PERANAN GURU DAN PTK

 

INISIASI 1

 

PERANAN GURU SEBAGAI PENGAJAR DAN PELAKSANA PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

  1. Jelaskan perbedaan antara persiapan yang harus dilakukan guru sebagai pengajar dengan guru sebagai peneliti tindakan kelas.

 

JAWAB      :

 

            Persiapan guru sebagai pengajar disusun sebagai pedoman untuk mengembangkan suatu kompetensi dasar yang telah ditentukan untuk mengetahui ketercapaiannya melalui perumusan-perumusan indikator. Persiapan disusun bukan berdasarkan pada permasalahan tetapi berdasarkan kedalaman dan kompleksitas tujuan yang akan dicapai.

Persiapan guru sebagai peneliti tindakan kelas adalah mengembangkan rencana tindakan yang secara kritis untuk meningkatkan apa yang telah terjadi.Persiapan pada PTK hendaknya disusun berdasarkan hasil pengamatan awal yang refleksif.Persiapan disusun berdasarkan masalah dan hipotesis tindakan yang diuji secara empirik sehingga perubahan yang diharapkan dapat mengidentifikasikan aspek dan hasil Proses Belajar Mengajar.

Persiapan disusun dengan menambahkan tujuan tambahan yang dijabarkan dari setiap mata pelajaran sebagai fokus pembelajaran yang akan dijadikan sasaran PTK untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

 

 

  1. Jelaskan perbedaan antara pelaksanaan kegiatan guru sebagai pengajar dengan kegiatan guru sebagai peneliti tindakan kelas.

 

Jawab        :

 

Pelaksanaan kegiatan guru sebagai pengajar :

  1.  
    • Sekedar mentransfer ilmu pengetahuan dan mengharapkan siswa mampu menguasai materi pelajaran yang diberikan.
    • Memerlukan alat tes yang bida untuk mrngukur ketercapaian indikator yang sudah ditentukan .
    • Memilih metode yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik sehingga memudahkan siswa untuk mencapai tujuan.
    • Berupaya mengoptimalkan penggunaan waktu,media pembelajaran dan segala sesuatunya untuk ,memperlancar proses pembelajaran.
    • Memilih bahan ajar tidak harus bervariasi karena sesuai dengan konsep-konsep materi yang harus dikuasai siswa,

Guru Pelaksana PTK :

  1.  
    • Berupaya memperbaiki proses pembelajaran pada materi yang sama dengan tindakan/action yang bebeda,tidak hanya sekedar menstransfer imu pengetahuan yang dimilki guru kepada siswanya.
    • Memerlukan lebih banyak alat ukur (tes) untuk memperoleh informasi yang menyeluruh dan komprehensif selama proses pembelajaran.
    • Memerlukan bahan pelajaran yang tidak cukup dengan satu jenis bahan ajar tetapi harus bervariasi dan guru harus benar-benar menguasai konsep materi yang diajarkan.
    • Memerlukan tujuan tambahan yang yang dijabarkan setiap materi pelajaran sebagai fokus pembelajaran yang dijadikan sasaran PTK.

 

 

  1. Identifikasilah kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Jawab        :

 

Kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas    adalah sebagai berikut :

  1.  
    • Kurangnya motivasi guru dan reinforcement yang dangkal dikarenakan kurangnya ketrampilan guru dalam menguasai keterampilan mengajar.    
    • Penggunaan waktu yang tidak sesuai dengan pelajaran karena guru sering tidak fokus pada materi pelajaran atau standar kompetensi yang diharapkan  ,sehingga waktu yang disediakan tidak cukup.
    • Monopoli guru terhadap proses pembelajaran yang sering menggunakan metode ceramah dalam semua lini pembelajaran sehingga terlihat pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered).
    • Kekurangan media pembelajaran dan keengganan guru menggunakan media yang ada dalam pembelajaran.

 

 

  1. Rumuskanlah alternatif-alternatif upaya yang akan dilakukan untuk memperbaiki kekurangan kegiatan pembelajaran di kelas.

 

Jawab        :

 

 

Alternatif-alternatif upaya yang akan dilakukan untuk memperbaiki kekurangan   kegiatan pembelajaran di kelas adalah :

  1.  
    • Pencapaian tujuan yang diharapkan memerlukan pengguasaan keterampilan guru dalam mengajar ,diharapkan guru senantiasa untuk menguasai didaktikmetodik dalam pembelajaran.
    • Metode yang digunakan hendaknya mengacu pada pemberdayaan siswa dalam belajar karena siswa sebagai subyek belajar,sehingga siswa akan belajar sesuai dengan kemampuan dan kemauannya dalam meciptakan situasi “Student Centered”.
    • Penekanan pada konsistensi guru dalam menggunakan waktu sesuai yang direncanakan yang sudah dirumuskan dalam RPP secara efektif dan efisien.
    • Berupaya seoptimal mungkin untuk menyediakan dan menggunakan media pembelajaran sebagai sarana untuk mempermudah siswa menguasai kompetensi dasar yang diharapkan.

 

 

 

                                                               

 

 

TUJUAN, MANFAAT DAN MASALAH-MASALAH YANG DAPAT DIKAJI MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

      1.   Cobalah Anda rumuskan apa saja tujuan yang akan diperoleh dari         Penelitian Tindakan Kelas.

 

Jawab  :

 

Tujuan yang akan diperoleh dari Penetian Tindakan Kelas  adalah :

o       Secara keseluruhan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Perbaikan atau peningkatan praktik pembelajaran dikelas merupakan tujuan antara, sedangkan tujuan akhirnya adalah peningkatan mutu hasil pendidikan.

o       Pengembangan ketrampilan guru yang bertolak dari kebutuhan untuk mengulangi berbagai permasalahan pembelajaran aktual yang dihadapi dikelasnya atau disekolahnya sendiri dengan atau tanpa masukan khusus berupa berbagai program pelatihan yang lebih eksplisit.

o       Tujuan utama penelitian tindakan kelas adalah untuk perbikan dan peningkatan layanan profesional guru dalam menangani proses belajar mengajar, maka tujuan ini dapat dicapai dengan melakukan berbagai tindakan alternatif dalam memecahkan berbagai persoalan pembelajaran dikelas.

o       Untuk meningkatkan atau perbaikan praktik pembelajaran yang seharusnya dilakukan oleh guru.

 

 

         2. Tentukanlah manfaat apa saja yang dapat diperoleh oleh guru SD            dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas.

 

Jawab  :

 

Manfaat  yang dapat diperoleh oleh guru SD dengan melakukan   PTK adalah sbb :

o       Dengan melaksanakan PTK berarti guru sudah menunjukkan peran yang nyata dalam perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam upaya mencari cara atau langkah-langkah inovatis dan praktis untuk memperbaiki proses pembelajaran.

o       Mendorong guru untuk lebih percaya diri. Keberhasilan guru dalam melaksanakan PTK dapat mendorong keinginan guru-guru lain untuk melakukan aktivitas tesebut dikelasnya sendiri.

o       untuk memperbaiki pembeljaran yang dikelolanya, karena sasaran utama PTK sebagaimana telah anda pahami sebelumnya adalah untuk perbaikan pembelajaran. Perbaikan ini akan menimbulkan kepuasan dan sekaligus menjadi pendorong guru untuk mencapai perubahan-perubahan selanjutnya, karena melalui PTK ini guru mampu membuktikan bahwa tas prakarsa dirinya sendiri sendiri ia telah melakukan sesuatu untuk perbaikan pembelajran yang dikelolanya.

o       Guru dapat berkembang secara profesional. Melalui pelaksanaan PTK guru secara terencana dan terarah melakukan tindakan-tindakan nyata untuk perbaikan pembelajaran, melakukan refleksi dan evaluasi secara sistematik berdasarkan  kriteria tertentu yang ditetapkan.

 

 

      3.   Berdarkan pengalaman Anda mengajar di kelas, cobalah temukan         masalah pembelajaran apa saja yang dapat diatasi melalui         Penelitan           Tindakan Kelas.

 

Jawab :

 

Masalah pembelajaran  yang dapat diatasi melalui Penelitian   Tindakan Kelas adalah :

  1.  
    • Masalah yang berkaitan dengan pembelajaran sehari-hari.

Masalah-masalah dimana guru merasa sangat familiar karena sering terjadi yaitu berkaitan dengan kegiatan pembelajaran sehari-hari (daily teaching practice ).

Dibawah ini adalah contoh-contoh beberapa diantara masalah pembelajaran sehari-hari :

§         Rendahnya kemampuan dan keberanian siswa mengajukan pertanyaan dan mengemukakan pendapat dalam proses pembelajran.

§         Siswa kurang mampu mengerjakan latihan.

§         Kurangnya keaktifan siswa dalam kegiatan diskusi.

§         Rendahnya motivasi belajar siswa.

§         Rendahnya kemampuan siswa dalam mengarang.

§         Rendahnya kemampuan siswa kelas  satu mengenal huruf .

§         Rendahnya kemampuan siswa dmengerjakan soal-soal cerita pada pelajaran matematika.

§         Sulitnya siswa mengenal dan memahami peta buta dalam pelajaran IPS.

  1.  
    • Cakupan masalahnya tidak terlalu luas dan tidak terlalu sempit.

Masalah yang diangkat melalui PTK adalah masalah yang berkaitan dengan kebutuhan perbaikan sebagian besar siswa.

  1.  
    • Sesuai dengan kemampuan guru artinya layak dipecahkan, berada diwilayah pembelajaran yang dikuasai.
    • Masalah yang strategis.

Ukuran strategis dapat dinilai dari dari tindakan perbaikan yang dilakukan berprinsip dan berkontribusi  bagi sebagian besar siswa dalam kerangka perbaikan pembelajran.

  1.  
    • Memerlukan penanganan secara berkelanjutan adalah memungkinkan guru menentukan cara dan langkah perbaikan sekaligus menilai tingkat keberhasilan cara yang ditempuh pada setiap siklus tertentu dan selanjutnya menyempurnakan tindakan perbaikan jika hasil yang dicapai kurang optimal.
    • Masalah yang dikembangkan harus nyata adalah masalah yang benar-benar nyata yang memungkinkan guru dapat secara jelas menentukan tindakan perbaikan.
    • Masalah yang membutuhkan penanganan yang relatif segar adalah masalah-masalah yang memerlukan penanganan relatif segera, dimana jika masalah tersebut tidak cepat dicari solusi pemecahannya akan menimbulkan kendala bagi perbaikan proses dan hasil belajar yang dicapai.

 

 

 

 

                                              INISIASI 3

 

PENYUSUNAN DAN PELAKSANAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

 

  1. Rumuskanlah persiapan-persiapan apa saja yang dilakukan dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas ?

 

Jawab  :

 

persiapan-persiapan apa saja yang dilakukan dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas adalah :

·        Halaman pengantar yang berisi halaman judul dan halaman pengesahan Halaman judul memuat judul penelitian, nama penyusun proposal dan instansinya. Sedangkan halaman pengesahan berisi:

• Judul dan bidang ilmu/studi

• Nama lengkap ketua tim/peneliti dengan gelar, pangkat & golongan, NIP, dan asal lembaga.

• Lokasi penelitian

• Lama penelitian

• Biaya penelitian yang diusulkan

• Sumber pendanaan

• Tempat dan tanggal pembuatan proposal

• Tanda tangan kepala lembaga asal peneliti

• Tanda tangan ketua tim/peneliti

 

·        Halaman-halaman isi

-         Berisikan halaman – halaman setiap lembarnya

·        Latar belakang masalah

Berisi uraian mengenai fakta-fakta yang mendukung yang berasal dari

pengalaman guru, alasan-alasan Anda memilih masalah ini untuk dikembangkan melalui PTK, manfaatnya apabila diteliti, argumentasi teoritis mengenai tindakan yang akan dilakukan.

·         Permasalahan

adanya kesenjangan  antara yang seharusnya dengan kenyataan yang terjadi.

·         Cara pemecahan masalah

cara pemecahan masalah ini, Anda paparkan secara singkat bagaimana

proses pemecahan masalah untuk mencapai hasil belajar yang Anda harapkan.

 

·         Tujuan dan manfaat penelitian

-         Tujuan dirumuskan berangkat dari masalah dan cara pemecahan   telah Anda rumuskan sebelumnya.

-         Manfaat  dapat merupakan sesuatu yang terjadi dari kegiatan yang Anda lakukan, atau berupa nilai tambah atau dampak pengiring terhadap kemampuan siswa.

·         Kerangka teori dan hipotesis

-         Kerangka teori atau kajian pustaka, berisi kajian teori yang relevan yang mendasari penelitian.

