Pemograman Visual Basic

Kategori: Pemrograman Visual
Diposting oleh ElzhaRamadani pada Minggu, 21 Maret 2010
[1584 Dibaca] [6 Komentar]Post to TwitterPost to Facebook

Pemograman Visual Basic

Konsep Dasar Bahasa Pemograman Visual Basic 6.0

Sejarah Visual Basic

Visual Basic pada dasarnya adalah sebuah bahasa pemrograman komputer, yang didalamnya terdapat perintah-perintah atau instruksi-instruksi yang dimengerti oleh komputer untuk melakukan tugas-tugas tertentu.

Visual Basic (yang disingkat dengan VB) selain disebut sebagai bahasa pemograman, juga sering disebut sebagai sarana (tool) untuk menghasilkan program-program aplikasi berbasiskan windows. Beberapa kemampuan atau manfaat dari Visual Basic diantaranya adalah:

1. Untuk membuat program aplikasi berbasis Windows.

Untuk membuat objek-objek pembantu seperti misalnya Control ActiveX, File Help, aplikasi internet dan lain sebagainya.

2. Menguji program (debugging) dan menghasilkan program akhir berakhiran exe yang bersifat executable atau dapat langsung dijalankan.

Stuktur Program Visual Basic

Dalam membuat program, aspek utama yang harus diketahui oleh pemograman adalah struktur program. Programa akan berjalan baik, jika mempunyai struktur program yang benar. Begitu pula dengan membuat program dengan Visual Basic. Pemograman harus mengetahui struktur program yang berlaku pada Visual Basic.

Agar dapat merancang sebuah program dengan baik dan terarah, sebaiknya harus mengenal terlebih dahulu struktur program dalam Visual Basic.

Secara umum struktur program Visual Basic terdiri dari dua bagian, yaitu bagian deklarasi program dan bagian pernyataan program.

1. Bagian deklarasi Program

Bagian ini merupakan bagian peletakan semua deklarasi data yang akan digunakan. Secara umum kata cadangan yang merupakan bagian dari deklarasi adalah: Dim, Private, Const, dan type.

a. Deklarasi Dim atau Dimension.

Dim atau Dimension adalah kata cadangan yang sering dipakai mendeklarasikan Variabel yang akan digunakan dalam visual Basic. Pendeklarasian dengan pernyataan Dim berlaku pada pemograman modul, program dan sub-program.

b. Deklarasi Publik

Publik merupakan pernyataan yang menggantikan pernyataan global dalan Visual Basic. Pernyataan Publik menyatakan bahwa semua variabel yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara umum. Publik merupakan pernyataan level modul, artnya pernyataan ini pada dasarnya dideklarasikan pada semua modul.

c. Deklarasi Private

Private menyatakan bahwa semua variabel yang dideklarasikan oleh pernyataan berlaku secara khusus (private). Pernyataan private merupakan pernyataan level sub-program, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada sebuah sub-program.

d. Deklarasi Statis

Static sering digunakan untuk suatu variabel atau nilai agar tepat atau tidak berubah, selama program dijalankan. Pernyataan statik merupakan pernyataan level sub-program, artinya pernyatan yang pada dasarnya dideklarasikan pada bagaia sub-program.

e. Deklarasi Const atau Constanta

Const atau constanta sering dipakai pada bagian deklarasi untuk memberikan harga konstan pada suatu variabel. Const merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan const sering dipandu dengan pernyataan publik atau private.

f. Deklarasi Type

Type dipakai bada bagian deklarasi untuk mendefenisiskan type data terdefenisi. Dimana type data ini dapat mengandung satu atau lebih dari suatu type data.

Type merupakan pernyataan level modul, artinya pernyataan yang pada dasarnya dideklarasikan pada modul. Dalam prakteknya pernyataan type sering dipandu dengan pernyataan public atau private.

2. Bagian Pernyataan Program

Program pada bagian ini ditulis pada jendela kode, jendela modul maupun jendela sub-program. Program pada bagian ini dapat memuat semua pemograman pengendali (event driven programming) yang merupakan salah satu kelebihan pada visual basic.



PDF | DOC | DOCX


Komentar:

19 September 2011 pukul 13:44 WIB
M. Anang Setiawan mengatakan...
Pemanfaatan tentang visual basic yang dua itu bisa ditambah lagi g Kak????

01 Maret 2011 pukul 07:57 WIB
To2k mengatakan...
siph... banget tapi neh aku masih mulai mempelajrinya. but thank you grin

17 November 2010 pukul 15:55 WIB
irwan mengatakan...
saya sangat menggumi anda,,,, saya berharap anda bisa menggajari saya salam dari saya...... irwan furqon

21 Juli 2010 pukul 14:57 WIB
Ricky H. Arsyad mengatakan...
Salam hormat, ada aplikasi chatting komputer untuk 2 arah, aplikasi gratis dapat didownload di www.ciauldownload.blogspot.com, terima kasih

15 Mei 2010 pukul 14:26 WIB
acne treatment mengatakan...
Yg paham 'n menguasai bahasa pemrograman, sudah sewajarnya kalo lebih sukses pada bisnis online daripada yg gak paham sama sekali kaya' gue grin Contohnya: bisa bikin themes, bisa bikin plugins, bisa bikin landing page 'n lebih banyak lagi. Congratz dech bagi yg pinter pemrograman grin

20 April 2010 pukul 16:26 WIB
indradi mengatakan...
bagus banget, aku pengen belajar lag bahasa pemrograman vb.


Kirim Komentar Anda:

Nama Anda (wajib diisi) E-Mail (tidak dipublikasikan) http:// Website, Blog, Facebook, dll (wajib diisi)


<-- isi kode di atas (wajib diisi)

grinLOLcheesesmilewinksmirkrolleyesconfused
surprisedbig surprisetongue laughtongue rolleyetongue winkraspberryblank starelong face
ohhgrrrgulpoh ohdownerred facesickshut eye
hmmmmadangryzipperkissshockcool smilecool smirk
cool grincool hmmcool madcool cheesevampiresnakeexcaimquestion