RPP IPS SMALB

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami kondisi geografis permasalahan kependudukan

  dan lingkungan hidup di Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan

 

KOMPETENSI DASAR      : Mendeskripsikan permasalahan kependudukan di Indonesia

 

INDIKATOR                      :

1.     Siswa dapat menyebutkan masalah penduduk di Indonesia

2.     Siswa dapat menyebutkan usaha mengatasinya

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN :  Agar siswa memahami tentang upaya penanggulangan masalah kependudukan di Indonesia

II MATERI PEMBELAJARAN     : Upaya penanggulangan masalah kependudukan di Indonesia;

-        transmigrasi

-        meningkatkan pendidikandan kesehatan

-        meratakan pembangunan di seluruh Indonesia

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                      Tanya Jawab

                                                      Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi tentang kondisi warga di tempat tinggalnya

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menerangkan tentang upaya penangulangan masalah penduduk di Indonesia

-        Siswa memperhatikan dan mendengarakan tentang penanggulangan masalah penduduk di Indonesia

-        Guru berdiskusi dan tanya jawab tentang penanggulangan masalah penduduk di Indonesia

 

 

 

 

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional,  PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                  : Objektif

B.    BENTUK                 : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

1.     Sebutkanlah satu masalah penduduk di Indonesia?

2.     Sebutkanlah cara mengatasi masalah penduduk di Indonesia?

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

                Jumingan, S.Pd                                                        Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

                NIP.196512031991031005                                    NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami kondisi geografis permasalahan kependudukan

  dan lingkungan hidup di Indonesia dalam pembangunan berkelanjutan

 

KOMPETENSI DASAR      : Mendeskripsikan upaya penanggulangan permasalahan

  kependudukan di Indonesia

 

INDIKATOR                     : Siswa dapat menyebutkan upaya penanggulangannya    

                                      permasalahan kependudukan di Indonesia

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN        : Penjelasan tentang upaya penanggulangan masalah penduduk di 

                                              Indonesia

 

II MATERI PEMBELAJARAN       : Masalah penduduk Indonesia;

-        Masalah pertumbuhan yang tinggi

-        Masalah angka kematian yang tinggi

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                      Tanya Jawab

                                                      Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:           

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi tentang jumlah anggota keluarga

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menerangkan tentang masalah penduduk di Indonesia

-        Siswa mendengarkan sekaligus memperhatikan tentang masalah penduduk Indonesia

-        Guru berdiskusi dan tanya jawab tentang masalah penduduk Indonesia

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK             : Objektif

B.    BENTUK            : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

Sebutkanlah dua upaya penanggulangan masalah kependududkan di Indonesia?

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

                Jumingan, S.Pd                                                        Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

                NIP.196512031991031005                                    NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 



 

 

 

 

 







PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami bentuk-bentuk hubungan antar kelompok siswa

 

 

KOMPETENSI DASAR      : Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan

 

INDIKATOR                      : Siswa dapat menyebutkan pranata sosial dalam kehidupan

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN      : Agar siswa dapat memahami pranata sosial dalam kehidupan          

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN       : Pranata sosial;

-        Peran dan fungsi pranata sosial

-        Ciri pranata sosial

-        Klasifikasi pranata sosial

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                      Tanya Jawab

                                                      Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

 Apersepsi tentang kondisi di sekitar lingkungan tempat tinggal

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

-        Siswa mendengarkan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat

-        Siswa dan guru berdiskusi tentang apa saja yang terdapat dalam pranata sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

       Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK             : Objektif

B.    BENTUK            : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

Sebutkanlah tiga contoh pranata sosial ?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                      NIP.197208112006041007

 














PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI         : Mengenali pelaku-pelaku ekonomi dan kegiatan ekonomi

  masyarakat

 

KOMPETENSI DASAR              : Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja sebagai sumber

  daya alam kegiatan ekonomi

 

INDIKATOR                      : -    Siswa dapat menyebutkan masalah angkatan kerja  

-      Siswa dapat menyebutkan tenaga kerja sebagai Sumber Daya  Alam

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   : Agar siswa dapat memahami masalah angkatan kerja dan 

                                                    tenaga kerja sebagai Sumber Daya Alam         

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    : Masalah angkatan kerja;

-        Masalah dibidang ekonomi

-        Masalah dibidang non ekonomi

         Angkatan kerja terdiri dari;

-        Golongan yang bekerja

-        Golongan pengangguran

-        Dll

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, siswa diajak mendengarkan cerita seorang pengangguran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang masalah angkatan kerja dan angkatan kerja sebagai sumber daya alam

-        Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang masalah angkatan kerja

-        Siswa dan guru melakukan tanya jawab dan diskusi tentang angkatan kerja dan tenaga yang meenuju sumber daya alam

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                  : Objektif

B.    BENTUK                 : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

Sebutkanlah beberapa masalah angkatan kerja ?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                     NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI         : Mengenali pelaku-pelaku ekonomi dan kegiatan ekonomi

  masyarakat

 

KOMPETENSI DASAR              : Mendeskripsikan dalam upaya penanggulangan angkatan kerja dan tenaga kerja

 

INDIKATOR                       : Siswa dapat menyebutkan upaya penanggulangan angkatan    

  kerja dan tenaga kerja  

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   : Agar siswa dapat memahami tentang masalah angkatan  

                                                    Kerja dan tenaga kerja         

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    : Upaya penanggulangan angkatan kerja dan tenaga kerja;

-        Peningkatan mutu tenaga kerja

-        Pengadaan perangkat hukum

-        Pengeluaran pemerintah untuk pembangunan

-        Program transmigrasi

-        Program padat karya

-        UMP

-        dll

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang seorang yang bekerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang upaya penanggulangan angkatan kerja dan tenaga kerja

-        Siswa dapat memperhatikan penjelasan guru tentang upaya penanggulangan tenaga kerja

-        Siswa dan guru berdiskusi tentang upaya penanggulangannya

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

-         

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                  : Objektif

B.    BENTUK                 : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

Sebutkanlah dua macam upaya penanggulangan angkatan kerja?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                     NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI : Memahami kondisi fisik dan manusia di negara  maju dan berkembang

 

KOMPETENSI DASAR    : Mendeskripsikan kembali pola muka bumi atau benua dan samudera

 

INDIKATOR                       : -  Siswa dapat menyebutkan pembagian muka bumi

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   : Agar siswa dapat memahami bagian-bagian dari muka bumi secara sederhana         

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    : Bagian-bagian muka bumi;

-        Bumi bulat

-        Inti bumi

-        Selubung bumi

-        Kerak bumi

 

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang kejadian-kejadian alam di bumi

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang pembagian bumi

-        Siswa memperhatikanpembagian muka bumi  

-        Siswa dan guru melakaukan tanya jawab tentang bagian-bagian muka bumi dengan bantuan alat peraga

 

 

 

 

 

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara, dan alat peraga berupa Globe serta bagian-bagian bumi

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                  : Objektif

B.    BENTUK                 : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

1.     Sebutkanlah bagian-bagian dari muka bumi?

 

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 

                                                                            

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : X (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI         : Memahami sebab akibat perang dunia I dan II di Indonesia serta

  usaha persiapan kemerdekaan

 

KOMPETENSI DASAR              : Mengidentifikasi hubungan sebab akibat perang dunia I dengan  

  keadaan politik dan ekonomi Indonesia

 

INDIKATOR                       : -  Siswa dapat menyebutkan sebab akibat perang dunia I  

-        Siswa dapat menyebutkan keadaan politik ekonomi Indonesia

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   : Agar siswa dapat memahami tentang sebab akibat perang dunia I dan keadaan politik ekonomi Indonesia         

                                                            

II MATERI PEMBELAJARAN    : Perang dunia I;

-        Perang balas dendam Prancis terhadap jerman karena dipermalukan dalam kekalahannya dalam perang 1870 – 1871, persaingan aliansi keadaan politik di Indonesia sangat prihatin begitu juga ekonomi

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang awal terjadinya perperangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang sebab akibat perang dunia I dan keadaan politik Indonesia

-        Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang akibat perang dunia I dan kondisi politik ekonomi 

-        Siswa dan guru melakaukan tanya jawab tentang sebab akibat perang dunia I

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas X oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK             : Objektif

B.    BENTUK            : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

1       Sebutkanlah sebab-sebab Perang dunia I?

2       Sebutkanlah akibat dari Perang dunia I?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

                                                                                                                

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XI (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI            : Memahami perilaku masyarakat dalam menyikapi

                                                    Perubahan sosial budaya

 

KOMPETENSI DASAR       : Mengidentifikasi perubahan sosial budaya pada masyarakat

 

INDIKATOR                     : Siswa dapat menyebutkan dua macam perubahan sosial budaya pada masyarakat

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   : Agar siswa dapat memahami tperubahan-perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat secara sederhana         

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    : Perubahan-perubahan sosial budaya pada masyarakat;

-        Aspek kehidupan

-        Aspek sosial

-        Aspek geografis

-        Aspek struktur masyarakat

Contoh; perlengkapan hidup, mata pencaharian, bahasa, seni dll.

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang macam-macam kebutuhan hidup

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang perubahan sosial budaya pada masyarakat

-        Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang perubahan sosial budaya pada masyarakat

-        Siswa dan guru berdiskusi tentang perubahan sosial budaya pada masyarakat

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas XI oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK             : Objektif

B.    BENTUK            : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

Sebutkanlah dua macam perubahan sosial pada masyarakat!

