CONTOH RPP

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                    :  PKn

Pokok Bahasan                                   :  Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI

Sub Pokok Bahasan                            :  Bersikap Tenggang Rasa.

Kelas / Semester                                  :  V / I

Waktu                                                 :  2 X 35 Menit (70 Menit )

A.    Standar Kompetensi        

2.   Memahami Peraturan perundang – undangan tingkat pusat.

B.     Kompetensi Dasar

2.1  Menjelaskan Pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan   tingkat    pusat dan daerah.

C.     Indikator :

§  Siswa dapat menjelaskan bunyi UUD 19945 pasal 29 ayat 2

§  Siswa dapat menyebutkan minimal 3 sikap tenggang rasa dalam beragama

§  Siswa dapat menyebutkan minimal 3 cara menghormati perbedaan dalam hidup

D.    Metode  :

§  Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi, kerja kelompok dan Demonstrasi.

 

E.     Alat dan Sumber :

§  Kertas karton, Spidol, alat peraga, buku paket dan buku penunjang.

F.      Materi :

Bersikap tenggang rasa

 

 

 

G.    Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

1.      Kegiatan Awal (± 5 Menit )

·         Peneliti mengapersepsi (apa lambing Negara Kita)

·         Peneliti memotivasi siswa (menempelkan alat peraga )

·         Peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (± 50 Menit )

·         Peneliti membentuk kelompok masing kelompok 5 orang.

·         Peneliti membagikan LKS dan menjelaskan cara menyelesaikannya.

·         Siswa mengerjakan LKS dalam kelompok

·         Siswa menempelkan hasil kelompoknya di dinding ruangan kelasnya.

·         Siswa membandingkan hasil kelompoknya dengan kelompok lain dengan cara berkeliling kelas.

3.      Kegiatan akhir ( ± 15 Menit )

·         Siswa dengan bimbingan membuat kesimpulan

·         Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi

·         Peneliti mengadakan refleksi dengan melibatkan siswa

·         Tindak Lanjut, siswa disuruh membaca buku yang ada hubungan dengan materi yang baru dipelajari

H.    Penilaian

v  Penilaian proses secara lisan

v  Penilaian produk secara tertulis.

 

      Mengetahui                                                           Sentul,         Juli 2009

      Supervisor                                                             Mahasiswa,

 

 

      ……………………                                              Abdul Ghoni

      NIP. ……………….                                            NIM. 06061113028

Soal

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !

1.      Jelaskan Bunyi UUD ‘ 1945 Pasal 29 ayat 2 ?

2.      Sebutkan menimal 3 sikap tenggang rasa dalam beragama ?

3.      Sebutkan menimal 3 cara menghormati perbedaan dalam berkehidupan beragama !

Kunci Jawaban

1.Negara menjamin kemerdekaan tiap tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing-masing dan untuk beribadat menurut agama dan kepercayaan itu.

2.            1. Memaksakan agama dan keyakinan kita kepada orang lain

            2. Tidak membedakan teman dalam pergaulan

            3. membiarkan orang lain menjalankan ibadah agamanya

        4. tidak mengejek agama dan tata cara beribadatan orang lain yang berbeda    dengan kita.

            5. saling menolong satu sama lain dalam kehidupan.

3.       1. Tidak suka memaksankan kehendak kepada orang lain

            2.  mengakui perbedaan pendapat, pendirian dan kebiasaan orang lain

            3. tidak mencela pendapat, pendirian dan kenyakinan oranhormati orang lain

            4. menghormati orang lain yang sedang beribadat

            5. tidak menganggu peribadatan orang lain.

 

Skor  Penilaian

No. Soal

 

Skor Nilai

 

1

 

2

 

3

 

4

 

3

 

3

       Jumlah

 

                10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                                    :  PKn

Pokok Bahasan                                   :  Perilaku Menjaga Keutuhan NKRI

Sub Pokok Bahasan                           :  Tolong Menolong Dalam Hidup      

Kelas / Semester                                  :  V / I

Waktu                                                 :  2 X 35 Menit (70 Menit )

A.    Standar Kompetensi        

2.   Memahami Peraturan perundang – undangan tingkat pusat.

B.        Kompetensi Dasar

2.1  Menjelaskan Pengertian dan pentingnya peraturan perundang-undangan   tingkat    pusat dan daerah.

C.     Indikator :

§  Siswa dapat menjelaskan mengapa kita perlu tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari.

§  Siswa dapat menjelaskan dalam hal apa kita perlu tolong menolong.

§  Siswa dapat menyebutkan 3 tempat kita melakukan tolong menolong.

 

D.    Metode  :

§  Ceramah, Tanya Jawab , Diskusi, kerja kelompok dan Demonstrasi.

 

E.     Alat dan Sumber :

§  Kertas karton, Spidol, alat peraga, buku paket dan buku penunjang.

F.      Materi :

Tolong Menolong dalam kehidupan

 

G.    Langkah-langkah Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)

1.      Kegiatan Awal (± 5 Menit )

·         Peneliti mengapersepsi (apa lambing Negara Kita)

·         Peneliti memotivasi siswa (menempelkan alat peraga )

·         Peneliti menyampaikan tujuan pembelajaran

2.      Kegiatan Inti (± 50 Menit )

·         Peneliti membentuk kelompok masing kelompok 5 orang.

·         Peneliti membagikan LKS dan menjelaskan cara menyelesaikannya.

·         Siswa mengerjakan LKS dalam kelompok

·         Siswa menempelkan hasil kelompoknya di dinding ruangan kelasnya.

·         Siswa membandingkan hasil kelompoknya dengan kelompok lain dengan cara berkeliling kelas.

3.      Kegiatan akhir ( ± 15 Menit )

·         Siswa dengan bimbingan membuat kesimpulan

·         Siswa menyelesaikan soal-soal evaluasi

·         Peneliti mengadakan refleksi dengan melibatkan siswa

·         Tindak Lanjut, siswa disuruh membaca buku yang ada hubungan dengan materi yang baru dipelajari

H.    Penilaian

v  Penilaian proses secara lisan

v  Penilaian produk secara tertulis.

 

      Mengetahui                                                           Sentul,         Juli 2009

      Supervisor                                                             Mahasiswa,

 

 

      ……………………                                              Abdul Ghoni

      NIP. ……………….                                            NIM. 06061113028

Soal

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !

1.      Mengapa kita perlu tolong menolong?

2.      Dalam hal apa kita perlu tolong menolong ?

3.      Sebutkan 3 tempat kita melakukan tolong menolong ?

Kunci Jawaban

1.      Manusia mahkluk social. Manusia tidak akan dapat hidup sendiri. Dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, manusia membutuhkan orang lain.

2.      Kebaikan dan ketaatan

3.      Di keluarga, disekolah, dan dimasyarakat

 

 

Skor

 

No. Soal

 

Skor Nilai

 

 

 

1

 

2

 

3

 

6

 

2

 

2

       Jumlah

 

                10

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Penilaian Proses

 

No

Nama

Dalam Kelompok

Keaktifan

Kedisiplinan

Kerapian

Tanggung Jawab

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Pe nilaian Produk

 

No

Nama

Nilai Nomor

 

Jumlah

 

 

Keterangan

1

2

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Kerja Siswa (LKS)

 

 

 

1.      UUD 1945 pasal 29 ayat 2, berbunyi “ Negara menjamin ………....

……………………………………………………………………….

2.      Sikap Tenggang Rasa dalam beragama antara lain dapat diwujudkan dalam bentuk :

1.      ……………………………….

2.      ……………………………….

3.      ……………………………….

4.      ……………………………….

5.      ……………………………….

3.      Cara – cara menghargai dan menghormati perbedaan dalam hidup diantaranya ialah :

1.      ……………………………….

2.      ……………………………….

3.      ……………………………….

4.      ……………………………….

5.      ……………………………….

6.      ……………………………….

7.      ……………………………….

 

Kelompok      :

                                    Nama               : 1. ……………………

                                                              2. …………………….

                                                              3. …………………….

                                                              4. ……………………..

                                                              5. ……………………..

 

 

 

Lembar Kerja Siswa (LKS)

 

 

 

1.      Kita perlu tolong menolong dalam kehidupan sehari-hari karena manusia adalah ………………………………………………………………………

……………………………………………………………………………..

 

2.      Kita perlu tolong menolong dalam  .……..……………………………….

…………………………………………………………………………….

 

3.      3 Tempat kita melakukan tolong menolong adalah  :

 

1.      ……………………………….

 

2.      ……………………………….

 

 

3.      ……………………………….

 

 

 

 

 

                                    Kelompok  :

                                    Nama               : 1. ……………………

                                                              2. …………………….

                                                              3. …………………….

                                                              4. ……………………..

                                                              5. ……………………..

 

 

 


Komentar:


belum ada komentar...


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion