Pengertian VSAT

Kategori: Komunikasi Data
Diposting oleh adriyansyah pada Senin, 07 Juni 2010
[1487 Dibaca] [4 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

Pengertian VSAT

VSAT atau Very Small Aperture Terminal adalah terminal pemancar dan penerima transmisi satelit yang tersebar di banyak lokasi dan terhubung ke hub sentral melalui satelit dengan menggunakan antena parabola berdiameter hingga 4 meter. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasioner. Satelit geostasioner merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik yang sama di atas permukaan bumi, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.

 

Keunggulan dan Kekurangan VSAT 

Keunggulan VSAT

-    Pemasangannya cepat.

-    Jangkauan terjauh dapat mencapai setengah permukaan bumi.

Kekurangan VSAT

-    Koneksinya rentan terhadap gangguan cuaca (terhadap molekul air).

-    Memakan tempat, terutama untuk piringannya.

-    Latency yang lebih tinggi di bandingkan kabel

 

Secara umum, sistem ini bekerja pada frekuensi KU-band dan C-band. Ku-band digunakan di Eropa and Amerika Utara menggunakan antena VSAT ukuran kecil. C-band banyak digunakan di Asia, Afrika dan Amerika Latin, membutuhkan antena yang lebih besar.

 

KU-Band 

Pengertian KU-Band

KU-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik dengan jarak frekuensi dalam gelombang mikro mencapai 11,7 hingga 12,7 GHz (downlink frequencies) dan 14 hingga 14,5 GHz (uplink frequencies). KU-band atau Kurtz-Under band terutama digunakan pada satelit komunikasi, khususnya untuk penerbitan dan penyiaran satelit televisi atau Direct Broadcast Television. KU-band juga digunakan untuk sinyal telepon dan layanan komunikasi bisnis.

KU-band dibagi ke dalam beberapa segmen yang bervariasi berdasarkan pembagian geografis yang ditetapkan oleh International Telecommunication Union (ITU).

Jaringan televisi komersil pertama yang secara luas menggunakan KU-band sebagai media untuk cabang saluran uplink-nya adalah NBC, yaitu pada tahun 1983.

 

Pembagian Daerah ITU

Daerah 1

Daerah 1 meliputi Eropa dan Afrika dengan rentang frekuensi 11,45 sampai 11,7 GHz dan 12,5 sampai 12,75 GHz yang ditempatkan untuk layanan satelit tetap (fixed satellite service/FSS) dengan jarak frekuensi uplink antara 14,0 dan 14,5 GHZ.

 

 

Daerah 2

Daerah 2 meliputi Benua Amerika dengan rentang frekuensi 11,7 dan 12,2 GHz yang ditempatkan untuk layanan satelit tetap (fixed satellite service/ FSS). Lebih dari 21 FSS satelit KU-band yang mengorbit di Amerika Utara.

Sementara rentang frekuensi 12,2 sampai 12,7 GHz ditempatkan untuk layanan satelit penyiaran (broadcasting satellite service/BSS).

 

Kelebihan KU-Band

Sistem KU-band memiliki energi yang lebih besar untuk mencegah campur aduknya dengan sistem gelombang mikro bumi dibandingkan sistem C-band, dan besarnya energi untuk melakukan pengiriman sinyal balik ke bumi juga dapat lebih ditingkatkan. Dengan sistem ini energi pengiriman sinyal berhubungan dengan ukuran piringan penangkap sinyal. Jadi semakin besar energinya maka ukuran piringan yang dibutuhkan untuk menangkap sinyal tersebut akan semakin kecil.

Sistem KU-band menawarkan fleksibilitas yang lebih besar. Selain itu, KU-band juga lebih tahan terhadap hujan dibandingkan dengan KA-band. Sistem KU-band juga lebih terjangkau dari segi biaya karena hanya memakai satu piring saja dan dapat menggunakan antena yang kecil.

 

Kelemahan KU-Band

Sistem KU-band amat rentan terhadap gangguan cuaca, terutama ketika hujan lebat. Badai hujan yang besar dapat mengganggu jalannya proses penerimaan dan pengiriman sinyal bagi satelit yang memakai sistem KU-band. Namun untuk penerimaan sinyal televisi, sinyal dapat terganggu jika curah hujan lebih dari 100mm per jam.

Selain itu, ketika musim salju proses penerimaan dan pengiriman sinyal sistem KU-band juga mudah terganggu oleh adanya fenomena yang disebut snow fade, yaitu ketika akumulasi jumlah salju secara signifikan mengubah titik fokal dari piringan.

Selain itu, jika dibandingkan dengan sistem C-band, sistem KU-band membutuhkan lebih banyak energi untuk melakukan pengiriman sinyal.

 

C-Band 

Pengertian C-Band

C-Band adalah nama yang diberikan kepada bagian tertentu dari spektrum elektromagnetik , serta berbagai panjang gelombang dari gelombang mikro yang digunakan untuk telekomunikasi radio jarak jauh. IEEE C-band dan variasi-variasi kecil nya  berisi rentang frekuensi yang digunakan untuk transmisi satelit komunikasi paralel oleh beberapa perangkat Wi-Fi, beberapa telepon nirkabel, dan beberapa sistem radar cuaca. IEEE C-band adalah bagian dari spektrum elektromagnetik pada rentang frekuensi microwave berkisar 4,0-8,0 gigahertz, tetapi definisi ini adalah salah satu yang diikuti oleh produsen radar dan pengguna, namun tidak harus oleh pengguna telekomunikasi radio microwave.

Pembagian Daerah ITU 

Sedikit variasi tugas dari frekuensi C-band telah disetujui untuk digunakan di berbagai belahan dunia, tergantung pada lokasi mereka di tiga daerah radio Internasional Telekomunikasi Union. Wilayah pertama mencakup seluruh Amerika,  wilayah kedua yaitu seluruh Eropa dan Afrika, ditambah seluruh wilayah Rusia, dan wilayah ketiga meliputi seluruh Asia di luar Rusia, ditambah Australia dan Selandia Baru. Pendapatan layanan internet satu wilayah cakupan adalah setengah wesel ekspor.

http://blog.unsri.ac.id/userfiles/jj.jpg

 

Kelebihan  C-Band

Untuk komunikasi satelit, frekuensi microwave dari C-band lebih baik dibandingkan dengan frekuensi microwave KU-band (11,2 GHz sampai dengan 14,5 GHz) dalam kondisi cuaca buruk, yang digunakan oleh satu set satelit komunikasi. Kondisi cuaca buruk tersebut berhuhbungan dengan uap air di udara, seperti saat curah hujan, badai, badai hujan es, dan badai salju.

 

Kelemahan  C-Band 

Transmisi C-band memiliki kelemahan dalam menghindari sistem gangguan gelombang terestrial. Dibandingkan dengan Ku-Band yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan downlinks dan bersifat flexible. Sehingga sistem Ku-Band dapat mempermudah operasi terrestrial satelit untuk menemukan daerah yang tepat untuk transmisi. Selain itu, kelemahan lain dari C-Band adalah dalam segi biaya. Biaya untuk system C-Band lebih mahal daripada KU-Band.

Kedudukan Satelit 

Jenis-jenis satelit bergantung kepada kedudukannya dengan permukaan bumi.

Ada 4 jenis satelit :

a.  GEO (geocynchronous Earth Orbit) Bentuknya berat dan besar. Contohnya, Intelsat-7 yang diluncurkan pada tahun 1989. Kedudukan orbit satellite jenis ini adalah 10-20 ribu km dari bumi. Ketahanan GEO adalah lebih dari 15 tahun.

b.   MEO (Medium Earth Orbit) Terletak 10 ribu km dari bumi. Tempo putaran orbitnya adalah 6 jam. Contoh MEO adalah Immarsat-P.

c.   LEO (Low Earth Orbit) Kedudukannya kurang dari 20 ribu km dari permukaan bumi. Tempo putaran orbitnya adalah 90 menit hingga 2 jam. Ia mudah diserang oleh “Atmospheric dan drag”. Contoh, globalstar.

d.   HEO (Highly Elliptical Orbit) Diletakkan pada 500 km hingga 50 ribu km dari permukaan bumi. Tempo putaran orbitnya adalah 24 jam. Contohnya, Russian Molniya System.

http://blog.unsri.ac.id/userfiles/kk.jpg

Gambar 1. Satelit GEO, MEO, dan LEO

http://blog.unsri.ac.id/userfiles/ll.jpg

Gambar 2. Satelit HEO

 



PDF | DOC | DOCX


Komentar:

09 September 2012 pukul 15:17 WIB
hotjon mengatakan...
: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong> <pre lang="" line="" escaped="" highlight=""> thanks for knowledge LOL big surprise >:( tongue laugh LOL rolleyes

11 September 2010 pukul 12:39 WIB
iien mengatakan...
pelayanan nya memuaskan ., grin surprised LOL

11 September 2010 pukul 12:34 WIB
poetra mengatakan...
semua yg Menyangkut VSAT tersedia di sini ,. LOL LOL LOL LOL LOL

09 Juni 2010 pukul 11:39 WIB
yuli mengatakan...
nice post.. bisa menambah pengetahuan ni tentang VSAT serta kelebihan dan kekurangan VSAT. thx,


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion