2013.

Sumsel masuk dalam wilayah I penyebaran spesialis andrologi bersama Medan dan Padang. Wilayah II yakni Jakarta dan Jawa Barat, wilayah III, Jawa Tengah. Kemudian wilayah IV Jawa Timur, wilayah V Bali, kemudian wilayah VI Sulawesi dan terakhir wilayah VII yakni Sulawesi Utara hingga Papua.

Dibincangi kemarin (26/2) di Hotel Novotel Palembang, Prof Arsyad bercerita banyak seputar kasus infertilitas di Sumsel. Dijelaskannya, andrologi merupakan salah satu cabang ilmu kedokteran yang membahas fungsi dan kesehatan reproduksi pada pria, baik normal maupun tidak normal.

"Permasalahan fertilitas atau kesuburan di Indonesia sangat banyak terjadi, termasuk di Sumsel," ungkapnya. Dari pihak pria yang mengalami permasalahan kesuburan sekitar 30 persen, sedang pihak perempuan juga sekitar 30 persen. Sisanya 40 persen adalah permasalahan yang terjadi pada pasangan.

Nah, masalah pada pasangan itu dapat diatasi secara bersama-sama. Mulai dari mengatur pola hidup, makan, menjaga kesehatan, istirahat cukup dan sebagainya. Kasus infertilitas ini kebanyakan terjadi pada usia produktif, 25-35 tahun. "Kemudian ketika usia bertambah, masalah itu akan semakin bertambah pula," kata pria kelahiran Palembang, 2 Juni 1948 itu, ramah.

Khusus di Sumsel, masyarakatnya masih malu untuk berkonsultasi terhadap permasalahan sistem reproduksi itu. "Malah cenderung untuk menyembunyikan permasalahan seks," cetusnya. Bahkan, banyak pria mengonsultasikan keluhan mereka kepada ‘orang pintar`.

Seiring perkembangan zaman dan wawasan, mulai banyak yang berkonsultasi gangguan alat reproduksi dan infertilitas. "Pasiennya bervariasi, dari berbagai kalangan," katanya. Untuk biaya konsultasi, ia hanya menarik Rp100 ribu per pasien. Lamanya sekitar setengah satu jam, tidak di tempat praktik, tapi di kantornya.

Biaya tersebut, kata Prof Arsyad tidak sebanding bila disamakan dengan standar Australia, di mana jasa konsultasi saja mencapai US$ 25. "Banyak hal sebetulnya yang menyebabkan terjadinya infertilitas."

Varikokel merupakan salah satu penyebab utama kemandulan pada pria. Varikokel disebabkan pelebaran vena-vena pada saluran sperma sehingga menyebabkan gangguan sirkulasi darah testis dan menghangatkan suhu testis.

Penyebab kedua akibat rokok. Berdasar hasil riset, rokok dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma sehingga menjadi sangat rendah. Selain sedikit, sperma yang dihasilkan pergerakannya sangat lambat. Lalu, akibat mengonsumsi narkoba. Zat kimia yang terdapat dalam obat tersebut memengaruhi kualitas sperma.

Selain itu, karena olahraga yang salah dan karena stres yang menyebabkan gangguan metabolisme tubuh yang selanjutnya akan berpengaruh pada seluruh organ tubuh termasuk testis.

Katanya, penggunaan celana dalam yang sangat ketat dan dengan warna yang terang dapat memengaruhi tingkat kesuburan pria. Bahkan kemandulan dalam jangka waktu yang panjang. Hal tersebut juga berlaku bagi wanita, bila pemakaian celana dalam yang ketat, maka suhu akan panas dan dapat menyebabkan timbulnya kuman.

"Juga harus dirawat kebersihannya, kemudian pemakaian softek juga harus diganti secara teratur," beber pria lulusan Unsri, Unair dan Monash University itu. Ia mengatakan, Sumsel akan punya laboratorium infertilitas. Rencana pengadaannya di RSMH tahun ini. Wajib ada karena RSMH telah manjadi RS dengan tipe A. Saat ini, penyelenggara pendidikan spesialis andrologi satu-satunya di Indonesia adalah Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

 

 

 

DOWNLOAD

 



PDF | DOC | DOCX

Komentar

 

14 Januari 2011 pukul 06:30 WIB
Miko mengatakan...
Prof. Arsyad praktek di Klinik dr. Moh. Ali di Jalan Jend. Sudirman, kalo dari arah ampera, sebelum simp. 4 charitas, hari senin, rabu, jumat jam 5 sore, di rumah, jalan kenten permai blok J 5( kl tdh slh) jam 7 pagi (tlp 0711810156).

22 September 2010 pukul 19:30 WIB
Erwin mengatakan...
BOleh dapet info kalo spesialis Andrologi di medan di mana? prakternya jam berapa??

19 Juli 2010 pukul 14:37 WIB
elman mengatakan...
alamat prakteknya dimana ???

13 Juli 2010 pukul 19:24 WIB
Naryo mengatakan...
BOleh dapet info kalo spesialis Andrologi di medan di mana? prakternya jam berapa??

11 Juni 2010 pukul 22:20 WIB
dani mengatakan...
mau tanya prakter dokter arsyad di RSMH jam berapa.tks

07 Juni 2010 pukul 10:28 WIB
kartoni mengatakan...
dimana alamat praktek dokter andrologi di palembang? jam berapa? hari apa? atau nomor yang bisa dihubungi?

31 Mei 2010 pukul 21:00 WIB
dear mengatakan...
@ zulchaidir sidik seingat saya dulunya beliau juga buka praktek dokter bersama. kalo arah menuju km.12, letaknya sebelum jembatan penyeberangan di simpang RS.Charitas (di dekat rumah makan pagi sore)

31 Mei 2010 pukul 14:46 WIB
zulchaidir sidik mengatakan...
dimana tempat praktek prof.dr.KM Arsyad DABK SpAnd, selain di RS MH Palembang? Setiap Hari apa? Jam Berapa? Ada nomor yg bisa dihubungi ga? Karna tempat saya jauh dari Palembang n saya Ingin berobat

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion

MOHON DI KLIK