RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Kategori: RPP
Diposting oleh Fitriahardina pada Rabu, 15 Desember 2010
[218 Dibaca] [0 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

 

 

\RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


SMP                               :  SMP Xaverius 2 Palembang
Pelajaran
                        :  Matematika 
Kelas / Semester            
:  IX / Genap
Waktu
                           :  2 x 40 menit
Standar Kompetensi
        :  Memahami baris dan peringkat nomor, dan menggunakan
  
                                       dalam menyelesaikan masalah.
Berbasis Kompetensi
       :  Menentukan jumlah dan suku pertama dari peringkat aritmatika.                                                                                                                                                                                                                                                                             

 Indikator                        :  1. Pasti jumlah dan suku pertama aritmatika peringkat
                                          2. Yang pasti bagian dari peringkat aritmatika
                                          3. Pasti jumlah dan suku pertama peringkat aritmatika jika                                               suku-suku ke n diketahui

A. Tujuan Pelajaran
     1. Mahasiswa dapat pasti jumlah dan suku pertama dari peringkat aritmatika
     2. Mahasiswa dapat pasti jumlah bagian dari peringkat aritmatika
     3. Mahasiswa dapat pasti jumlah dan suku pertama dari peringkat aritmatika jika
         suku ke n diketahui.

B. Soal Pelajaran
     Rumus dan nomor suku pertama peringkat aritmatika:
    Sn = ½ n [a Un]
         = ½ n [2a (n-1) b]

Informasi: Sn = jumlah suku pertama
Un = suku terakhir / suku ke n
a = suku pertama
b = berbeda
n = banyak suku yang bernomor

C. Metode dan Nearby
     Bertanya dan menjawab, diskusi, dan penugasan

D. Langkah Pelajaran
     I. Kegiatan awal (10 menit)
         1. Apersepsi guru yang
         2. Guru menjelaskan tujuan pelajaran.
    

 II. Kegiatan utamanya (60 menit)
1. Guru dan siswa yang interaksi dengan n yang pasti dari suku pertama di
      aritmatika's peringkat
          2. Guru memberi tugas
          3. Mahasiswa melakukan tugas dengan membantu oleh guru
          4. Guru dan siswa melakukan diskusi
          5. Siswa mempresentasikan hasil diskusi mereka
   
     III. Kegiatan Akhir (10 menit)
1. Guru mengajar siswa untuk membuat ringkasan dari materi pelajaran
2. Mahasiswa diberikan tugas oleh guru

E. Hal itu, Tools, dan Sumber Belajar
     1. Buku teks (aritmatika untuk kelas sembilan di sekolah SMP, oleh Arya Duta)
     2. Tugas
     3. Bagan

F. Penilaian
     1. Skor teknik: test
     2. Bentuk Instrumen: esai
         Contoh instrumen:
1. Diketahui: Peringkat 50 angka 1 2 3 4 5 real ... 50
Akuntansi jumlah suku ke-50 pangkat bilangan real's!
2. Dalam peringkat aritmatika adalah dikenal U5 = 24, U4 = 19
Pasti skor S10!
3. Dalam peringkat aritmatika adalah dikenal: S5 = 120, U1 = 5, n = 6
Akuntansi: a) berbeda
                      b) U4

 

Mengetahui,                                                                    Palembang, 11 Desember 2009

Guru                                                                              PPL Guru

 

 

Efendi.L.T Hendrik, S. Pd                                               Lusia Anggraini
Simak

Baca secara fonetik

 

 



PDF | DOC | DOCX


Komentar:


belum ada komentar...


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion