NORA BLOG

EDUCATION TECHNOLOGY

 

ARTI PENDIDIKAN DAN TEKNOLOGI

 

10 PENGERTIAN PENDIDIKAN

 

A.    Menurut Kamus dan Ensiklopedi

 

 

1.      Kamus Besar Bahasa Indonesia

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, pembuatan mendidik.

 

2.      Ensiklopedi Wikipedia

Education is a social science that encompasses teaching and learning specific knowledge, beliefs, and skills. The word education is derived from the Latin educare meaning "to raise", "to bring up", "to train", "to rear", via "educatio/nis", bringing up, raising.

(Pendidikan adalah ilmu sosial yang mencakup pengajaran dan pembelajaran pengetahuan khusus, keyakinan, dan keterampilan. Kata pendidikan berasal dari Educare Latin yang berarti "meningkatkan", "untuk membuka", "untuk melatih", "untuk" belakang, melalui "educatio / nis", membesarkan, mengangkat.)

B.     Menurut Undang-Undang

 

1.      UU SISDIKNAS  No. 2 tahun 1989 :

 

"Pendidikan adalah usaha sadar untuk  menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/latihan  bagi peranannya di masa yang akan datang".

 

2.      UU SISDIKNAS  No. 20 tahun 2003:

 

“Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat”.

 

C. Menurut Bahasa (Etimologi)

 

1.      Bahasa Yunani

Berasal dari kata Pedagogi, yaitu dari kata paid artinya anak dan agogos artinya membimbing. Itulah sebabnya istilah pedagogi dapat diartikan sebagai “ilmu dan seni mengajar anak   (the art and science of teaching children).

2.      Bahasa Jawa

Berasal dari kata  panggulawentah (pengolahan), mengolah, mengubah kejiwaan,

mematangkan perasaan, pikiran, kemauan dan watak, mengubah kepribadian sang anak.

 

D.    Menurut Para Ahli Pendidikan

 
      1.      Menurut para ahli

Definisi pendidikan adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik nalar peserta didik dan mengatur moral mereka. (Warta Politeknik Negeri Jakarta, April 2007).

 

2.  Ki Hajar Dewantara

Pendidikan adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.

 

3.  Rosseau

Mendidik adalah memberikan pembekalan yang tidak ada pada masa anak-

anak, tapi dibutuhkan pada masa dewasa. yang pertama, dan merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.

 

4.  John Dewey

Pendidikan adalah suatu proses pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi secara sengaja dan dilembagakan untuk menghasilkan kesinambungan social. Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa dan kelompok di mana dia hidup.

 

Dari pernyataan diatas dapat di tarik kesimpulan bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

10 PENGERTIAN TEKNOLOGI

 

  1. Teknologi adalah ; 1) Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik 2) Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri (Harahap, Poerbahawadja, 1982 : 1357).
  2. Teknologi adalah cabang ilmu pengetahuan yang berkenaan dengan industri bangunan, mesin- mesin dan sebagainya ( Salim, 1985 : 2015).
  3. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158) Teknologi adalah ; 1) Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan 2) Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
  4. Menurut Rogers (dalam Seels, Richey, 1994 : 12) Teknologi adalah suatu rancangan langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.
  5. Teknologi adalah ilmu pengetahuan mengenai pembangunan dan industri (Saliman, Sudarsono, 1993 : 216).
  6. Dari Wikipedia, Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material dan proses yang menolong manusia menyelesaikan masalahnya. Sebagai aktivitas manusia, teknologi mulai sebelum sains dan teknik.
  7. Dalam Random House Dictionary seperti dikutip Naisbitt (2002 : 46) Teknologi adalah sebagai benda, sebuah obyek, bahan dan wujud yang jelas- jelas berbeda dengan manusia.
  8. Menurut Iskandar Alisyahbana seperti dikutip Yusufhadi Miarso (2007 : 131), teknologi adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat, atau mebuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra, dan otak manusia.
  9. Menurut Ellul dalam Miarso (2007 : 131), Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.
  10. Menurut Miarso (2007 : 62) teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

 

Referensi:

Deway, John, 2004. Experience and Education filsafat pendidikan john dewey, Bandung: Mizan.

Harahap, Poerbahawatja, 1982. Ensiklopedi Pendidikan. Jakarta: PT Gunung Agung.

Hasbullah, 2001. Dasar- dasar ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Miarso Yusufhadi, 1986. Definisi Teknologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Miarso, 2007. Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Pustekom Diknas.

Naisbitt, 2002. High tech high touch. Bandung: Mizan

Nasution.1987. Teknologi Pendidikan. Bandung: Jemmars.

Mudyahardjo, 2002. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salim, 1985. Then Contemporary English- Indonesia dictionary. Jakarta: Modern English Pers.

Saliman, Sudharsono. 1993. Kamus Pendidikan Pengajaran dan Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Satori Djam’an, 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : UT.

Seels, Richey. 1994. Teknologi Pendidikan definisi dan kawasannya. Jakarta: UNJ

______, 1989. UU RI No 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Semarang: Aneka Ilmu.

_______, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

_______, 2003. UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

http://id.wikipedia.org/wiki/TeknologI

Sumaatmadja, 2002. Pendidikan pemanusian manusia manusiawi. Bandung: Alfabeta

Tilaar, 1999. Pendidikan kebudayaan, dan masyarakat madani Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satori Djam’an, 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : UT.

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi, diupdate 9 September 2009

http://bocah.moratmarit.com/2009/08/definisi-pengertian-teknologi.html, diupdate 9 september 2009

http://www.lintasberita.com/Teknologi/Gadget/mengutip-10-definisi-teknologi

 

 

http://www.scribd.com/doc/24676437/Definisi-Pendidikan-Menurut-Para-Ahli

 

 

 

 

 

 



PDF | DOC | DOCX

Komentar:

07 Desember 2010 pukul 15:24 WIB
afriyati mengatakan...
menurut saya, belajar adalah proses yang sangat penting baik itu mulai dari yang mudah hingga tingkat yang sangat amat sulit, dimana proses itu harus diikuti semua manusia krn tidak ada tingkat / batasan umur untuk mendapatkan sebuah ilmu pengetahuan karena sebuah ilmu itu tidak akan pernah habis karena dengan ilmu orang tidak akan mengalami kesulitan dalam hidupnya.termasuk juga dengan terknologi yang semakin tahun kian maju dan berkembang, dan kita juga tidak akan mau ketinggalan dengan negara lain.

01 November 2010 pukul 12:32 WIB
Rosita(0922020.p)c3.12 mengatakan...
menurut saya pendidikan tanpa adanya bantuan sebuah media tidak akan berlangsung efektip;dalam hal ini realnya dalam kegiatan belajar mengajar.jadi media mempunyai peranan yang penting untuk menyampaikan pesan pendidikan dari seorang guru atau pemelajar kepada si pebelajar(peserta didik)

17 Oktober 2010 pukul 13:40 WIB
yeti nurhayati mengatakan...
menurut saya.pendidikan adalah sebuah usaha sadar yang dilakukan seseorang dengan melalui tahapan- tahapan tertentu untuk perbaikan di masa depan.

15 Oktober 2010 pukul 13:00 WIB
Andika Yudha Brata mengatakan...
Dalam proses belajar tehnik pengulangan sangat diperlukan, apalagi kalau dilihat dari sifat dan tingkah laku anak yang brbeda-beda. Selain membutuhkan sistem belajar tambahan di rumah maupun cara belajar tambahan di tempat-tampat kursus, arahan orang tua juga sangat dibutuhkan karena mengingat proses belajar dan pengarahan sedikit terjadi di sekolah dan sisanya beberapa jam yang terluang proses belajar itu banyak terjadi di luar sekolah seperti lingkungan, pengaruh teman dan keluarga. Maka disilah peran orang tua dituntut untuk lebih mengontrol anak-anak mereka.

12 Oktober 2010 pukul 11:25 WIB
rikha marlina mengatakan...
Menurut Hemat saya, pendidikan adalah proses pembelajaran dari apa yang kita tidak tahu menjadi tahu. Begitu juga dengan teknologi yang semakin hari semakin maju berkembang dari hanya mesin tik hingga berkembang sekarang menjadi mensin yang serba bisa (komputer). Kita sangatlah perlu belajar (pendidikan) mengenai teknologi supaya kita tidak di lindas oleh kemajuan zaman.

Kirim Komentar Anda:

Nama : Nama Anda (wajib diisi)
E-Mail : E-Mail (tidak dipublikasikan)
Situs : Website, Blog, Facebook, dll
Komentar :
(wajib diisi)
Verifikasi :
<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion

Visit InfoServe for Blogger backgrounds.