-         hipotesis yang kita rumuskan memiliki dasar pemikiran yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara teoritis maupun empiris

 

·         Rancangan metodelogi

-         Penataan penelitian

     Pada bagian ini dijelaskan di mana penelitian dilaksanakan, di kelas        berapa, dalam mata pelajaran apa, jam keberapa.

-         Aspek-aspek yang diselidiki

     Uraikan secara jelas aspek-aspek apa yang menjadi fokus penelitian      Anda.

-         Langkah-langkah kegiatan

     Pada bagian ini perlu dipaparkan secara spesifik langkah-langkah

     kegiatan yang Anda lakukan dalam proses pelaksanaan PTK.

 

·         Tim peneliti

-          Pada umumnya penelitian formal dilaksanakan oleh satu tim yang di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang berasal dari bidang ilmu yang sama atau berbeda

·         Jadwal peneliti

-          Cantumkan secara spesifik skedul pelaksanaan penelitian Anda mulai dari penyusunan rencana awal sampai pada penyusunan laporan

 

 

 

  1. Rumuskanlah  langkah-langkah atau prosedur yang benar dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas ?

                                                        

Jawab                                                :

 

langkah-langkah atau prosedur yang benar dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas adalah

v     Membuat rencana pembelajaran beserta skenario tindakan yang akan dilaksanakan.

-          Membuat rencana pembelajaran atau persiapan mengajar merupakan bagian dari rangkaian tugas utama guru

v     Merumuskan Tujuan Instruksional Umum dan Khusus.

-          guru yang melaksanakan PTK perlu menambahkan tujuan sesuai dengan hasil yang diharapkan oleh guru melalui tindakan perbaikan yang dilakukan

 

v     Merumuskan indikator keberhasilan

-          Penetapan indikator keberhasilan ini sepenuhnya menjadi otonomi guru karena guru lebih banyak mengetahui kondisi siswa maupun kondisi lainnya yang mungkin dapat memberikan pengaruh terhadap tindakan yang dilakukan serta hasil yang dicapai.

v     Memilih Bahan Ajar

-          Guru yang melaksanakan PTK mungkin harus memilih dan mempersiapkan bahan ajar yang disesuaikan dengan fokus penelitian yang dikembangkannya.

v      Memilih Metode

-          Metode yang dipergunakan guru dalam proses pembelajaran merupakan salah satu komponen strategis di dalam pencapaian hasil belajar.

v     Memilih Alat Bantu

-          Alat bantu yang dimaksud antara lain: pedoman observasi, catatan harian, kamera, video, alat rekam suara yang tujuannya untuk merekam peristiwa pembelajaran yang telah dilaksanakan.

 

v     Mempersiapkan Alat Ukur

-          Alat ukur adalah komponen alat pembelajaran yang digunakan untuk mengukur ketercapaian tujuan instruksional khusus. Kegunaan alat ukur ini adalah untuk memperoleh informasi yang menyeluruh dan komprehensif selama proses pembelajaran

v      Memperjelas skenario pembelajaran

-          Tujuan utama penguasaan scenario pembelajaran adalah agar suasana pembelajaran di kelas dapat berlangsung secara apa adanya, siswa-siswa tidak merasakan adanya sesuatu yang sangat berbeda dan pada akhirnya tentu saja dalam rangka memelihara kondusivitas iklim pembelajaran di kelas.

 

 

 

                                                  INISIASI 4

 

 

 

PENYUSUNAN LAPORAN PENELITIAN

 

 

 

  1. Rumuskanlah sistematika atau format laporan penelitian tindakan kelas ?

 

Jawab  :

 

sistematika atau format laporan penelitian tindakan kelas yaitu :

                                    1. Pendahuluan

                                                - Latar Belakang Masalah

                                                - Tujuan yang ingin dicapai

                                                - Penjelasan tujuan

                                                - Rasional

                                    2. Prosedur

                                                - Desain PTK

                                                - Teknik pengumpulan data

                                                - Uraian konsep

                                                - Kegiatan yang dilaksanakan

                                    3. Hasil dan Implementasi

                                                - Hasil

                                                - Implikasi teori

                                                - Tindakan yang diambil sebagai hasil

                                                - Penilaian terhadap tindakan

                                    4. Meta Analisis

                                                - Kaji ulang seluruh proses

                                                - Kegiatan selanjutnya

                                    5. Kesimpulan dan Rekomendasi

                                    6. Daftar Kepustakaan

 

 

  1. Rumuskanlah langkah – langkah prosedural dalam menulis laporan hasil penelitian tindakan kelas.

 

Jawab                    :

 

Langkah – langkah prosedural dalam menulis laporan hasil penelitian tindakan kelas mengandung komponen – komponen adalah :

  • Judul

                                    bagi laporan PTK, judul haruslah mencerminkan sebuah                           aktivitas

  • Pendahuluan

                                    merupakan informasi awal dari sebuah tulisan, termasuk                          laporan PTK, dan merupakan inti, sehingga dengan                                                 membaca pendahuluan kita sudah dapat mengetahui secara                                     umum tentang isi buku atau tulisan tersebut

  • Prosedur PTK

agar pembaca pada umumnya dapat mengetahui prosedur yang  Anda tempuh, sehingga tidak keliru memberikan penafsiran dan dapat memahami permasalahan secara proporsional.

memberikan kritikan dan saran konstruktif kekeliruan dalam metode        penelitiannya. apabila ternyata kemudian ditemukan sejumlah kelemahan atau bahkan mugkin

  • Hasil dan Implementasi

                                     menguraikan hasil yang sudah dicapai selama dan sesudah                                   melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK).

  • Meta analisis

                                    Laporan Anda juga harus mencantumkan tindakan                                              selanjutnya yang ingin Anda lakukan.

  • Kesimpulan

                                    Dalam membuat suatu kesimpulan penelitian tindakan                            kelas (PTK), kemukakanlah pernyataan                                                        yang merupakan rumusan hasil pembuktian terhadap                              hipotesis dan atau pencapaian tujuan penelitian.

 

 

  1. tentukan kriteria ilmiah dalam penulisan laporan penelitian tindakan kelas ?

 

jawab                    :

 

Kriteria ilmiah dalam penulisan laporan penelitian tindakan kelas yaitu :

ü      Kebenaran

                                    Suatu kebenaran, dalam hal ini adalah kebenaran ilmiah                                     harus memenuhi prinsip koherensi. Artinya, sesuatu                                 dikatakan mengandung kebenaran apabila suatu                                                pernyataan dengan pernyataan lain saling berkaitan dan                          menunjang satu sama lain, atau dengan bahasa yang                              sederhana “ada benang merah” yang menghubungkan satu                                 pernyataan dengan pernyataan lain.

ü      Metode ilmiah

                                    Muatan dalam suatu tulisan ilmiah harus benar secara                             ilmiah    (memenuh kriteria koherensi, korespondensi, dan                          (pragmatik), akan tetapi kriteria itu saja tidak cukup.

 

ü      Tatacara penulisan ilmiah

                                    Berkenaan dengan kriteria ilmiah, tatacara penulisan                              ilmiah    merupakan salah satu persyaratan yang harus                               dapat dipenuhi.

 

 

 

 

INISIASI 5

 

 

TINDAK LANJUT HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

 

 

 

 

1.      Rumuskanlah bentuk – bentuk tindak lanjut hasil penelitian tindakan kelas yang dapat dilakukan ?

 

Jawab  :

 

Bentuk – bentuk tindak lanjut hasil penelitian tindakan kelas yang dapat dilakukan yaitu :

Ø      Penataan dan Pengorganisasian Materi Pembelajaran

o       materi pembelajaran dapat disempurnakan dengan:

  1.  
    1. menata perurutan yang logis dan sistematis, yang didahului    dengan memetakan materi pelajaran secara utuh, kemudian melihat kaitannya satu sama lain.

2.      melakukan pengaitan dengan materi/mata pelajaran lain, karena mungkin “pintu masuk” ke suatu materi akan lebih mudah jika melalui materi lain (semacam materi pendukung atau prasyarat).

3.      melakukan penyederhanaan, yang dapat ditempuh dengan membatasi penggunaan kata-kata dan istilah yang asing, belum populer, atau tidak lazim.

4.      memperbanyak contoh dan ilustrasi yang lebih realistik, sederhana, dan dekat dengan kehidupan siswa

Ø      Perbaikan Metodologi Pembelajaran

o       Mungkin dalam PTK telah dihasilkan perbaikan dalam aspek tertentu dari metodologi pembelajaran, aspek – aspek itu antara lain

  •  
    1. pengembangan strategi dan model-model pembelajaran yang dapat mendorong siswa lebih aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan mereka.

2.       Pengembangan media dan alat peraga/pelajaran juga harus dilakukan sebagai bagian dari konsekuensi temuan PTK yang telah dilaksanakan, karena perubahanpada model pembelajaan yang digunakan akan berdampak pada perubahan atau penyesuaian pula pada media dan alat peraga/pelajaran.

3.       Pengembangan bahan ajar dalam hal ini harus mengalami penyesuaian pula jika terjadi perubahan pada model atau strategi pembelajaran.

4.       Pengembangan sistem evaluasi juga sangat terkait jika terjadi perubahan penggunaan model atau strategi pembelajaran.

 

2.      Rumuskanlah konsekuensi tindak lanjut hasil analisis penelitian tindakan kelas terhadap aspek – aspek pembelajaran ?

 

Jawab  :

 

konsekuensi tindak lanjut hasil analisis penelitian tindakan kelas terhadap aspek – aspek pembelajaran yaitu :

ü      melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada pengorganisasian materi pembelajaran, metodologi pembelajaran, pengelolaan kelas dan siswa, peningkatan kompetensi guru, pengembangan atmosfir akademik yang kondusif, peningkatan dukungan orangtua dan masyarakat, pembenahan manajemen sekolah.

 

 

 

3.      Rumuskanlah kegiatan tindak lanjut hasil analisis penelitian tindakan kelas tentang pemanfaatan waktu luang ?

 

Jawab                                            :

 

Kegiatan tindak lanjut hasil analisis penelitian tindakan kelas tentang pemanfaatan waktu luang adalah :

Penggunaan waktu belajar dalam kegiatan pembelajaran antara lain:

 

No

Jenis Kegiatan

Persentase (%)

Waktu Kegiatan

 

1.

2.

3.

4.

5.

Mengadministrasikan siswa dan mengumpulkan PR

Melaksanakan proses pembelajaran

Mencatat pelajaran

Melaksanakan tes formatif

Lain – lain

1,25%

73,12%

7,50%

16,88%

1,25%

 

Dari tabel di atas, tindak lanjut yang dapat dilakukan oleh guru adalah proses pembelajaran sudah terkonsentrasi pada pelaksanaan proses belajar mengajar, walaupun belum 75% dari waktu yang tersedia, namun sudah mendekati jumlah waktu tersebut. Sehingga perlu dilanjutkan pada pembelajaran berikutnya, tanpa mengurangi proses PTK yang kedua bahkan masih perlu ditingkatkan misalnya mengurangi waktu mencatat pelajaran atau mengurangi pelaksanaan tes formatif.

 

 

4.      Rumuskanlah kegiatan tindak lanjut hasil analisis penelitian tindak kelas tentang pengembangan proses berpikir tinggi ?

 

Jawab                                            :

 

 

kegiatan tindak lanjut hasil analisis penelitian tindak kelas tentang pengembangan proses berpikir tinggi adalah :

ü      pengembangan proses berpikir tinggi ini harus ditingkatkan pembinaan atau pelatihannya,  Pengembangan dan latihan  proses berpikir tinggi sukar dilaksanakan melalui metode ceramah, lebih mudah pengembangannya kalau menggunakan metode diskusi atau metode lain yang melibatkan partisipasi peserta didik.

ü      proses berpikir evaluatif (C6) juga harus dikembangkan atau dilatihkan. Untuk membahas kasus mana yang harus didahulukan dari kasus lainnya berdasarkan pada tingkat kesukaran. Secara bertahap kasus yang mudah dibahas terlebih dahulu.

 

 

INISIASI 1,2,3,4 DAN 5 INI  ADALAH TUGAS ON LINE YANG DIBERIKAN OLEH DOSEN ,WAKTU KULIAH PJJ-ICT  S1 PGSD  SEMESTER 5 UNSRI PALEMBANG ANGKATAN 1 ( PERTAMA )

 

TOLONG KOMENTAR...

 

 


Komentar:

29 Oktober 2012 pukul 14:31 WIB
LULUK mengatakan...
grin grin grin trims isinya bgs skl


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion