Indonesian Open Source CodeIgniter CMS

Kategori: CodeIgniter
Diposting oleh admin pada Sabtu, 11 Desember 2010

PhenomCMS adalah sebuah CMS Open Source berbasis PHP dengan framework CodeIgniter untuk membantu web master pemula maupun tingkat lanjut agar dapat membangun dan mengembangkan sebuah portal, website, blog dan aplikasi berbasis web lainnya dengan mudah, cepat dan profesional.

Sekilas Tentang PhenomCMS

PhenomCMS merupakan sebuah produk  open source CMS (Content Management System) berbasis PHP dengan framework CodeIgniter yang dapat Anda gunakan untuk membangun dan mengembangkan aplikasi berbasis web baik berupa website, portal, blog, maupun aplikasi berbasis web lainnya dengan cepat, mudah dan profesional dengan dukungan kelengkapan fitur yang dimilikinya.

PhenomCMS dikeluarkan untuk memulai penyediaan sebuah CMS CodeIgniter open source yang berkualitas untuk membantu para developer, web master, blogger dan komunitas open source baik tingkat lanjut maupun pemula di seluruh Indonesia (pada khususnya) untuk memulai pengembangan aplikasi website content-based dengan pola MVC yang menggunakan framework CodeIgniter.

 

Mengapa PhenomCMS?

Jika Anda mengalami kesulitan dan kekurangan dalam penggunaan dan pengembangan CMS open source yang lain (terutama CMS yang menggunakan framework CodeIgniter), maka PhenomCMS merupakan solusi terbaik untuk Anda. Berikut ini beberapa kelebihan yang kami tawarkan dalam PhenomCMS yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda:

 

Kecepatan

Kecepatan yang ditawarkan oleh PhenomCMS bukan hanya dalam hal performa atau kinerja aplikasi website yang dihasilkannya, namun juga kecepatan dalam proses instalasi CMS, pembuatan dan pengembangan sebuah website, portal maupun blog.

 

Mudah Dipahami

Dalam hal pengoperasian, mulai dari instalasi hingga manajemen content website dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dipahami walau oleh web master pemula sekalipun hanya dengan sekali mencoba tanpa bantuan tutorial sekalipun. Kode sumber yang ada di dalamnya disusun secara rapi, terstruktur dan modular sehingga memudahkan para developer untuk melakukan pengembangan lebih lanjut.

 

Dukungan Theme dan Template Yang Banyak dan Berkualitas

PhenomCMS didukung dengan theme yang banyak dan berkualitas yang akan terus bertambah seiring waktu. Tim kami melakukan pemilihan template-template open source yang berkualitas yang dilengkapi dengan animasi dan jquery untuk menjadi theme PhenomCMS. Selain itu theme dalam PhenomCMS mudah untuk dipahami dan dikembangkan sehingga memudahkan para web master untuk membuat theme mereka sendiri.

"Rasakanlah pengalaman dan cita rasa yang berbeda dengan template-template dalam PhenomCMS"

 

Struktur Menu, Halaman dan Navigasi yang Solid

Dengan PhenomCMS, website Anda akan memiliki menu, halaman dan navigasi dengan struktur yang mantap, solid dan mudah untuk di buat dan dioperasikan oleh siapa saja. Baik menu, halaman maupun navigasi, di dalamnya dapat Anda isi dengan apa saja yang Anda inginkan mulai dari teks, HTML, image, modul, page, category, dan link ke URL situs lainnya.

 

Dukungan Modul yang Lengkap

PhenomCMS memiliki modul yang dapat Anda gunakan ke dalam website Anda. Modul-modul yang telah tersedia terdiri dari Galeri Foto, Buku Tamu, dan Polling serta modul-modul lainnya yang akan terus bertambah dan dapat Anda download secara gratis melalui situs ini.

 

Editor HTML Dengan FCKEditor

PhenomCMS menggunakan WYSIWYG HTML editor dengan FCKEditor. Dengan editor ini Anda akan diberi keleluasaan untuk mengisi apa saja ke dalam artikel dan content website Anda dengan mudah, interaktif dan cepat seperti HTML, widget, embedded object, upload file, image, link dan lain sebagainya.

 

Pure and Secure URL

Aplikasi website yang dihasilkan oleh PhenomCMS memiliki URL yang bersih dan aman dari bug serta memudahkan search engine untuk mengindeks seluruh halaman dalam website Anda serta tahan dari serangan SQL-injection.

 

Keamanan

Tim PhenomCMS menjamin keamanan website Anda terhadap segala bentuk serangan dari sisi high level aplikasi.

 

Open Source? Mengapa Tidak?

PhenomCMS merupakan produk open source, selalu berkembang tanpa batasan waktu dan sumber daya. Anda dapat mengembangkannya sendiri maupun bersama kami serta dapat menggunakan dan menyebarluaskannya secara gratis. Walaupun kami juga melayani pengembangan produk custom CMS (Professional CMS) bukan berarti pengembangan produk open source tidak dimaksimalkan.

 

Download : PhenomCMS Version 1.0.1
Official Website : http://www.phenomcms.com
Forum Layanan dan Pengembangan PhenomCMS : http://forum.phenomcms.com



Makna Suatu Kemerdekaan

Kategori: Artikel
Diposting oleh admin pada Rabu, 18 Agustus 2010

Sejak 17 Agustus 1945 telah 65 kali bangsa kita merayakan kemerdekaan. Jepang itu telah tidak ada lagi. Demikian juga dengan para kompeni yang selama ratusan tahun eksis di negeri ini. Bendera merah putih bebas berkibar. Setiap warga negara bebas ikut Pilkada. Apakah hanya sekedar itu makna suatu kemerdekaan?

Makna suatu kemerdekaan pastilah berbeda bagi setiap orang. Bagi pedagang telok abang, makna suatu kemerdekaan ketika ia dengan bebas berdagang "dimana saja" untuk menjual telok abang dengan berbagai produk ikutannya. Ada kapal-kapalan, miniatur perahu jukung. Baginya kemerdekaan adalah bebas berdagang. Apalagi jika kebebasan itu tidak disertai pungutan uang jasa oleh preman atau pungutan liar oleh aparat pemerintah. 

Kemerdekaan bagi seorang narapidana adalah keluar dari jeruji, bebas berkeliaran kemana saja tanpa ada pembatasan. Sudah pasti dengan status narapidana, kemerdekaan serupa itu tidak ada lagi padanya. Bagaikan burung dalam sangkar. Tidak bisa berbuat apa-apa. Terbatas dalam pembatas yang mengelilinginya. Sang narapidana baru menyadari betapa berharga suatu kemerdekaan yang selama ini dimiliki. Mungkin terbayang perbuatan yang lalu yang menjadikannya berstatus narapidana. Jika dituduh sebagai seorang koruptor, mulai dia mengingat-ingat apa yang salah dengan kelakuannya itu. Jika jelas-jelas korupsi dapat dimaklumi, tapi tidak sedikit dari mereka menyandang gelar koruptor akibat suatu "kecelakaan semata." Akibat salah kebijakan, administrasi yang sulit mereka fahami. 

Bagi seorang pejuang kemerdekaan, makna suatu kemerdekaan pastilah mengalami perubahan. Jika pertama-tama makna kemerdekaan itu diartikan lepas dari cengkeraman Belanda dan Jepang maka kini setelah puluhan tahun tahun Indonesia merdeka, pastilah kualitas kemerdekaan itu harus berubah. Bukan hanya sekedar itu. Para pejuang memaknai kemerdekaan sebagai suatu keadaan dimana bangsa Indonesia telah berhasil mengisi kemerdekaan. Bangsa Indonesia telah menjelma menjadi bangsa yang handal "sejajar" dengan bangsa-bangsa penjajah itu. 

Kamus Besar Bahasa Indonesia juga mengartikan kata kemerdekaan sebagai tidak terikat, tidak bergantung kepada orang atau pihak tertentu. Cukup luas maknanya. Tetapi paling tidak diartikan bangsa Indonesia tidak terikat lagi dengan Jepang dan Belanda. Dua negara yang pernah "semena-mena" dengan Indonesia. Kedua negara ini tidak lagi menentukan warna dan segala tindak tanduk bangsa Indonesia. 

Bagi rakyat Indonesia kebanyakan, makna suatu kemerdekaan sederhana saja. Mereka tidak begitu faham soal protokoler negara. Tidak juga peduli dengan teori-teori tentang kemerdekaan. Mereka menuntut hal-hal yang sederhana saja sebagai bukti negara ini telah benar-benar merdeka dan berhasil mengisi kemerdekaan itu. Rakyat kecil itu memaknai kemerdekaan negara dengan kemampuan negara menyediakan kebutuhan dasar. Itu saja. 

Bagi rakyat kebanyakan kemampuan negara menyediakan kebutuhan dasar mereka, itu sudah berarti negeri ini merdeka. Disaat mereka membutuhkan penerangan, negara sanggup menyediakan listrik yang murah dan mudah. Kenyataannya, listrik itu bukan hanya mahal tetapi juga tidak mudah didapat. Hanya dikota Palembang saja terdapat sekitar 6.000 orang antri untuk memasang listrik. Macam-macam saja alasan PLN dengan kondisi itu. 

Kemerdekaan juga dikaitkan dengan kemampuan negara memberikan rasa aman kepada mereka. Dulu, rasa takut luar biasa diberikan oleh Belanda dan Jepang. Tapi apakah sekarang ini bangsa Indonesia bebas dari rasa takut dalam berbagai bentuknya? Amankah kita berkendaraan di jalan raya? Amankah anak-anak kita berjalan kaki ke sekolah? Amankah kita naik ojek, naik bis, belanja ke pasar tradisional, menarik uang di Anjungan Tunai Mandiri, menggunakan tabung gas? Amankah negara kita dari para koruptor yang kesehariannya tampil ramah dengan baju seragamnya baik di lembaga legislatif, eksekuitif, yudikatif bahkan di sektor-sektor swasta? Ternyata setelah 65 tahun merdeka, kita masih ragu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut secara tegas. 

Teliti saja hanya di bulan Juli-Agustus 2010, sudah berapa rakyat kita yang bunuh diri karena alasan himpitan ekonomi? Pastilah pemerintah mempunyai argumentasi bahwa bunuh diri itu bukan karena alasan ekonomi. Tetapi faktanya memang karena alasan himpitan ekonomi. Bagi sebagian keluarga, hidup ini semakin sulit. Upah tidak begitu tinggi, tidak pararel dengan kenaikan kebutuhan hidup mereka. Seorang buruh bangunan hanya mengandalkan upah Rp 60.000,- per hari. Konon itu sudah bagus, bagaimana dengan kuli di pasar, tukang ojek, tukang beca, dan lain-lainnya dihadapkan dengan harga yang terus melambung tinggi. Belum lagi kebutuhan berobat dan kebutuhan biaya sekolah anak-anak mereka. Upah itu baru ada jika mereka bekerja. Jika mereka sehat. Pastilah kemerdekaan dengan suasana seperti itu kurang bermakna bagi mereka. 

Bagi saya kemerdekaan itu antara lain berarti negara ini berhasil menyediakan kebutuhan dasar (basic needs) bagi setiap warga negara. Para pemimpin yang benar-benar "siang-malam" mencari jalan agar tercapai kesejahteraan warganya. Para wakil rakyat benar-benar memikirkan dan memperjuangkan kepentingan rakyat. Bukan yang aneh-aneh. Bagaimana tidak aneh jika dibulan suci ramadhan seorang wakil rakyat dari partai berbasis agama ditangkap aparat kepolisian karena sedang siap-siap pesta shabu menjelang berbuka puasa. Merdeka tidak berarti bangsa kita tersesat oleh budaya bangsa lain termasuk mengkonsumsi obat-obat terlarang. Faktanya, hampir tidak ada wilayah provinsi di Indonesia yang bebas dari pengaruh obat-obat terlarang itu. Jangan-jangan itulah penjajah baru bangsa kita. Merdeka memang berarti kita bebas melakukan "berbagai hal." Tetapi janganlah kita tersesat oleh kata merdeka. Pegangan kita tetap pada cita-cita para pendiri bangsa ini bahwa makna kemerdekaan adalah kesejahteraan (welfare) bagi seluruh rakyat Indonesia. Kata kunci yang mestinya terpatri dalam jiwa para pemimpin kita.

 

Prof. Amzulian Rifai,Ph.D
Dekan Fakultas Hukum UNSRI



Panduan Membuat Website (Pendahuluan)

Kategori: Web Development
Diposting oleh admin pada Sabtu, 14 Agustus 2010

Website atau biasa disebut juga dengan web saja, atau ada juga yang menyebutnya dengan situs atau situs web. Jika Anda belum mengerti tentang bagaimana membuat website, hal pertama yang harus Anda pahami adalah tentang HTML (HyperText Markup Language). HTML digunakan sebagai dasar pembuatan website.

Website menggunakan HTML untuk menyajikan dan menampilkan data kepada siapa saja yang mengunjungi website Anda. Untuk itu, kita menyimpan website kita dalam file-file dengan ekstensi *.html, misalnya: index.html, profil.html, dan bukutamu.html. Semua file-file html tersebut merupakan sumber daya yang dimiliki oleh sebuah website. Semakin banyak file-file html tersebut maka akan semakin banyak pula sumber daya yang dimilikinya, dan jika semakin banyak sumber daya itu maka akan semakin besar pula website Anda.

File-file html tersebut disimpan dalam direktori/folder utama sebuah website. Katakanlah sebuah website memiliki alamat yaitu www.unsri.ac.id. Maka struktur penyimpanan file-file html dalam website tersebut adalah sebagai berikut:

Website Direktori/
Folder
File HTML Alamat Akses
www.unsri.ac.id / index.html www.unsri.ac.id/index.html
www.unsri.ac.id / profil.html www.unsri.ac.id/profil.html
www.unsri.ac.id / bukutamu.html www.unsri.ac.id/bukutamu.html

Direktori di atas yaitu tanda "/" (baca: "slash" ) adalah direktori utama sebuah website yang menandakan bahwa file-file HTML diletakkan dalam direktori utama.

Jika file-file html tersebut di simpan dalam subdirektori/subfolder sebuah website, maka struktur penyimpanan file-file html dalam website tersebut adalah sebagai berikut:

Website Direktori/
Folder
File HTML Alamat Akses
www.unsri.ac.id /myweb index.html www.unsri.ac.id/myweb/index.html
www.unsri.ac.id /myweb profil.html www.unsri.ac.id/myweb/profil.html
www.unsri.ac.id /myweb bukutamu.html www.unsri.ac.id/myweb/bukutamu.html

Nama subdirektori/subfolder ditentukan secara bebas oleh kita sendiri. Seperti pada contoh di atas, kita membuat sebuah subdirektori dan kita beri nama /myweb. Bagaimana membuat subdirektori dalam sebuah direktori utama? caranya sebenarnya tidaklah berbeda ketika kita ingin membuat subdirektori dalam sebuah direktori dengan menggunakan Windows Explorer. Klik File pada menu utama, kemudian pilih New, kemudian pilih Folder, kemudian ketik nama folder/direktori, dan tekan enter.

Ketika Anda "berhasil" melakukan langkah-langkah di atas, kemudian Anda tentunya ingin mencoba mengakses situs Anda melalui browser. Jika komputer Anda sudah terkoneksi ke internet, Anda dapat menggunakan software yang disebut dengan internet browser, katakanlah seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera dan sebagainya. Kemudian Anda ketik pada bagian alamat/address alamat akses ke website di atas seperti berikut ini:

http://www.unsri.ac.id/myweb/index.html

atau:
http://www.unsri.ac.id/myweb/profil.html

atau:
http://www.unsri.ac.id/myweb/bukutamu.html
 

Di sini Anda lihat bahwa http:// akan muncul otomatis pada browser walaupun Anda tidak mengetiknya. HTTP (HyperText Transfer Protocol) merupakan cara standar seluruh browser dalam mengakses sebuah website.

Setelah Anda memahami konsep di atas, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari tentang HTML untuk membuat website seperti pada bahasan di atas yang akan kita bahas pada kesempatan yang lain.




Posting Terbaru Lainnya


User Sign In

Username:

Password:

Anda ingin punya blog di Komunitas Blogger Unsri? Silahkah daftar di sini:
Sign Up Now

Top 5 Blogger

dear, dalam dear

ditalia, dalam ditalia

blogger, dalam blogger

violet, dalam violet

adina, dalam adina


Blog Roll (See All)

Fandy Gunawan, dalam Fandy Gunawan

ervikosasenandeputri, dalam ervikosasenandeputri

prabubuanawijaya, dalam prabubuanawijaya

dwi porwanthi, dalam dwi porwanthi

Diopas, dalam Diopas

Dewasiu, dalam Dewasiu

Tasdu, dalam Tasdu

gila dunia, dalam gila dunia

arya asd, dalam arya asd

bala bola, dalam bala bola

dublejackk, dalam dublejackk

retnowati, dalam retnowati

nama ku, dalam nama ku

gadi sugih, dalam gadi sugih

yudha gunawan, dalam yudha gunawan


Chat Box


Index: a a a a a a a a a a xx a b c d d de de e f g h i j k l l m n o p p q qe qe