Perkembangan Individu

 

 

TUGAS MATRIKULASI PSIKOLOGI

TENTANG

TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN INDIVIDU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

 

 

1.   DAN AHMAD LUBIAS

                                       NIM. 20102513006

 

2.   HIRZATI YUSRO

NIM. 20102513010

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

2010

 

PERKEMBANGAN INDIVIDU

DAN TAHAP-TAHAP PERKEMBANGANNYA

 

 

A.      PENDAHULUAN

           

Manusia adalah merupakan individu yang sangat kompleks dalam arti memandang nya dari berbagai aspek, kita tidak bisa memandang individu tersebut hanya dari satu sisi saja, aspek-aspek tersebut misalnya jasmaniah maupun rohaniah, pribadi maupun sosial, ataupun pertumbuhan maupun perkembangan dan sebagainya. Mengenai istilah Pertumbuhan dan Perkembangan sepertinya ada kesamaan namun bisa dibedakan, dalam makalah ini penulis membahas tentang Perkembangan serta tahap-tahapnya dan membatasi pembahasannya

            Dalam kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Perkembangan adalah perihal berkembang, mekar, terbuka membentang, menjadi besar, luas, banyak dan sebagainya. Perkembangan berarti perubahan secara kualitatif, ini berarti bahwa perkembangan bukan sekedar penambahan tiap senti pada tinggi badan seseorang atau kemampuan seseorang melainkan suatu proses integrasi dari banyak struktur dan fungsi yang kompleks.

            Perkembangan menurut istilah adalah development, yang merupakan rangkaian yang bersifat progresif dan teratur dari fungsi jasmaniah dan rohaniah sebagai akibat pengaruh kerjasama antara  kematangan (maturation) dan pelajaran (learning).

            Perkembangan (development) adalah suatu proses tahapan pertumbuhan kearah yang lebih maju. Perkembangan melibatkan proses perubahan kualitatif yang mengacu pada mutu fungsi-fungsi organ jasmaniah, dengan kata lain penekanan arti perkembangan itu terletak pada penyempurnaan fungsi psikologis yang disandang oleh organ-organ fisik. Dibawah ini merupakan aspek-aspek dari perkembangan antara lain:

 

Aspek Pertumbuhan

Aspek Perkembangan

-        Fisik (Jasmaniah)

-        Kelenjar-kelenjar

-        Otak

-        Dan lain-lain

-        Perilaku seksual

-        Sikap

-        Perasaan

-        Motivasi

-        Sosial

-        Moral

-        Dan lain-lain

 

 

 

            Menurut Ellizabeth B. Hurlock ada 11 rentangan kehidupan manusia antara lain:

1.     Fase Prenatal                    (saat konsepsi)

2.     Fase Neonatus                 (ketika lahir sampai minggu ke2)

3.     Fase Bayi                           (akhir minggu ke2 sampai akhir tahun ke2)

4.     Fase Kanak-kanak Awal   (2 – 6 tahun)

5.     Fase Kanak-kanak Akhir   (6 – 10/11 tahun)

6.     Fase Pubertas                   (10/12 – 13/14 tahun)

7.     Fase Remaja Awal                        (13/14 -17 tahun)

8.     Fase Renaja Akhir            (17 – 21 tahun)

9.     Fase Dewasa Awal                        (21 – 40 tahun)

10.  Fase Setengah Baya         (40 – 60 tahun)

11.  Fase Tua                           (60 – meninggal dunia)

 

Masing-masing fase tersebut berbeda tugas-tugas perkembangannya satu sama lain, tergantung dari kondisi, lingkungan dan kematangan individu. Tugas-tugas perkembangan individusanaagat berfaedah sekali bagi kita terutama bagi pendidik dalam menghadapi masa peka anak (the teachable moment). Adapun sumber daripada tugas-tugas perkembangan meliputi;

1.     Kematangan Jasmaniah

2.     Tugas-tugas yang berasal dari tekanan budaya dari masyarakat

3.     Nilai-nilai pribadi dan cita-cita seseorang

 

 

 

B.     TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN INDIVIDU

 

Selanjutnya perkembangan manusia melewati banyak tahapan, Adapun tahapan-tahapan tersebut antara lain:

 

1.     Tahap Sebelum lahir;

Tahap sebelum lahir dimulai pada masa konsepsi sampai proses kelahiran, yaitu sekitar 9 bulan sampai 280 hari.

 

2.     Tahap Lahir;

Tahap ini merupakan permulaan eksistensi manusia sebagai individu. Masa ini dimulai dari kelahiran dan berakhir pada saat bayi menjelang dua minggu, pada masa ini sering disebut dengan masa orok. Walaupun singkat, masa ini pada umumnya dibagi menjadi dua periode , Periode portunate dan periode neonate.

 

3.     Tahap Dua Tahun Pertama;

Masa baayi berlangsung dua tahun pertama setelah periode baru lahir dua minggu. Masa bayi adalah dasar kehidupan yang sesungguhnya karena pada saat ini banyak pola perilaku dan ekspresi emosi terbentuk. Masa bayi adalah masa perubahan berjalan cepat dan masa berkurangnya ketergantungan pada orang lain, seperti bayi duduk dan menggerakkan barang , ciri khas masa ini adalah anak memusatkan untuk mengenal lingkungannya, menguasai gerak fisik dan belajar berbicara.

 

4.     Tahap Anak-anak Awal;

Masa anak-anak awal ini berlangsung dua sampai enam tahun, disebut usia pra-sekolah. Pada awal masa anak-anak dianggap sebagai saat belajar untuk mencapai berbagai keterampilan, karena pada masa ini anak senang mengulang dan senang mencoba hal-hal yang baru.

 

5.     Tahap Anak-anak Akhir;

Akhir masa anak-anak yang berlangsung dari enam tahun sampai anak mencapai kematangan seksual , yaitu sekitar sebelas tahun bagi anak perempuan dan dua belas tahun bagi anak laki-laki, disebut sebagai usia sekolah dasar. Keterampilan pada akhir masa anak-anak digolongkan kedalam empat golongan besar, yaitu keterampilan menolong diri, menolong sosial dan keterampilan bermain.

 

6.     Tahap Remaja Awal;

Periode ini merupakan masa pertumbuhan dan perubahan yang pesat meskipun masa puber merupakan periode singkat yang bertumpang tindih dengan masa akhir anak-anak dan permulaan masa remaja. Kriteria yang paling sering digunakan untuk menentukan permulaan masa puber adalah haid yang pertama kali pada anak perempuan dan mimpi basah pada laki-laki. Ciri utama dalam tahap ini adalah bergejolaknya dorongan seksual.

 

 

7.     Tahap Remaja;

Masa remaja yang berlangsung saat individu menjadi matang secara seksual sampai usia delapan belas tahun usia kematangan yang resmi dibagi ke dalam masa awal remaja, yang berlangsung sampai usia tujuh belas tahun dan akhir dan akhir masa remaja yang berlangsung sampai usia kematangan resmi. Perubahan yang penting dalam masa ini meliputi meningkatnya pengaruh kelompok sebaya, pola perilaku sosial yang lebih matang dan nilai-nilai baru pemilihan teman dan pemimpin.

 

8.     Tahap Dewasa;

Masa dewasa ini adalah masa pencarian kemantapan yaitu masa yang penuh masalah dan ketegangan emosional, perubahan nilai dan penyesuaian diri pada pola hidup yang baru. Masa ini mulai umur delapan belas hingga lebih kurang empat puluh tahun.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber Pustaka:

 

1.     Pendidikan & Psikologi Perkembangan, oleh Prof. Dr. H. Baharuddin, M.Pd.I Tahun 2009

2.     Psikologi Remaja, oleh Drs. Andi Mappiare, Tahun 1982

3.     Perkembangan Peserta Didik, Prof. Dr. H. Sunarto dkk Tahun 1995

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TUGAS UJIAN AKHIR MATRIKULASI PSIKOLOGI

TENTANG

PSIKOLOGIS DAN HUBUNGANNYA DALAM PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

 

 

DAN AHMAD LUBIAS

NIM. 20102513006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

2010

 

 

 

 

TUGAS UJIAN AKHIR MATRIKULASI PSIKOLOGI

TENTANG

PSIKOLOGIS DAN HUBUNGANNYA DALAM PENDIDIKAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disusun oleh :

 

 

DAN AHMAD LUBIAS

NIM. 20102513006

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 PASCASARJANA UNIVERSITAS SRIWIJAYA

2010

 

 

 


Komentar:


belum ada komentar...


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail (tidak dipublikasikan)
http:// Website, Blog, Facebook, dll

(wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion