Knowledge & Global Warming Articles

Welcome

Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya

Tanda Kebahagiaan Pada Seseorang Hamba

Kategori: Tawadhu
Diposting oleh ahmad_sanmorino pada Selasa, 16 Maret 2010
[666 Dibaca] [1 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

Kebahagiaan dan kebinasaan seorang hamba adalah sesuatu yg sudah Allah Subhanahu wata’ala tetapkan. Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda,

Sesungguhnya Allah telah menentukan seluruh takdir makhluk lima ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi.” (HR. Muslim no. 2653 dari sahabat Abdullah bin ‘Amr bin Al-’Ash Radhiallahu‘anhuma)

Di antara ciri-ciri orang yang mendapatkan kebahagiaan


Dan tentunya kebahagaiaan yang utama, yang mulia, yang hakiki di sisi Allah Subhanahu wata’ala adalah surga. Dan dikatakan oleh para ulama bahwasanya kebahagiaan adalah pertolongan Allah Subhanahu wata’ala kepada seorang hamba untuk mendapatkan kebajikan. Allah Ta’ala berikan ia ilham dan taufik hingga ia meraih kebaikan demi kebaikan.

Disebutkan oleh Al Imam Ibnul Qayyim Al Jauziyah, di antara ciri-ciri orang yang mendapatkan kebahagiaan adalah:

1. Bahwasanya seorang hamba tatkala bertambah ilmunya maka bertambahlah tawadhu’ (rendah hatinya) dan bertambah pula kasih sayangnya.

Ketika seorang hamba diberi kebaikan demi kebaikan oleh Allah Ta’ala berupa ilmu, sebagaimana Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda :

Barangsiapa yang Allah inginkan untuk mendapatkan kebaikan, Allah faqihkan di dalam Agama.” (HR. Al-Imam Al-Bukhari no. 69, 2884, 6768 dan Muslim no. 1718, 1721 dari shahabat Mu’awiyah bin Abu Sufyan Radhiallahu ‘anhuma)

Allah Ta’ala beri dia kebaikan dan kemudahan dalam mencari ilmu dan mengamalkannya, maka semakin hari semakin bertambah ilmunya dan hapalannya dari Al Quran dan hapalan hadits semakin bertambah, maka tatkala itulah bertambah pula tawadhu’nya.

Sebagaimana ibarat padi semakin berisi semakin merendah, tidak seperti bunga yang semakin merekah justru semakin mendongak ke atas dan akhirnya tatkala tua ia menjadi layu ke bawah.

2. Tatkala bertambah amalannya, bertambahlah rasa takutnya kepada Allah Subhanahu wata’ala dan semakin berhati-hati.

Setiap hari semakin bertambah amalan ketaatan, baik amalan yang wajib maupun yang sunnah. Ibadah yang wajib senantiasa ia kerjakan dan ia menambah amalannya dengan ibadah sunnah sebagaimana dalam sebuah hadits qudsi,

"Dan tidak henti-hentinya mendekatkan diri dengan amalan-amalan sunnah, sehingga Aku mencintainya. Jika Aku mencintainya, maka Aku merupakan pendengaran yang ia gunakan, Aku merupakan penglihatan yang ia gunakan, Aku merupakan tangan yang ia gunakan untuk menyerang dan Aku merupakan kaki yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon kepada-Ku, niscaya Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan kepada-Ku niscaya aku melindunginya." (Shahih Bukhari no 6502 dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu)

Maka ketika bertambah amalan-amalannya ini justru ia semakin khawatir amalan ini tidak diterima Allah Ta’ala maka ia terus menambah amalannya dan berhati-hati.

3. Tatkala bertambah umurnya, maka semakin berkurang rasa tamaknya terhadap dunia.

Dalam sebuah hadits disebutkan,

"Dari Abu Abbas Sahl bin Sa’ad Assa’idi Radhiallahu’anhu dia berkata: Seseorang mendatangi Rasulullah Shallallahu‘alaihi wa sallam, maka beliau berkata : Wahai Rasulullah, tunjukkan kepadaku sebuah amalan yang jika aku kerjakan, Allah dan manusia akan mencintaiku, maka beliau bersabda: Zuhudlah terhadap dunia maka engkau akan dicintai Allah dan zuhudlah terhadap apa yang ada pada manusia maka engkau akan dicintai manusia." (Hadits hasan riwayat Ibnu Majah dan lainnya dengan sanad hasan)

Pengertian zuhud adalah meninggalkan perkara-perkara yang tidak bermanfaat untuk akhiratnya. Dan inilah salah satu sifat orang-orang mukmin tidak terjerumus dalam perkara-perkara yang tidak ada manfaatnya.

4. Tatkala bertambah hartanya, maka semakin bertambah pula kedermawanannya dan kemauannya untuk membantu sesama.

Lihatlah contoh Abu Bakar Ash Shiddiq ketika Rasul membawakan keutamaan infak maka ia tanpa berpikir panjang untuk menginfakkan hartanya.

Dan Allah Ta’ala sebutkan di antara yang akan mewarisi surga Firdaus adalah orang yang berinfak dalam keadaan lapang maupun sempit. Allah Ta’ala berfirman,

"Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit." (Ali Imran: 133-134)

Dan itulah sifat orang yang berbahagia ketika bertambah hartanya maka bertambahlah kedermawanannnya karena itulah yang akan mensucikan harta-hartanya.

5. Tatkala bertambah kedudukan dan kemuliannya, maka ia semakin dekat dengan manusia dan menunaikan kebutuhan mereka dan tawadhu’ kepada mereka.

Dan ini mencakup tatkala seseorang semakin bertambah kedudukan dalam pangkat dan jabatan maka ia semakin dekat dengan manusia, demikian pula tatkala sesorang semakin bertambah kedudukan dalam hal keilmuan dalam diin (agama) ia semakin bertambah dekat dengan manusia dan membantu kebutuhan mereka dalam mengajarkan mereka ilmu-ilmu ad diinul Islam. Seperti seorang kakak kelas senior mau membantu adik-adik yuniornya dalam memberikan istifadah, mengajarkan mereka yang tertinggal pelajaran.

Lihatlah Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam duduk dengan shahabatnya Radhiallahu’anhum, baik yang miskin maupun kaya, yang tua maupun yang masih kecil. Dalam sebuah hadits disebutkan nabi Shallallahu’alaihi wasallam makan dengan Amr bin Abi Salamah yang waktu itu masih kecil. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat seorang anak yang tangannya menjelajahi makanan yang terhidang saat itu. Lalu beliau pun mengajarinya tata-cara makan yang benar:

Nak, sebutlah dulu nama Allah, makan dengan tangan kananmu, dan makan dari makanan yang dekat denganmu.” (HR. Al-Bukhari no. 5376 dan Muslim no. 2022).

Wallahu a’lam

Maroji : Al Ilmu Yuritsu Tawadhu dari kitab Al Fawaid karya Ibnul Qayyim Al Jauziyah.



PDF | DOC | DOCX


Komentar:

18 April 2010 pukul 02:44 WIB
resa mengatakan...
mas tukeran link yuk? klo setuju konfirmasi ke saya ya <a href="http://gratiss-gratiss.blogspot.com">kreatif anak jalanan</a> sebelumnya terima kasih banyak


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion

Blog Saia yG lAeN http://ahmadsanmorino.blogspot.com