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XI (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI            : Memahami perilaku masyarakat dalam menyikapi

                                                    Perubahan sosial budaya

 

KOMPETENSI DASAR       : Mendeskripsikan faktor-faktor perubahan sosial budaya

 

INDIKATOR                     :

 -  Siswa dapat menyebutkan dua faktor perubahan sosial budaya

 -  Siswa dapat menyebutkan dua penyebab perubahan sosial budaya

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   : Agar siswa dapat memahami faaktor dan penyebab terjadinya perubahan sosial secara sederhana         

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    : Faktor perubahan sosial budaya;

-        Penemuan baru/budaya baru

-        Perubahan jumlah penduduk

-        Konflik

-        Revolusi

-        Sistem terbuka

-        Akulturasi, asimilasi

Penyebabnya dari dalam dan luar

.

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang macam-macam perubahan sosial

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang faktor penyebab terjadinya perubahan sosial budaya

-        Siswa memperhatikan dan memperhatikan penjelasan guru tentang faktor penyebab sosial budaya  

-        Siswa dan guru secara bersama tanya jawab dan berdiskusi tentang masalah diatas

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas XI oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                            : Objektif

B.    BENTUK                           : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

Sebutkanlah dua faktor perubahan sosial budaya?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XI (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami perilaku masyarakat dalam menyikapi

                                          Perubahan sosial budaya

 

KOMPETENSI DASAR    :   Mengidentifikasi perilaku masyarakat dalam menyikapi     perubahan sosial

 

INDIKATOR                     :

 -  Siswa dapat menyebutkan dua macam perilaku yang ada dalam perubahan sosial budaya

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   :

-        Agar siswa dapat memahami perilaku yang negatif oleh perubahan sosial budaya dan mampu menelaah secara sederhana  

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    :

Perilaku masyarakat olah perubahan sossial budaya yang positif dan negatif;

-        Aksi protes

-        Demonstrasi

-        Kenakalan remaja

-        Kriminalitas, gerakan sosial

-        Pengaruh positif budaya barat

-        Membentengi diri dengan ilmu agama, dll

.

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, pemberian contoh tentang pengaruh positif dan negatif perilaku dalam masyarakat

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang perilaku perubahan sosial budaya pada masyarakat

-        Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang perilaku sosial 

-        Siswa dan guru secara bersama tanya jawab dan berdiskusi tentang perilaku menyimpang

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas XI oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                            : Objektif

B.    BENTUK                           : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

Sebutkanlah dua perilaku dalam perubahan sosiall budaya?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XI (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami perilaku masyarakat dalam menyikapi

                                          Perubahan sosial budaya

 

KOMPETENSI DASAR    :   Mendeskripsikan faktor-faktor perubahan sosial budaya

 

INDIKATOR                     :

 -  Siswa dapat menyebutkan faktor perubahan sosial budaya

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   :

-        Agar siswa dapat memahami faktor perubahan sosial budaya secara sederhana dan dapat mempelajari dilingkungannya

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    :

Faktor-faktor perubahan sosial budaya;

Faktor dari dalam masyarakat;

-        Perubahanan penduduk

-        Revolusi

-        Penemuan baru

 Faktor dari luar masyarakat;

-        Pengaruh lingkungan alam

-        Kebudayaan lain

-        Peperangan, dll.

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang keadaan masyarakat di sekitarnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat umumnya

-        Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat

-        Siswa dan guru berdiskusi tentang faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas XI oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                       : Objektif

B.    BENTUK                      : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

Sebutkanlah dua faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XII (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami kondisi fisik di negara maju dan berkembang

 

KOMPETENSI DASAR    :   Mengindentifikasi kondisi fisik dan manusia di negara berkembang

 

INDIKATOR                     :

 -  Siswa dapat menyebutkan kondisi fisik di negara berkembang

-   Siswa dapat menyebutkan kondisi manusia di negara berkembang

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   :

-        Agar siswa dapat memahami kondisi fisik dan manusia di negara berkembang secara sederhana

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    :

Kondisi fisik dan manusia di negara berkembang ;

-        Letak Indonesia 60 LU – 110 LS dan 950 BT – 1410 BI

-        Letak Indonesia diapit oleh 2 benua Asia dan Australia

-        Indonesia terletak antara dua rangkaian pegunungan besar dunia

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang letak suatu daerah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat umumnya

-        Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat

-        Siswa dan guru berdiskusi tentang faktor perubahan sosial budaya pada masyarakat

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas XII oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                            : Objektif

B.    BENTUK                           : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN :

Sebutkanlah satu kondisi letak secara fisik negara berkembang?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

                      

 

 

 

 

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XII (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami kondisi fisik di negara maju dan berkembang

 

KOMPETENSI DASAR    :   Mengindentifikasi kondisi fisik dan manusia di negara maju

 

INDIKATOR                     :

 -  Siswa dapat menyebutkan kondisi fisik di negara maju

-   Siswa dapat menyebutkan kondisi manusia di negara maju

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   :

-        Agar siswa dapat memahami kondisi fisik dan manusia di negara maju secara sederhana

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    :

Kondisi fisik dan manusia di negara maju ;

-        Letak secara astronomis

-        Letak secara geografis

Kondisi manusia di negara maju

-        Tingkat kesejahteraan dan kemakmuran  tinggi

-        Tingkat pendidikan tinggi

-        Perkembangan IPTEK sangat cepat

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, bercerita tentang kemakmuran suatu negara maju

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang kondisi fisik dan manusia di negara maju

-        Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang kondisi fisik dan manusia di negara maju

-        Siswa dan guru berdiskusi serta tanya jawab tentang kondisi fisik manusia di negara maju

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

         Buku IPS kelas XII oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                       : Objektif

B.    BENTUK                      : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

Sebutkanlah satu kondisi letak secara fisik negara berkembang?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                         Dan Ahmad Lubias, S.Pd  

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

 

                                                                             

 

 

 

PEMERINTAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

DINAS PENDIDIKAN

SLB-B NEGERI PEMBINA TINGKAT PROVINSI SUMATERA SELATAN

Jalan Kebun Bunga KM 9,5 Sukarame Palembang 30125 Telp. 0711-414318

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

 

NAMA SEKOLAH              : SLB-B NEGERI PEMBINA PALEMBANG

 

MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

 

KELAS / SEMESTER        : XII (SMALB-B) / 1

 

ALOKASI WAKTU             : 1 X PERTEMUAN

 

STANDAR KOMPETENSI  : Memahami perilaku masyarakat dalam menyikapi

                                          Perubahan sosial budaya

 

KOMPETENSI DASAR    :   Mengidentifikasi perilaku masyarakat dalam   perubahan sosial

 

INDIKATOR                     :

 -  Siswa dapat menyebutkan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya

 

 

I  TUJUAN PEMBELAJARAN   :

-        Agar siswa dapat memahami perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya secara sederhana dalam kehidupan  

                                                           

II MATERI PEMBELAJARAN    :

Perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya yang positif dan negatif;

-        Aksi protes

-        Demonstrasi

-        Kenakalan remaja

-        Kriminalitas, gerakan sosial

-        Pergolakan daerah

-        Pengaruh positif, agama, budaya sendiri, dll

.

 

III METODE PEMBELAJARAN     :  Ceramah

                                                     Tanya Jawab

                                                     Diskusi

 

IV LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN:

 

A.    KEGIATAN AWAL;

Apersepsi, pengenalan perilaku masyarakat dalam kehidupan masyarakat

 

 

 

 

 

 

B.    KEGIATAN INTI;

-        Guru menjelaskan tentang perilaku perubahan sosial budaya pada masyarakat

-        Siswa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan guru tentang perilaku sosial budaya      

-        Siswa dan guru secara bersama tanya jawab dan berdiskusi tentang perilaku masyarakat dalam sosial maupun budaya

 

C.    KEGIATAN AKHIR;

-        Evaluasi akhir pelajaran

-        Menyimpulkan

-        Berdo’a menutup pelajaran

 

D.    ALAT DAN SUMBER BELAJAR;

             Buku IPS kelas XII oleh, Departemen Pendidikan Nasional PT. Intan Pariwara

 

 

VI PENILAIAN         :

A.    TEKNIK                       : Objektif

B.    BENTUK                      : Tulisan / Lisan

C.    SOAL INSTRUMEN      :

Sebutkanlah dua perilaku masyarakat dalam perubahan sosial budaya?

 

 

 

 

Palembang,    Juni 2010

Mengetahui;                                                         Guru Bidang studi IPS,

Kepala Sekolah,

 

 

 

 

               Jumingan, S.Pd                                                          Dan Ahmad Lubias, S.Pd

               NIP.196512031991031005                                        NIP.197208112006041007

 

 

 

                                                                                               


Komentar:

21 November 2011 pukul 07:24 WIB
Jufry umboh, S.Pd mengatakan...
Terimah kasih boleh saya minta mohon dimuat SILABUS-nya

30 September 2011 pukul 14:34 WIB
Jufry umboh mengatakan...
terimakasih pak semoga sukses


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail (tidak dipublikasikan)
http:// Website, Blog, Facebook, dll

(wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion