Theresia Ervina Sihite

Komunitas Blogger Universitas Sriwijaya

 

TUGAS APLIKOM 4

 

  Oleh: Theresia Ervina Sihite

Email:Sweettheresia@yahoo.co.id

 

TUGAS KE- 4

TANGGAL 22 April 2012

 

KOMUNITAS BLOGGER UNIVERSITAS SRIWIJAYA

 

 

 

NAMA  : Theresa Ervina Sihite

NIM       : 01111001089

KELAS    :  B

 

 

ABSTRAK

                Pada saat sekarang ini telah banyak mesin yang diciptakan manusia untuk memepermudah pekerjaan.Mesin-mesin tersebut ada yang hanya memilki hardware,namun ada juga yang memilki hardware dan software.Misalnya saja hand phone,komputer,dan barang elektronik lainnya yang kita kenal zaman sekarang ini.Di dalam software dan hardware tersebut terdapat sistem operasi yang merupakan Perangkat Lunak Sistem mencakup Sistem Operasi dan semua utilitas yang memungkinkan komputer untuk berfungsi.

 

 

KATA KUNCI:

*      perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer

*      Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

*      Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer.

*      Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah peramban weblintas platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan

PENDAHULUAN

                Latar belakang daripada pemilihan tema tulisan ini supaya kita lebih mengenal sotware dan hardware,dan juga sistem operasi daripda hardware dan software tersebut yang pada saat ini banyak kita gunakan.Misalnya windows,linux,unix,dll.Alasan lainnya adalah agar kita dapat membedakan mana gadget yang hanya mempunyai hardware dan yang mana gadget yang mempunyai hardware dan software.

 

 

PEMBAHASAN

1.Mesin yang hanya memiliki hardware:

v  CPU

v  Mouse

v  Monitor

v  Hard disk

v  CD

2.Beberapa mesin yang memiliki software dan hardware

v  Komputer

v  Hand phone

v  Tablet

v  Note book

3.Sistem Operasi yang saya gunakan adalah windows 7 versi ultimate

dirancang untuK pengguna komputer yang menginginkan semua fitur Windows 7. Versi ini memiliki semua fitur dari versi sebelumnya, bisa dibilang Windows 7 versi Ultimate adalah versi paling lengkap.,windows 7 ultimate mempunyai kelebihan:

ada windows xp mode
ada fitur bit locker
bisa sharing network
support 35 bahasa
support full backup and restore

4.Aplikasi yang menggunakan word-processor

       OpenOffice: Salah satu Produk Sun Microsystem ini memberikan kelebihan yang boleh dibilang hampir menyamai MS Word. Open Office menduduki nilai terbaik dari kelima software yang ada.

       EasyOffice: EasyOffice+PDF Filter adalah sebuah software office yang compatible dengan Microsoft Word, Excel dan file Adobe PDF. EasyOffice juga menyediakan The download also includes EasyAntiVirus, yang dapat anda install di komputer anda.

       UltraPad:Ultra-Pad adalah sebuah freeware yang keren, dimana kita dapat dengan mudah mengganti skin. Sebuah Fitur yang tidak ditemukan di Word Processor lain.

       Jarte: Sebuah free word processor yang dibuat berdasarkan Microsoft WordPad. Aplikasi ini memiliki kelebihan dalam hal kecepatan, dan sangat mudah digunakan. Hampir mendukung semua fungsi standar Word Proesssing. ukuranb kecil dan juga portabel menjadi andalan software ini.

       IBM Lotus Symphony: IBM Lotus Symphony Documents mengijinkan pengguna untuk membuat, edit, share, dan menyimpan dokumen.

   Aplikasi  yang menggunakan spread sheet

v  Microsoft Excel
Microsoft Excel mungkin perangkat lunak spreadsheet yang paling banyak digunakan di dunia. Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office Suite dan pengetahuan tentang bagaimana menggunakan perangkat lunak biasanya disertakan sebagai persyaratan pekerjaan untuk pekerjaan kantor kebanyakan. Meskipun dapat mudah untuk menggunakan perangkat lunak setelah dipelajari, Microsoft Excel bisa sangat rumit dan membingungkan bagi banyak pengguna. Akan tetapi, tak terbantahkan bahwa Microsoft Excel mencakup banyak fitur yang bagus seperti kemampuan untuk membuat perhitungan berdasarkan rumus, menambahkan catatan untuk sel-sel individual, dan tarik sel ke posisi baru.

v  Open Office Calc
Open Office Calc merupakan alternatif open source untuk Microsoft Excel yang datang dengan Open Office Suite. Open Office Calc memungkinkan pengguna untuk membuat grafik dan diagram berdasarkan persentase, menyusun informasi dalam cara-cara baru dan menarik, melakukan perhitungan, menetapkan fungsi, dan dokumen terpisah menjadi beberapa lapisan. Open Office Calc mencakup banyak fitur hebat termasuk kemampuan untuk membuat formula berdasarkan kata daripada variabel, mengumpulkan informasi dari database eksternal, dan menghitung subtotal secara otomatis. Wizards juga membantu pengguna di seluruh program dalam melaksanakan berbagai tugas.

v  KSpread KSpread
KSpread berasal dari KOffice Suite dan menyediakan pengguna dengan banyak alat-alat spreadsheet yang besar. Sedangkan Open Office Calc dan Microsoft Excel yang mirip satu sama lain, KSpread memiliki antarmuka yang unik. KSpread termasuk mengedit fitur dari semua produk KOffice lainnya sehingga pengguna dapat memodifikasi spreadsheet jauh lebih efisien. KSpread juga memungkinkan pengguna untuk memilih template tergantung pada sifat khusus dari spreadsheet dan menggunakan daftar lengkap formula yang diprogram ke dalam perangkat lunak.

Gnumeric Gnumeric
Gnumeric merupakan bagian dari Gnome Office Suite dan benar-benar open source di bawah GNU General Public License. Gnumeric mampu membaca dan memodifikasi dokumen yang dibuat oleh perangkat lunak spreadsheet lain, menangani spreadsheet besar, dan cepat menghitung jawaban yang akurat. Gnumeric mencakup semua perangkat dan fitur dari Microsoft Excel ditambah 154 fungsi tambahan. Perangkat lunak ini juga termasuk alat batch processing yang dapat menerjemahkan dokumen dari

 

       Bean Sheet Bean Sheet
Bean Lembar adalah Java program berbasis spreadsheet berbasis pada open source Java Interpreter, Bean Shell. Bean Lembar mampu lebih dari sebuah perangkat lunak spreadsheet standar karena memiliki akses penuh ke Java Virtual Machine . Pengguna dapat menggunakan Bean Sheet untuk membuat spreadsheet biasa tetapi juga dapat menggunakan perangkat lunak untuk membuat aplikasi dengan mencocokkan fungsi dengan variabel.

       Google Docs Google Documents
Google Docs memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit spreadsheet secara online dan membaginya dengan siapa pun atau semua orang. Google Docs handles multiple forms of documents so users are able to combine multiple sources of information into one spreadsheet. Google Documents menangani berbagai bentuk dokumen sehingga pengguna dapat menggabungkan berbagai sumber informasi ke dalam satu spreadsheet. Google Documents membuat anggaran keuangan sangat mudah melalui penggunaan formula yang rumit, fungsi yang komprehensif, dan terjemahan otomatis. Pengguna juga dapat mengizinkan orang lain untuk mengedit spreadsheet mereka dalam rangka untuk menciptakan proyek kelompok-dikendalikan. Google Documents tidak perlu download atau diinstal dan dapat digunakan dari browser di dunia.

       Sphygmic Sphygmic
Sphygmic adalah program spreadsheet yang mencakup banyak fungsi yang sama dan fitur sebagai perangkat lunak spreadsheet lain, tetapi berada di bawah 4 MB (dibandingkan dengan Excel 180 MB). Perangkat lunak ini meliputi fungsi 125, 256 kolom, dan 16.384 baris sedangkan pengguna masih bisa bekerja dengan beberapa lembar sekaligus. Sphygmic juga dapat mengimpor file CSV dan menulis dalam Excel

5.Lima nama perangkat lunak proprietary :

v  Windows Vista untuk mengoperasikan ubuntu

v  Internet Explorer untuk mengoperasikan firefox

v  Mactopia untuk mengoperasikan neooffice

v  Windows Media Player untuk mengoperasikan  Miro

v  Microsoft Publisher untuk mengoperasikan Scribus

 

KESIMPULAN

Kesimpulan dari tugas ini adalah sistem operasi pada software maupun hardware diciptakan oleh manusia untuk mempermudah perkerjaan manusia itu sendiri

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5237742

http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=3a5c59305bcead34

http://akhdian.net/2009/01/25/5-software-gratis-word-processing/

http://fransgokil.blogspot.com/2011/03/software-dan-aplikasi-spreadsheet.html

http://whdb.com/2008/the-top-50-proprietary-programs-that-drive-you-crazy-and-their-open-source-alternatives/

 

Tugas APLIKOM 3

 

file.unsri.ac.id/index.php

tugas pengantar aplikasi komputer

 



                                                                                    TUGAS PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
                                                                                    Nama : Theresia Ervina Sihite
                                                                                    NIM : 01111001089
                                                                                    Fakultas : Ekonomi
                                                                                   Jurusan : Manajemen


ABSTRAK
Pada karya ilmiah ini saya akan membahas tentang perangkat keluaran(output) pada sebuah komputer.Seperti yang kita ketahui alat keluaran pada sebuah komputer mempunyai fungsi untuk menterjemahkan data yang ada pada komputer ke dalam bahasa yang diketahui atau bahasa yang dapat diapahami oleh manusia,adapun hasil yang dikeluarkan berupa gambara,suara,ataupun gambar dan tulisan.
Perangkat output yang pertama adalah kartu video yang berfungsi untuk menghasilkan tampilan gambar yang berwarna sehingga tampilan gambar yang kita lihat enjadi lebih menarik.Perngakat keluaran yang kedua adalah kartu suara yang berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas suara komputer dan mentansfer kapabilitas tersebut ke speaker.Perangkat keluaran yang ketiga adalah monitor yang mempunyai fungsi untuk mengelarkan data berupa gambar.Perangkat keluaran yang keempat adalah speaker yang berfungsi untuk menghasilkan suara.Dan perangkat keluaran yang terakhir adalah printer yang berfungsi untuk mengelarkan data berupa gambar ataupun tulisan.
KATA KUNCI
Perangkat output komputer adalah perangkat yang mempunyai fungsi untuk menterjemahkan informasi dari bahasa yang dimengerti komputer ke dalam bahasa yang dapat dipahami dan dimengeri oleh manusia

Monitor adalah alat yang mampu mengambil sinyal elektrik dari video card dan mengubahnya dalam bentuk gambar dengan menggunakan titik-titik dari cahaya berwarna yang tampil dilayar.

Kartu video adalah sebuah kartu yang terdapat pada sebuah komputerberfungsi untuk mengubah informasi output dari prosesor menjadi bentuk sinyal yang terkirim melalui kabel ke monitor.

Kartu Suara adalah kartu yang terpasang pada slot motherboat yang dapat meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal suara dengan cara mengirimnya ke speaker sebagai output.

Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara.

Printer adalah sebuah alat yang bisa mencetak teks dan gambar pada kertas.


PEMBAHASAN
PERANGKAT OUTPUT KOMPUTER
Perangkat keras untuk output terdiri dari alat-alat yang berfungsi menerjemahkan informasi yang diproses oleh komputer kedalam bentuk yang bisa dimengerti manusia, misalnya tulisan cetak, suara, gambar, atau video. Sekarang Kartu suara, kartu video dipasang pada motherboard selanjutnya pemasangan monitor, speaker dan printer.
Kartu Video
Kita pasti menginginkan monitor bisa menampilkan gambar berwarna, bukan Cuma hitam putih. Untuk itu, case membutuhkan alat tambahan, yaitu kartu video (video card). Kartu video atau video card berfungsi untuk mengubah informasi output dari prosesor menjadi bentuk sinyal yang terkirim melalui kabel ke monitor. Kartu video kita dipasang disalah satu slot ekspansi motherboard. Pada saat membeli motherboard biasanya telah terpasang kartu video (built-in) jika menginginkan kualitas video yang lebih bagus maka dapat menambah kartu video.



Kartu suara
Kartu Suara (sound Card) berfungsi untuk meningkatkan kapabilitas komputer dalam hal suara dengan cara mengirimnya ke speaker sebagai output. Kartu suara ini terpasang di slot ekspansi motherboard. Dengan CD drive terhubung ke kartu, kita pun dapat mendengark
an musik dari CD.



Monitor
Monitor adalah alat yang mampu mengambil sinyal elektrik dari video card dan mengubahnya dalam bentuk gambar dengan menggunakan titik-titik dari cahaya berwarna yang tampil dilayar. Selanjutnya, setelah case ditutup, monitor dapat dihubungkan dengan kabel ke komputer bagian belakang bmelalui konektor khusus yang sangat mudah dikenali. Kabel listrik untuk monitor dapat dipasang pada stopkontak terpisah. monitor komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).



Speaker
Speaker adalah alat untuk mendengarkan suara dari sinyal elektrik yang dikirim oleh kartu suara. Tidak perlu membeli speaker yang wah, kecuali kita menggeluti bidang rekaman yang membutuhkan kualitas suara yang sangat bagus. Dua speaker dihubungkan dengan sebuah kabel yang dipasang di komputer bagian belakang setelah instalasinya selesai dilakukan.



Printer
Printer adalah sebuah alat yang bisa mencetak teks dan gambar pada kertas. Printer mempunyai dua sambungan. Pertama, dipasang di komputer bagian belakang dan berfungsi untuk menerima sinyal dari komputer. Sambungan ini terhubung pula ke motherboard.kedua kabel listrikyang dipasang pada stopkontak yang terpisah. Jenis printer ada tiga macam, yaitu jenis Printer Dot metrix, printer Ink jet, dan printer Laser.
1. Ink-Jet Printer Dot                                                                                                                                                                                         Matrix-Printer Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second.Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning. Printer jenis ini menggunakan sistem yang berbeda dibanding dengan printer sebelumnya. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotannya diatur oleh komputer) kemedia cetak guna menghasilkan character ataupun gambar yang sesuai. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara/brisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.Karena menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inchie), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan jenis printer sebelumnya, pada khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini diantaranya adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat bersamaan. (Untuk jenis printer sebelumnya, bisa menggunakan karbon, sehingga beberapa lembar kertas bisa dicetak secara bersama-sama). Printer ini juga memiliki jenis yang berwarna ataupun tida
2. Laser Jet Printer                                                                                                                                                                                                       Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik pertitik yang dilakukan oleh semi conductor laser. Pada mesin foto-copy, pemfokusan gambar dilakukan oleh silinder yang berputar. Karena output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka printer jenis laser jet sangat cocok digunakan oleh pelbagai percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan



Daftar pustaka
http://jazilun.niam.students-blog.undip.ac.id/2009/06/11/perangkat-keras-untuk-output-kartu-suara-kartu-video-monitor-speaker-dan-printer/
http://www.jaringankomputer.org/fungsi-alatoutput-dan-macammacam-perangkatoutput-komputer/